20 Manfaat Lidah Buaya Bagi Kecantikan dan Kesehatan

Tanaman herbal satu ini rupanya juga menyimpan segudang manfaat kesehatan, sehingga banyak orang yang memanfaatkannya sebagai bahan utama pembuat obat-obatan. 

20 Manfaat Lidah Buaya Bagi Kecantikan dan Kesehatan

20 Manfaat Lidah Buaya Bagi Kecantikan dan Kesehatan

Tanaman lidah buaya adalah tanaman yang memiliki 1001 satu macam khasiat dan manfaat yang bisa digunakan oleh manusia. Tidak hanya bisa digunakan sebagai bahan-bahan kecantikan, lidah buaya atau biasa disebut aloe vera, juga bisa dikonsumsi untuk menyehatkan tubuh. Bertekstur lembut dengan rasa yang menyegarkan, lidah buaya kerap diolah menjadi minuman nikmat penghilang dahaga. Simak manfaat apa saya yang diberikan aloe vera.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kecantikan

Lidah Buaya

www.monvanityideal.com

  • Mengatasi Jerawat

Lidah buaya atau aloe vera, mampu mengatasi jerawat yang membandel. Hal ini karena gel lidah buaya ternyata memiliki dua hormon yang terbukti aktif membantu menghilangkan musuh wanita, yaitu Auksin dan Gibberellin yang memiliki sifat anti-inflamasi. Cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya cukup mudah yaitu ambil gel lidah buaya secukupnya kemudian blender sampai halus. Setelah itu tinggal aplikasikan ke wajah selama 15 menit sebelum dibilas dengan air.

  • Melembabkan Kulit

Tanaman aloe vera juga memiliki sifat pelembab yang bagus, jadi jika kita memiliki masalah kulit kering maka menggunakan lidah buaya juga menjadi salah satu obat agar kulitmu kembali sehat. Jika ingin lebih muda maka bisa menggunakan produk shooting gel yang sekarang sedang marak dan mudah diaplikasikan di wajah.

  • Membuat Wajah Lebih Bersinar

Aloe vera dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dengan cepat sehingga saat kamu melakukan masker wajah dengan aloe vera secara rutin maka akan membuat wajahmu tampak bersinar dan bersih. Biasanya gel aloe vera dicampurkan dengan 1 sendok teh susu, madu dan beberapa tetes minyak mawar kemudian diaduk secara merata hingga membentuk seperti pasta. Setelah jadi terapkan pada wajah selama 20 menit, lakukan secara rutin untuk dapat hasil maksimal.

  • Menghilangkan Bintik Hitam di Wajah

Khasiat aloe vera lainya untuk wajah adalah tanaman ini juga berkhasiat untuk menghilangkan bintik hitam dan warna kulit yang tidak merata. Caranya adalah dengan campur isi lidah buaya dengan ekstrak bunga mawar hingga menjadi pasta lalu aplikasi kan pada titik-titik yang terlihat bintik hitam lalu diamkan selama 20 menit. Jika melakukan dengan rutin maka akan terlihat bintik hitam tersebut berkurang.

  • Mengatasi Sengatan Sinar Matahari

Terkena paparan sinar matahari secara langsung dan terus menerus akan membuat kulit wajah kusam dan kering. Hal ini bisa diatasi dengan penggunaan masker dari lidah buaya yang memiliki fungsi sebagai perisai dari paparan sinar matahari.

  • Penyubur Rambut

Buat kita yang ingin menebalkan rambut, tak perlu lagi khawatir. Aloe vera memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang bisa mengobati kebotakan pada rambut. Efek dingin dari gel-nya juga bisa mendinginkan kulit kepala, sehingga rambut terhindar dari stres dan tumbuh dengan baik.

  • Mengurangi Kerontokan Rambut

Mungkin kita sering mendengar bahwa aloe vera ampuh untuk mengatasi ketombe. Namun ternyata, aloe vera juga bisa mengurangi kerontokan rambut. Kandungan vitamin di dalamnya akan membuat tiap helai rambut jadi lebih kuat, dan tak mudah rontok.

  • Mengatasi Luka Ringan, Luka Bakar, dan Masalah Kulit

Jika kulit kita terkena luka ringan atau luka bakar, atau terkena gigitan serangga, kita bisa mengoleskan aloe vera ke kulit kita agar membantu menumbuhkan sel kulit baru dan penggunaan lidah buaya bisa meringankan luka tersebut. Khasiat lidah buaya untuk kulit muka yang lain adalah meringankan beberapa masalah kulit, karena memiliki sifat anti-alergi yang dapat digunakan sebagai obat untuk berbagai penyakit kulit seperti eksim, psoriasis, dan gatal-gatal.

  • Menghaluskan Kulit Tubuh

Beberapa penelitian di Eropa dan Amerika menyebutkan bahwa enzim aloe-emodin juga baik bagi kesehatan kulit tubuh, melembutkan dan meregenerasi sel kulit yang rusak.

 

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

Lidah Buaya

parenting.firstcry.com

  • Menurunkan Berat Badan dan Melancarkan Pencernaan

Aloe vera dipercaya dapat melancarkan pencernaan di dalam tubuh secara alami. Hal tersebut akan berdampak positif akan keseimbangan daya konsumsi kita, serta melancarkan kerja pencernaan. Gel lidah buaya mengandung senyawa alami yang disebut dengan aloin atau barbaloin. Zat ini memiliki sifat pencahar sehingga manfaat lidah buaya berikutnya adalah untuk mengurangi konstipasi. Untuk kita yang mengalami kesulitan buang air besar, bisa memanfaatkan aloe vera. Lateks aloe vera mengandung glycosidesaloin, yang membantu mengoptimalkan kinerja usus

  • Menurunkan Gula Darah

Aloe Vera merupakan tanaman yang tinggi akan kandungan air di dalamnya. Sehingga manfaat lidah buaya lainnya adalah untuk menghidrasi tubuh. Tubuh yang terhidrasi dengan baik membuat racun akan keluar dengan lancar sehingga organ tubuh bisa berfungsi dengan maksimal. Tubuh yang terhidrasi dengan baik juga memungkinkan untuk terjadinya proses pemulihan yang cepat setelah kita berolahraga.

  • Cegah Penyakit Gigi

Plak gigi, yang merupakan biofilm bakteri di sekitar gusi dan gigi menjadi dasar penyakit gigi, termasuk rongga dan radang gusi. Dan sebuah penelitian terhadap 300 responden menemukan fakta bahwa berkumur dengan jus lidah buaya 100 persen sama efektifnya dengan chlorhexidine (obat kumur). Lidah buaya berhasil melakukan ini melalui sifat anti-bakterinya yang membunuh dan mencegah pertumbuhan bakteri utama di mulut.

  • Menyembuhkan Sariawan

Tanaman serba guna ini juga bisa mempercepat penyembuhan sariawan. Sariawan biasanya disebabkan oleh stres dan defisiensi makanan. Dan ketika mereka muncul, bisa membuat seseorang sakit selama 7 sampai 10 hari. Di situlah peran lidah buaya mampu mempercepat proses penyembuhan.

  • Meningkatkan Fungsi Liver

Untuk mendukung kesehatan liver, maka detoksifikasi adalah kuncinya. Dan manfaat aloe vera berikutnya adalah mendukung proses tersebut. Konsumsi aloe vera juga memberikan suntikan nutrisi untuk liver karena tingginya kandungan fitonutrien di dalamnya.

  • Menutrisi Tubuh

Seperti yang sudah disebutkan, lidah buaya dipenuhi dengan beragam nutrisi alami. Mengkonsumsi membuat manfaat lidah buaya akan memasuki tubuh dengan cara menutrisi dan meningkatkan imunitas.

  • Membantu Mengatasi Asam Lambung

Minuman aloe vera akan membantu kita untuk mengatasinya naiknya asam lambung. Sebabnya aloe vera tinggi akan kandungan nutrisi alami yang bisa menurunkan asam lambung.

  • Menangkal Radikal Bebas

Aloe vera mengandung antioksidan, yang terbukti punya banyak khasiat baik untuk tubuh kita. Salah satunya ialah menangkal radikal bebas, sehingga tubuh kita terbebas dari racun. Itulah sebabnya banyak yang merekomendasikan konsumsi aloe vera secara rutin.

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jus lidah buaya mengandung senyawa kimia bioaktif yang disebut asetat mannose. Beberapa penelitian membuktikan bahwa senyawa itu berguna sebagai stimulan yang efektif menjaga kekebalan tubuh.

  • Mengobati dan Mencegah Inveksi Viral

Menurut literatur dalam buku yang sama diatas, senyawa mannose asetat juga telah terbukti memiliki sifat anti-virus yang bermanfaat dalam melawan virus yang menyebabkan campak, flu dan AIDS.

  • Mencegah Kanker

The International Journal of Toxicology melaporkan bahwa aloe-emodin, komponen kimia dalam jus lidah buaya, memiliki sifat anti kanker yang menghambat pertumbuhan tumor.

  • Sebagai Obat Untuk Radang Usus

The National Center for Complementary and Alternative Medicine melaporkan bahwa jus lidah buaya dapat menjadi pengobatan yang efektif untuk ulcerative colitis, penyakit radang usus yang mempengaruhi usus besar dan rektum.

 

1 Comment

Write a comment
  1. seoktavian
    April 04, 05:14 seoktavian

    sangat membantu sekali artikelnya, terimakasih telah berbagi informasi

    Reply this comment

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: