6 Manfaat saat Menggunakan Transportasi Umum

Transportasi umum atau kendaraan bersama bagi beberapa orang merupakan hal yang tidak disukai karena tidak efisien, baik dari segi waktu hingga kenyamanan karena kita tidak selalu mendapatkan tempat untuk duduk. Bahkan ada sewaktu-waktu harus mengalah kepada orang yang lebih membutuhkan, sehingga, beberapa orang cenderung memilih menggunakan kendaraan pribadi.

6 Manfaat saat Menggunakan Transportasi Umum

6 Manfaat saat Menggunakan Transportasi Umum

Transportasi umum, terdapat banyak transportasi umum yang semakin berkembang seiring perkembangan zaman, terutama di negara kita, Indonesia. Tidak dapat dipungkiri, bahwa dari tahun ke tahun, di Indonesia mengalami kenaikan pembelian kendaraan pribadi, baik kendaraan beroda dua atau beroda empat. Berbagai upaya untuk mengatasi kemacetan di Indonesia terutama di ibukota menjadi hal yang harus diperhatian serius tidak hanya oleh Pemerintah, tetapi juga, oleh seluruh masyarakat.

Pemerintah berupaya menyediakan berbagai transportasi umum yang dapat digunakan oleh mayarakat dengan aman dan nyaman, agar masyarakat beralih menggunakan kendaraan umum dibanding menggunakan kendaraan pribadi. Seiring berkembangnya zaman, beberapa orang akhirnya berpikir untuk membuka suatu transportasi umum yang dapat membuat keuntungan serta membantu pemerintah dalam menjalakan program untuk membuat Indonesia menjadi negara yang bebas dari kemacetan. Dari berbagai macam transportasi umum yang ada, ternyata transportasi umum juga memiliki manfaat, manfaat apa saja yang dapat dirasakan jika menggunakan transportasi umum?

Baca Juga: Ini 4 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Menggunakan Transportasi Umum!

Menghargai Waktu

Transportasi Umum

Sumber : hipwee.com

Rekan Bijak akan mendapatkan manfaat jika menggunakan kendaraan umum yaitu Rekan Bijak dapat menghargai waktu, karena, dengan menggunakan kendaraan umum maka Rekan Bijak tidak bisa meminta driver buru-buru jika Rekan Bijak ingin cepat sampai tujuan. Driver kendaraan umu tidak dapat Rekan Bijak atur sesuai dengan kemauan Rekan bijak karena  karena, driver tidak peduli jika Rekan Bijak sedang ada kegiatan penting atau tidak.

Dengan menggunakan kendaraan umum, mengharuskan Rekan Bijak melakukan estimasi waktu ke suatu tempat jika Rekan Bijak tidak ingin terlambat sampai di tempat tujuan. Dengan menggunakan kendaraan umum, Rekan Bijak dapat merasakan bahwa waktu sangat berharga, karena, jika Rekan Bijak telat  berangkat 5 menit saja dari estimasi waktu yang telah Rekan Bijak tetapkan, maka Rekan Bijak akan telat lebih dari 5 menit dari estimasi waktu ke tempat tujuan.

Baca Juga: MRT dan LRT itu Berbeda Loh! Yuk, Ketahui 4 Perbedaannya!

Belajar Berbagi dan Toleransi

Transportasi Umum

Sumber : mrt.com.hk

Menggunakan kendaraaan umum, tidak terlepas dari banyaknya orang dari berbagai umur dan keadaan. Menggunakan kendaraan umum dapat membuat Rekan Bijak belajar berbagi dan toleransi, dimana Rekan Bijak tidak boleh egois jika keadaan Rekan Bijak masih muda, sehat, tidak hamil dan tidak menggunakan alat bantu untuk berjalan dengan beberapa orang yang membutuhkan (prioritas) perhatian khusus seperti ibu yang sedang hamil, orang yang sudah lanjut usia dan orang yang menggunakan alat bantu berjalan.

Dengan menggunakan kendaraaan umum, Rekan Bijak harus dengan rela dan ikhlas untuk memberikan tempat duduk kepada orang-orang yang membutuhkan. Tindakan Rekan Bijak dengan memberikan tempat duduk kepada orang yang membutuhkan terkadang terlihat sepele, padahal, dengan memberikan tempat duduk kepada prioritas kita secara tidak langsung mendapatkan pahala dan juga belajar berempati jika sewaktu-waktu berada di posisi seperti mereka.

Sehat

Sumber : matteroftrust.org

Sehat adalah manfaat yang bisa dirasakaan saat Rekan Bijak menggunakan kendaraan umum, karena, memungkinkan Rekan Bijak untuk lebih banyak bergerak jika dibandingkan kalau Rekan Bijak menggunakan kendaraan pribadi. Untuk menjangkau beberapa kendaraan umum, Rekan Bijak harus berjalan kaki bahkan lari untuk mengejar kendaraan umum. Rekan Bijak juga tidak perlu repot, jika tidak ada waktu untuk berolahraga, karena, dengan menggunkan kendaraan umum, Rekan Bijak secara tidak langsung berolahraga.

Sehat yang bisa dirasakan oleh Rekan Bijak bukan hanya sehat fisik, tetapi sehat psikis, karena, Rekan Bijak tidak perlu pusing untuk berhadapan dengan perilaku orang-orang saat berkendara dan juga jika keadaan jalan sedang mengalami kemacetan.

Baca Juga: 8 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Walau Sibuk Bekerja

Fleksibel

Transportasi Umum

Sumber : rmol.com

Fleksibel yang dimaksud disini yaitu Rekan Bijak dapat berhenti atau turun sesuai dengan keinginan Rekan Bijak tanpa harus berjalan terlalu jauh dari tempat tujuan, akan tetapi, tidak semua kendaraan umum dapat berhenti sesuai keinginan Rekan Bijak. Kendaraan umum yang dapat berhenti sesuai dengan keinginan Rekan Bijak yaitu angkot, bajaj, metro mini serta bus yang tidak memiliki jalur tersendiri.

Kendaraan umum seperti Transjakarta, tidak bisa berhenti sesuai kemauan Rekan Bijak, karena, Transjakarta memiliki jalur khusus yang disebut busway dan Rekan Bijak hanya bisa berhenti sesuai dengan halte-halte busway yang telah ada, hal ini tentu mengharuskan Rekan Bijak berjalan lebih jauh jika dibandingkan dengan angkot atau metro mini.

Membantu Program Pemerintah

Transportasi Umum

Sumber : news.okezone.com

Selain bermanfaat untuk kepentingan pribadi Rekan Bijak, menggunakan kendaraan umum dibandingkan menggunakan kendaraan pribadi yaitu membantu program Pemerintah. Membantu program Pemerintah yang dimaksud yaitu Rekan Bijak membantu untuk mengurangi kemacetan yang ada, mengurangi polusi atau go green, megoptimalkan subsidi bahan bakar yang telah di tetapkan. Dengan menggunakan kendaraan umum, maka secara perlahan kemacetan di Indonesia akan terus terurai, kemudian, mengurangi polusi karena semakin dikit orang yang menggunakan kendaraan pribadi dan subsidi bahan bakar yang sering terjadi kekurangan akan menjadi optimal.

Baca Juga: Simak Manfaat E-Money yang Berguna untuk Transaksi Keuangan Ini!

Tahu Jalan

Transportasi Umum

Sumber : tobasatu.com

Beberapa orang yang tidak tahu nama jalan atau suatu tempat, biasanya karena terbiasa dengan menggunakan kendaraan pribadi dan menggunakan supir pribadi. Dengan menggunakan kendaraan umum, Rekan Bijak menjadi lebih banyak mengetahui nama jalan serta tempat-tempat baru atau yang jarang di lewati oleh Rekan Bijak. Mengetahui jalan, akan memudahkan Rekan bijak jika sewaktu-waktu tersesat disaat smartphone Rekan Bijak mati dan menghindari Rekan Bijak di bohongi oleh orang tentang jalan yang akan dituju oleh Rekan Bijak.

Baca Juga: Ingin Liburan tapi Kantong Tetap Hemat? Yuk, Ikuti 7 Tips Ini!

Nah, Rekan Bijak, transportasi umum tidak hanya memiliki hal-hal negatif tetapi juga mempunyai manfaat positif seperti yang telah dijelaskan di atas ya!

Transportasi Umum

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: