6 Manfaat Memiliki Laporan Keuangan untuk Bisnis

Ketika ingin menjalankan atau membuat suatu bisnis atau usaha, seseorang memerlukan orang lain sebagai tim yang akan menjalankan bisnis atau usaha tersebut. Tim tersebut bisa terbagi menjadi beberapa divisi yang menjalankan suatu pekerjaan sesuai fungsi masing-masing, seperti marketing, finance, dan masih banyak lagi.

6 Manfaat Memiliki Laporan Keuangan untuk Bisnis

6 Manfaat Memiliki Laporan Keuangan untuk Bisnis

Dari sekian banyak divisi yang ada, ada satu divisi yang menjalankan pekerjaan sesuai fungsi untuk mengatur keuangan sebuah perusahaan atau bisnis tertentu, divisi tersebut yaitu divisi finance. Dalam mengatur keuangan, divisi finance akan membuat sebuah laporan keuangan.

Laporan keuangan adalah catatan informasi mengenai keuangan suatu perusahaan atau bisnis pada suatu periode tertentu yang dapat digunanakan sebagai suatu gambaran mengenai kondisi keuangan suatu perusahaan atau bisnis.

Laporan keuangan itu sendiri terbagi menjadi beberapa bagian, seperti laporan laba rugi, penjualan-pembelian, utang-piutang, arus kas, dan masih banyak lagi. Biasanya suatu laporan atau suatu informasi merupakan sebuah rangkuman dari beberapa hal, yang memiliki kegunaan, dan berbagai manfaat. Lalu, apa saja manfaat memiliki laporan keuangan untuk bisnis?

Alat Pemisah Aset

Laporan

Sumber : Jurnal.id

Manfaat yang pertama memiliki daftar pengelolaan keuangan yaitu sebagai alat pemisah aset. Alat pemisah aset yang dimaksud yaitu dapat membantu Rekan Bijak untuk memisahkan antara aset perusahaan atau bisnis, dengan aset pribadi yang dimiliki Rekan Bijak. Tidak bisa dipungkiri, bahwa, ada beberapa pengusaha yang sulit memisahkan antara aset perusahaan dengan aset pribadi yang dimilikinya.

Biasanya, seorang pengusaha yang sulit memisahkan kedua aset tersebut, karena, pengusa tersebut tidak memiliki sebuah daftar pengelolaan keuangan perusahaan atau bisnis. Untuk itu, sebaiknya, Rekan Bijak memiliki daftar pengelolaan keuangan agar bisa digunakan sebagai alat pemisah kedua atau beberapa aset yang dimiliki Rekan Bijak.

Mengetahui Kondisi Keuangan

Laporan

Sumber : gayahidup.republika.co.id

Manfaat kedua memiliki daftar pengelolaan keuangan yaitu Rekan Bijak bisa mengetahui kondisi keuangan perusahaan atau bisnis. Tidak bisa dipungkiri, kondisi keuangan perusahaan atau bisnis bisa saja mengalami kenaikan (untung yang berlebih) atau mengalami krisis (mengalami kerugian). Untuk mengetahui kondisi keuangan sebuah perusahaan atau bisnis, Rekan Bijak harus terlebih dahulu membuat daftar mengenai arus keuangan.

Daftar keuangan tersebut dapat Rekan Bijak buat dengan meminta bantuan kepada divisi finance yang memang secara khusus mengelola keuangan perusahaan atau bisnis. Jika, Rekan Bijak sudah memiliki daftar mengenai arus keuangan, selanjutnya, Rekan Bijak dapat mengetahui kondisi keuangan perusahaan atau bisnis, apakah kondisi keuangan perusahaan atau bisnis sedang mengalami surplus atau sedang mengalami defisit.

Acuan dalam Mengambil Keputusan

Laporan

Sumber : Scout.ID

Manfaat selanjutnya memiliki daftar pengelolaan keuangan yaitu sebagai acuan dalam mengambil keputusan. Hal ini masih berhubungan dengan manfaat sebelumnya yaitu mengetahui kondisi keuangan. Setelah, Rekan Bijak mengetahui kondisi keuangan dari perusahaan atau bisnis, Rekan Bijak bisa menentukan kebijakan atau langkah yang diambil dari musyarawah bersama dengan orang-orang penting atau yang terakait dengan perusahaan atau bisnis untuk mengambil suatu keputusan.

Misalkan, perusahaan atau bisnis Rekan Bijak sedang mengalami defisit, maka, Rekan Bijak dapat mengambil keputusan supaya perusahaan atau bisnis Rekan Bijak tidak mengalami krisis finansial, dan berbagai macam krisis lainnya, yang bisa membuat perusahaan atau bisnis Rekan Bijak mendapatkan kerugian besar.

Informasi untuk Perhitungan Pajak

Laporan

Sumber : klikpajak.id

Selanjutnya, manfaat yang bisa didapatkan yaitu sebagai informasi untuk perhitungan pajak. Tidak bisa dipungkiri, di setiap negara pasti menenaptakn peraturan untuk membayar pajak, baik pajak pribadi, hingga pajak perusahaan atau bisnis.

Supaya bisa mempermudah Rekan Bijak membayar pajak kepada pemerintah, Rekan Bijak bisa menggunakan daftar pengelolaan keuangan yang telah ada, sebagai tolak ukur seberapa banyak uang yang harus dikeluarkan untuk membayar pajak atau seberapa keuntungan yang akan dikenakan pajak. Dengan memiliki daftar pengelolaan keuangan, Rekan Bijak tidak perlu bingung, repot, dan pusing saat mengurus pajak kepada instansi pemerintah.

Laporan untuk Pihak Terkait

Laporan

Sumber : masterpendidikan.com

Manfaat selanjutnya yaitu sebagai laporan atau informasi kepada pihak terkait. Pihak-pihak terkait yang dimaksud yaitu para investor, pemerintah, dan masih banyak lagi. Tidak bisa dipungkiri, bahwa suatu perusahaan atau bisnis pasti membutuhkan berbagai macam orang atau instansi yang berguna sebagai pendukung agar suatu perusahaan atau bisnis dapat berkembang ke arah yang positif. Untuk itu, laporan keuangan hadir sebagai alat untuk memberikan suatu informasi kepada orang-orang terkait tersebut.

Menunjukkan Kredibilitas

Laporan

Sumber : jambiterbit.com

Manfaat yang terakhir yaitu untuk menunjukkan kredibilitas perusahaan atau bisnis. Kredibilitas adalah suatu hal yang dapat dipercaya. Setiap orang pasti lebih yakin jika suatu perusahaan atau bisnis yang akan diajak kerjasama, atau digunakan sudah memiliki kredibilitas yang baik. Untuk mendapatkan kredibilitas dari masyrakat, Rekan Bijak dapat mengandalkan laporan keuangan perusahaan atau bisnis, laporan keuangan tersebut tentu harus memiliki hal yang positif.

Nah, Rekan Bijak, sudah tahu kan berbagai macam manfaat memiliki laporan keuangan untuk bisnis? Jika sudah, semoga informasi dari Danabijak dapat bermanfaat ya!

Laporan

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: