Mengenal 6 Potensi dan Manfaat Program Inklusi Keuangan di Indonesia

Mungkin untuk banyak orang, program inklusi keuangan merupakan program yang jarang didengar, padahal program inklusi keuangan ini sudah berjalan sejak lama, dan bahkan pemerintah pun juga sudah bekerjasama dengan beberapa pihak dalam melancarkan program ini. Hal ini berkaitan dengan keuntungan yang akan menyebar jika program ini berjalan lancar.

Mengenal 6 Potensi dan Manfaat Program Inklusi Keuangan di Indonesia

Mengenal 6 Potensi dan Manfaat Program Inklusi Keuangan di Indonesia

Program inklusi keuangan di Indonesia sedang digalakkan dimana-mana. Program inklusi keuangan ini juga sejalan dengan program-program inklusi keuangan yang diadakan oleh Bank Dunia, yang mempunyai tujuan yakni adanya efisiensi dan efektivitas dalam keuangan. Jika efisiensi dan efektivitas dalam keuangan berhasil diterapkan, orang-orang yang berada di kelas ekonomi bawah pun bisa mendapatkan akses uang dengan cepat.

Program inklusi keuangan ini sudah dijalankan dan diharapkan agar adanya bantuan, terutama dari wadah-wadah finansial yang bersifat digital, agar bisa memuluskan program inklusi keuangan, agar programnya pun bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat, ditambah lagi juga banyaknya keuntungan dan manfaat dari program ini. Lalu, apa saja potensi dan manfaat yang bisa didapatkan dari program inklusi keuangan?

Jangkauan Akses Keuangan Mencapai Masyarakat Kelas Bawah

program inklusi keuangan

Sumber : Blog.act.id

Inklusi keuangan memang mempunyai target khusus, yakni membuat kesenjangan ekonomi dan sosial menjadi ditutup. Dalam program ini, salah satu keinginan yang paling ditonjolkan adalah bagaimana akses uang dapat mencapai masyarakat ekonomi kelas bawah, dan ketika akses uang sudah mencapai masyarakat kelas bawah, diharapkan mereka bisa keluar dari kehidupan kelas bawahnya dan mempunyai pendapatan yang baik.

Dengan adanya program-program inklusi ini, banyak orang-orang mempunyai kesempatan untuk keluar dari jurang kemiskinan, dengan cara meminjam untuk sekedar membuat sebuah bisnis, menabung uang untuk membuat suatu hal, dan lain-lain. Tentunya, banyak hal positif yang bisa didapatkan dari program inklusi keuangan.

Mengembangkan dan Menumbuhkan Ekonomi

program inklusi keuangan

Sumber : Asia.businesschief.com

Dengan adanya program inklusi keuangan, hal ini dapat mengembangkan dan menumbuhkan perekonomian negara. Bagaimana caranya? Dengan adanya program-program ini, pastinya menumbuhkan efektivitas dan efisiensi ekonomi. Segala sesuatu pun sebenarnya lebih mudah, juga lebih cepat. Kecepatan dan efektivitas yang ditawarkan akan membuat transaksi juga pastinya lebih cepat dan lebih mudah.

Transaksi yang lebih sering akan membuat roda perekonomian bergerak lebih cepat sehingga akan membuat pembuatan barang atau produksi barang lebih cepat, dan sampainya barang pun lebih cepat, dan transaksi pun juga lebih cepat, sehingga perekonomian akan lebih tumbuh dan lebih cepat berkembangnya.

Membuat Orang-Orang Lebih Baik dalam Mengontrol Keuangan

program inklusi keuangan

Sumber : Sourceable.net

Orang-orang akan bisa mengontrol keuangan lebih baik dengan adanya program inklusi keuangan. Bagaimana bisa? Karena program ini juga mendukung adanya pengontrolan keuangan dengan informasi-informasi pengontrolan keuangan yang lebih baik. Dengan adanya informasi-informasi pengontrolan keuangan, orang-orang pun akan lebih tahu bagaimana cara bisa mengontrol keuangan dengan baik.

Ditambah lagi, akan ada banyak wadah-wadah pengontrolan keuangan seperti dalam hal tabungan atau pun dalam menyimpan uang dalam ATM sehingga tidak memerlukan celengan atau brankas penyimpanan uang, dan bentuknya pun digital sehingga pemantauan keuangan bisa dilakukan secara efisien.

Keuntungannya Banyak untuk Individu

program inklusi keuangan

Sumber : JPStream.net

Keuntungannya pun banyak untuk individu-individu yang membutuhkan efektivitas, efisiensi, dan juga akses dalam keuangan mereka, dan tentunya, khususnya juga bisa membantu keuangan para pebisnis secara individu. Dengan adanya program ini, akses bisnis mereka pun juga lebih terbuka dan lebih mudah aksesnya.

Ditambah lagi, akses informasi tentang keuangan pun akan lebih ditingkatkan, dan dengan adanya peningkatan informasi tentang keuangan, individu akan lebih serius dalam mengontrol keuangannya, dan juga pastinya keuangannya akan lebih baik. Transaksi pun juga akan berjalan lebih mudah dan tidak merepotkan.

Menambah Pendapatan dan Mengembangkan Status

program inklusi keuangan

Setelah segala hal yang mengembangkan dan menambah pendapatan, tentunya hal ini juga dapat mengembangkan status, atau pun juga bisa menambah pekerjaan-pekerjaan yang dibutuhkan, sehingga orang-orang yang tadinya pengangguran pun bisa bekerja pula. Dengan begitu, pendapatan orang-orang pun bertambah, dan ketika pendapatan bertambah, ekonomi negara pun menguat.

Bertambahnya pendapatan berarti daya beli yang menguat, ketika daya beli menguat, itu menunjukkan sebuah ekonomi yang berkembang, dan ekonomi negara pun akan menguat karena hal ini.

Berkembangnya UMKM(Usaha Mikro, Kecil dan Menengah)

program inklusi keuangan

Sumber : IDNtimes.com

UMKM pun juga dapat berkembang dengan keberadaan program ini. Program inklusi keuangan akan membantu UMKM-UMKM yang ada karena efektivitas dan efisiensi yang ditawarkan, sehingga UMKM pun akan terkena getah positif dan manfaat dari akses yang diberikan oleh inklusi keuangan. Pinjaman uang untuk mengembangkan usaha atau pun tabungan untuk usaha pun juga tersedia dengan program ini.

UMKM-UMKM di Indonesia pun mendapatkan manfaat-manfaatnya sehingga dapat mengembangkan UMKM-nya dengan baik.

Nah, itulah manfaat-manfaat yang bisa diberikan program inklusi keuangan kepada Indonesia. Tidak mengagetkan mengapa Otoritas Jasa Keuangan dan Bank Indonesia menjadikan program ini sebagai salah satu program untuk mengembangkan ekonomi Indonesia. Salah satu pendukung program ini adalah aplikasi-aplikasi finansial seperti Danabijak, salah satu wadah digital pinjaman uang yang terkemuka di Indonesia. Karena kemudahan pinjaman uang, ditambah lagi suku bunganya yang rendah, dan tawaran-tawaran sistem poin pun disukai oleh masyarakat!

program inklusi keuangan

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: