Mari Mengenal Credit Scoring dan Cara Meningkatkan Nilainya

Untuk bisa mendapatkan sejumlah uang dalam nominal besar dalam waktu yang singkat, mengajukan pinjaman ke bank atau lembaga peminjamanlain adalah pilihan utama yang paling banyak diambil oleh masyarakat. Meski begitu, tentu ada pertimbangan dari pihak bank atau lembaga peminjaman terkait calon nasabah yang akan mengajukan pinjaman.

Mari Mengenal Credit Scoring dan Cara Meningkatkan Nilainya

Mari Mengenal Credit Scoring dan Cara Meningkatkan Nilainya

Salah satu pertimbangan dari pihak bank atau lembaga penyedia peminjaman mengenai calon nasabah yang akan mengajukan pinjaman adalah credit scoring. Aspek ini diyakini memegang peranan yang cukup penting ketika rekan ingin mengajukan kredit ke bank. Karena nilai credit score yang kurang baik akan berdampak serius pada tingginya biaya yang dibebankan kepada rekan saat ingin mengajukan pinjaman.

Credit Scoring atau penilaian kredit mengacu pada sistem yang digunakan oleh lembaga penyedia pinjaman atau bank yang menentukan apakah rekan sebagai nasabah layak untuk mendapatkan pinjaman tersebut atau tidak. Penilaian kredit ini juga adalah sebuah data nasabah yang sudah dikumpulkan melalui pengisian yang sudah dilakukan sebelumnya untuk pengajuan pinjaman yang dilakukan.

Baca Juga: 5 Tips Aman Saat Mengajukan Pinjaman Online Agar Tidak Tertipu

Jadi, bisa dikatakan history transaksi rekan seperti pembayaran tagihan yang tepat atau tidak atau banyaknya kredit yang rekan miliki bisa dikatakan sebagai penentu credit score. Semua data itu membantu bank atau lembaga penyedia pinjaman dalam menganalisa permohonan kredit calon nasabahnya, selain faktor-faktor kualitatif lainnya.

Selain bank sebagai institusi jasa keuangan yang sudah biasa menerapkan sistem credit scoring, perusahaan financial technology (fintech) Peer-to-peer Lending pun menerapkan hal yang sama. Industri P2P Lending berkembang pesat selama 2 tahun terakhir ini karena masih adanya kesenjangan pembiayaan di Indonesia. Banyak usaha yang belum bisa mendapatkan pinjaman dari bank karena ketidakefisienan. Salah satunya karena dibutuhkan agunan berupa fixed asset dan birokrasi yang sulit.

Baca Juga: 5 Keunggulan Melakukan Pinjaman di Fintech P2P Lending

Credit Scoringsumber : consumerfinance.gov

Credit Score tidak hanya menjadi acuan yang digunakan oleh bank atau lembaga penyedia pinjaman terhadap proses pengajuan pinjaman, fungsi credit scoring lainnya yaitu bisa memperkirakan berapa nominal maksimal yang bisa rekan pinjam. Hal ini termasuk jangka waktu pengembalian pinjaman dan besarnya bunga pinjaman yang akan dibebankan pada rekan.

Baca Juga: Ini 3 Cara Menghitung Bunga Pinjaman agar Tidak Gegabah

Apabila credt score rekan memberikan hasil yang terbilang kecil, kemungkinan untuk mendapatkan pinjaman tentu masih ada. Akan tetapi, bunga yang dibebankan pada rekan selaku pihak peminjam akan sangat tinggi. Hal lainnya adalah rekan kemungkinan juga akan dimintai sesuatu, misalnya barang, untuk dijadikan agunan atau jaminan.

Lalu bagaimana cara meningkatkan credit score rekan? simak ulasannya berikut :

Membayar Tagihan Tepat Waktu

Credit Scoringsumber : flamers.info

Jika rekan memiliki tagihan seperti tagihan kartu kredit atau cicilan lainnya, jangan biasakan diri menunggak, bayarkan tagihan tepat pada waktu yang ditentukan. Tingkat kolektabilitas kredit nasabah merupakan salah satu cara bank menilai kualitas kredit seseorang. Tingkat ini terbagi menjadi lima, yakni lancar, dalam perhatian khusus, kurang lancar, diragukan dan macet.

Bagi pengguna kartu kredit upayakan untuk membayar tagihan 10% terlebih dahulu dari total tagihan bulanan. Namun jika rekan mampu membayar penuh itu akan lebih baik untuk menghindari bunga yang tinggi setiap bulannya. Begitu pula dengan asngsuran pinjaman, selalu usahakan untuk membayar tepat waktu.

Baca Juga: Sulit Bayar Tagihan Tepat Waktu? Simak 6 Tips Ini!

Gunakan Kartu Kredit secara Teratur

Credit Scoringsumber : ipotpay.com

Penggunaan kartu kredit memberi pengaruh besar terhadap tingkat credit score rekan, kartu kredit idealnya adalah pengganti uang tunai sebagai alat pembayaran. Jadi, jika rekan tidak pernah menggunakan kartu kredit, maka tidak akan ada data yang terekam.

Rekan bisa mulai menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran, terutama barang dengan harga yang terbilang mahal, seperti pembayaran pesawat dan hotel, atau membeli alat elektronik. Setelah itu baru gunakan kartu kredit pembayaran yang lebih kecil seperti makan di restoran dan perlahan reputasi kredit rekan akan terbentuk.

Baca Juga: Sering Pakai Kartu Kredit? Kenali Asuransi Kartu Kredit dan Manfaatnya!

Ambil Jeda Waktu Ketika Kredit Ditolak

Credit Scoringsumber : kreditpedia.net

Berikan jeda beberapa bulan ketika proses pengajuan pinjaman atau kartu kredit rekan ditolak. Saat masa jeda ini, rekan bisa melihat kembali apa yang salah. Misalnya, rekan mengajukan kredit lebih dari 30% dari pendapatan, atau rekan masih memiliki cicilan lain.

Saat dalam masa menunggu ini, fokuslah pada pelunasan utang-utang yang ada. Kemudian rekan bisa juga mengajukan permohonan kartu kredit berlimit rendah terlebih dahulu. Langkah ini akan membantu rekan meningkatkan skor dan memberikan indikasi positif kepada bank atau lembaha penyedia pinjaman bahwa rekan debitur yang bisa dipercaya.

Baca juga: 5 Keuntungan yang Didapat dari Pengajuan Kredit Online

Nah, jadi itu adalah berbagai hal mengenai credit scoring yang perlu rekan ketahui dan cara meningkatkan nilai kredit. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi rekan dan orang terdekat rekan bijak!

Credit Scoring

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: