Mari Mengenal Generasi Sandwich dan Tips Mengatur Keuangan untuk Generasi Ini!

Pernahkah rekan mendengar istilah generasi sandwich? apakah yang sebeneranya dimaksud dengan generasi sandwich? yuk, baca lebih lanjut untuk mengetahui penjelasannya.

Mari Mengenal Generasi Sandwich dan Tips Mengatur Keuangan untuk Generasi Ini!

Mari Mengenal Generasi Sandwich dan Tips Mengatur Keuangan untuk Generasi Ini!

Sederhanya generasi sandwich adalah seperti ini. Tak bisa dipungkiri bahwa keluarga memiliki arti yang begitu penting. Idealnya dari generasi ke generasi, setiap anak telah membangun keluarganya sendiri akan hidup terpisah dengan orang tuanya.

Namun, faktanya tak sedikit anak yang harus merawat orang tuanya yang telah lanjut usia dan menanggung biaya hidupnya, Sementara di saat yang sama, mereka juga harus merawat dan menanggung biaya hidup anak-anaknya dan dirinya sendiri.

Untuk memahami lebih jelasnya apa itu generasi sandwich dan bagaimana cara mengatur keuangan untuk generasi yang harus menanggung banyak beban biaya ini, berikut penjelasannya :

Mengenal Generasi Sandwich

Generasi Sandwichsumber : madura-today.com

Generasi sandwich merupakan suatu generasi atau angkatan dalam keluarga yang harus memberikan dukungan finansial kepada dua generasi sekaligus yaitu orang tua dan anak-anaknya. Mengapa bisa disebut dengan istilah generasi sandwich? karena, sandwich merupakan roti tawar lapis yang umumnya terdiri dari sayuran, keju, sepotong daging, dan telur mata sapi yang diberi mayonnaise dan saus tomat atau sambal. Tumpukan roti tawar ini yang kemudian dianalogikan sebagai generasi atas yaitu orang tua dan generasi bawah yaitu anak-anak.

Istilah ini pertama kali dikemukakan oleh pekerja sosial bernama Dorothy Miller pada tahun 1981. Golongan generasi sandwich umumnya adalah mereka yang berusia antara 30-50 tahun, berlaku baik bagi laki-laki atapun perempuan. Studi demografis menunjukan bahwa generasi ini berjumlah sekitar 47 persen dari kaum dewasa, dengan orang tua berusia 65 tahun atau lebih.

Generasi ini muncul karena adanya tingkat peningkatan harapan hidup dan kegagalan orang tua dalam mempersiapkan kebutuhan finansial di masa tua, diduga menjadi penyebabnya. Jumlah populasi lansia saat ini semakin banyak sehingga membutuhkan dukungan perawatan dan juga finansial dari generasi di bawahnya, yaitu anak-anaknya.

Sementara anak-anak yang menanggung hidup orang tuanya yang tergolong generasi sandwich ini juga memiliki tanggung jawab untuk merawat anak-anaknya sendiri. Memberikan dukungan kepada dua generasi sekaligus tidaklah mudah, tak hanya dibutuhkan tenaga dan kesabaran ekstra tetapi juga banyak biaya, sehingga membebani finansial generasi ini.

Dalam mengasuh dua generasi sekaligus, finansial jelas menjadi faktor yang harus diperhatikan. Sebab itu, generasi sandwich harus pandai-pandai dalam mengatur keuangan agar pengeluaran tidak melebar sehingga mengalami pemborosan. Berikut tips mengatur keuangan yang bisa dilakukan :

Alokasikan Dana Khusus untuk Orang tua

Generasi Sandwichsumber : sunlife.co.id

Untuk rekan yang saat ini belum berkeluarga atau sudah berkeluarga namun belum memiliki anak, bisa mempersiapkan dana khusus untuk merawat atau memenuhi kebutuhan orang tua sejak dini. Sedangkan bagi yang sudah memiliki anak, rekan bisa mempertimbangkan alokasi dana yang tepat agar tidak membebani kedepannya. Diskusikan hal ini dengan pasangan agar semuanya jelas.

Baca Juga : 6 Tips Sederhana Agar Sukses Finansial di Usia Muda

Lindungi Diri dan Keluarga dengan Asuransi

Generasi Sandwichsumber : futuready.com

Selanjutnya, hal yang tidak boleh rekan lupakan adalah dengan melindungi diri dan keluarga dengan asuransi. Lewat asuransi ini rekan tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan yang harus menguras banyak uang dalam tabungan, karena sudah memiliki asuransi.

Baca Juga : 4 Cara Cerdas Memilih Asuransi Kesehatan Berkualitas

Persiapkan Dana Pendidikan Anak Sejak Dini

Generasi Sandwichsumber : sunlife.co.id

Agar keuangan keluargamu tidak keberatan di masa depan ada baiknya rekan menyiapkan dana pendidikan anak sejak dini. Rencanakan semuanya secara matang sejak awal menjalin hubungan dengan pasangan.

Dana pendidikan mengalami kenaikan 10 hingga 20% setiap tahunnya, maka dari itu penting untuk menyiapkan semua sejak awal agar hal ini tidak membebani keluarga nantinya. Terdapat beberapa cara yang dapat rekan lakukan untuk menyiapkan dana pendidikan anak, salah satunya lewat tabungan berjangka ataupun lewat instrumen investasi.

Baca Juga : Simak 5 Cara Terbaik untuk Menyiapkan Dana Pendidikan Anak

Siapkan Dana Pensiun Sejak Dini

Generasi Sandwichsumber : magazine.job-like.com

Tips yang selanjutnya yang penting rekan lakukan untuk memutus rantai generasi sandwich ini adalah dengan menyiapkan dana pensiun sejak dini. Tidak masalah jika rekan saat ini jauh dari usia pensiun, menyiapkannya sejak awal akan membuat alokasi dana rekan menjadi lebih ringan, serta hasil yang akan rekan dapatkan di masa depan nanti akan jauh lebih maksimal.

Lewat persiapan dana pensiun sejak dini, rekan tidak akan merepotkan anak-anak rekan kelak. Sehingga rantai generasi sandwich pun akan berakhir cukup sampai generasi rekan saja.

Baca Juga : 5 Cara Mudah Siapkan Dana Pensiun Sejak Dini

Itulah beberapa tips mengatur keuangan untuk generasi sandwich. Selain cara diatas rekan juga bisa mengatasi masalah ini dengan mencari penghasilan tambahan lain untuk memenuhi kebutuhan seluruh keluarga. Semoga artikel ini bermanfaat bagi rekan dan orang terdekat rekan bijak yaa!

Generasi sandwich

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: