Mengenal Masyarakat Ekonomi ASEAN dan Pengaruhnya dalam Bisnis

Sebagai salah satu negara ASEAN, Indonesia juga ikut dalam program masyarakat ekonomi ASEAN yang bertujuan untuk membangun sebuah pasar bebas di ASEAN. Lalu, apakah itu masyarakat ekonomi ASEAN, dan bagaimana pengaruhnya dalam bisnis?

Mengenal Masyarakat Ekonomi ASEAN dan Pengaruhnya dalam Bisnis

Mengenal Masyarakat Ekonomi ASEAN dan Pengaruhnya dalam Bisnis

Apakah Rekan Bijak tahu apakah itu masyarakat ekonomi ASEAN? Mungkin banyak yang tidak mengetahui apakah itu masyarakat ekonomi ASEAN, namun yang pasti, konsep ini sedang diperjuangkan oleh negara-negara ASEAN, yakni hampir semua negara di Asia Tenggara. Masyarakat ekonomi ASEAN merupakan sebuah integrasi di antara negara-negara ASEAN dalam menghadapi perdagangan bebas antar negara ASEAN. Bisa dikatakan, pasar bebas di antara negara-negara di Asia Tenggara.

Konsep ini awalnya mengikuti konsep pasar bebas milik Uni Eropa yang mengedepankan adanya perdagangan yang tidak ada batas, dengan pajak seminimal mungkin, atau bahkan tidak ada sama sekali pada barang-barang tertentu, sehingga mendukung bisnis yang ada di negara-negara di dalam komunitas tersebut. Masyarakat ekonomi ASEAN ini pada awalnya juga disepakati di tahun 1997 di Kuala Lumpur dengan tujuan untuk memakmurkan negara-negara yang ada di ASEAN.

Pada awalnya, program ini direncanakan untuk dilakukan pada tahun 2020, namun dimajukan menjadi 2015. Dengan begitu, terjadilah integrasi ekonomi antar negara-negara ASEAN, sehingga terciptalah pasar tunggal di daerah ASEAN.

masyarakat ekonomi asean

Sumber : irishtimes.com

Pada awalnya, memang tidak bisa dipungkiri, bahwa masyarakat ekonomi ASEAN bertujuan untuk menjadi suatu pasar yang sedang bersaing dengan pasar-pasar yang ada di Tiongkok dan India, karena kedua negara tersebut, bisa dikatakan, merupakan dua negara paling siap dalam hal untuk pengembangan ekonomi. Pasar yang mengarah kepada Tiongkok dan India pun juga sangat besar dan potensial.

Akhirnya, masyarakat ekonomi ASEAN pun diciptakan, agar menciptakan persaingan terhadap negara-negara tersebut, ditambah lagi juga datangnya investasi dari negara-negara lain, terutama negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Jepang hingga Jerman untuk membuka lapangan-lapangan kerja bagi warga ASEAN. Hal ini bisa membantu salah satu misi ASEAN untuk memakmurkan warga-warganya.

Pasar bebas ini juga tidak hanya terbatas pada pergerakan barang-barang dan jasa, melainkan juga pergerakan para tenaga kerjanya. Itu berarti, tenaga kerja dari negara lain bisa datang ke negara lainnya selama masih berada dalam ASEAN, sehingga tenaga kerja dari negara lain tersebut bisa bekerja di negara ASEAN lainnya. Dengan begitu, hal ini dapat membuka kompetisi pekerja yang baru, dan sudah lintas regional.

masyarakat ekonomi asean

Sumber : investasian.com

Kompetisi antar pekerja, juga berarti adanya kompetisi antar bisnis. Tentunya, kompetisi ini sudah seharusnya disambut baik, karena dengan adanya kompetisi ini, semua orang akan berlomba-lomba menjadi yang terbaik, sehingga menciptakan tenaga kerja yang lebih baik secara skill dan tangguh, juga produk-produk dari bisnis-bisnis tertentu yang lebih baik, dan juga lebih murah agar bisa bersaing dengan bisnis lainnya.

Dengan adanya masyarakat ekonomi ASEAN ini juga, tenaga kerja di Indonesia semakin berkembang agar bisa memenangi kompetisi dengan tenaga kerja dari negara lain, salah satunya adalah berbahasa Inggris, yang pastinya akan sangat penting di pasar bebas ASEAN nantinya.

masyarakat ekonomi asean

Sumber : tribunnews.com

Melihat potensi pasar ASEAN yang begitu besar, masyarakat, khususnya para pebisnis di wilayah ASEAN sudah seharusnya mengerti tentang hal ini. Melihat potensi ini, para pengusaha sudah harus mempersiapkan diri mereka untuk saling berkompetisi terutama dengan pengusaha dari negara ASEAN lainnya. Oleh karena itu, dibutuhkan yang dinamakan mental untuk siap dalam menyambut hal ini.

Bisnis akan semakin berkembang pesat, dan hanya masalah waktu untuk para pebisnis, yang mempunyai usaha, untuk segera membuat produknya menjadi lebih baik dan berkualitas, dengan harga yang lebih murah agar bisa bersaing. Positifnya, para pengusaha akan mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar sehingga kesempatan pun lebih besar dan lebih banyak.

Ada beberapa tips untuk para pengusaha yang harus bersiap dalam menghadapi program masyarakat ekonomi ASEAN ini, antara lain :

  • Pemasaran yang baik
  • Desain yang orisinil
  • Meningkatkan kualitas barang
  • Pengelolaan sarana dan prasarana yang baik
  • Keunggulan pelayanan, dan hal ini sangat penting
  • Merekrut karyawan terbaik
  • Memberikan Kepuasan terhadap Para Konsumen

Diindikasikan, sektor-sektor seperti UMKM, bisnis ekspedisi hingga pariwisata merupakan 3 sektor bisnis yang akan sangat banyak peminatnya, karena potensi yang besar diberikan oleh program masyarakat ekonomi ASEAN ini.

Rekan Bijak, apakah kamu sudah siap untuk menjadi seorang tenaga kerja yang mempunyai skill lebih daripada orang-orang dari negara ASEAN lainnya? Jika belum, kembangkanlah skill-mu hingga perusahaan-perusahaan tidak punya alasan untuk menolakmu! Atau pun jika kamu ingin menjadi seorang pengusaha, pastikanlah kamu mengikuti tips-tips yang ada agar usaha kamu bisa bertahan dalam pasar bebas ASEAN ini!

masyarakat ekonomi asean

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: