Ingin Membuka Usaha Laundry? Yuk, Simak Hal Ini Terlebih Dahulu

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia memerlukan pakaian sebagai kebutuhan utama, pakaian yang telah dipakai oleh manusia haruslah dibersihkan atau dicuci agar pakaian bisa dipakai kembali. Ada berbagai macam cara untuk membersihkan pakaian yang telah digunakan.

Ingin Membuka Usaha Laundry? Yuk, Simak Hal Ini Terlebih Dahulu

Ingin Membuka Usaha Laundry? Yuk, Simak Hal Ini Terlebih Dahulu

Salah satu cara yang dapat mempermudah pekerjaan Rekan Bijak untuk membersihkan pakaian yaitu dengan membawa pakaian Rekan Bijak ke tempat laundry. Tidak bisa dipungkiri, bahwa setiap harinya kita sibuk dengan berbagai macam pekerjaan atau kegiatan yang membuat kita sulit mengurus hal-hal kecil yang berdampak besar, seperti mencuci pakaian.

Baca Juga : 8 Jenis Bisnis Rumahan Modal Kecil Untung Besar

Oleh karena itu, beberapa orang membuka usaha laundry untuk membantu orang lain yang membutuhkan jasa membersihkan pakaian yang tidak sempat dibersihkan oleh pemilik pakaian tersebut. Mungkin dulu usaha laundry tidak begitu diminati, akan tetapi, seiring berjalannya waktu usaha ini mulai diminati oleh berbagai kalangan dari masyarakat. Sebelum Rekan Bijak membuka usaha laundry , ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Lalu, apa saja hal yang harus diperhatikan sebelum membuka usaha laundry ya?

Modal

Laundry

Sumber : student.blog.dinus.ac.id

Hal yang paling utama saat Rekan Bijak ingin membuka suatu usaha adalah modal, hal ini juga berlaku jika Rekan Bijak ingin membuka usaha laundry. Modal yang harus Rekan Bijak persiapkan yaitu modal berupa uang. Rincian modal yang harus Rekan Bijak keluarkan dalam membuka usaha jenis ini, meliputi :

Jenis Jumlah Harga Total
Mesin cuci 2 Rp5.000.000 Rp10.000.000
Mesin pengering 2 Rp5.000.000 Rp10.000.000
Setrika uap 5 Rp150.000 Rp750.000
Timbangan 2 Rp250.000 Rp500.000
Detergen, Pewangi, Pelicin setrika, Penghilang noda, Pemutih,  -+8kg Rp1.000.000
Peralatan Lain (gantungan baju, sikat, dll) Rp1.000.000
Sewa tempat  pertahun Rp10.000.000
Promosi (Spanduk, brosur) Rp2.000.000
Gaji pegawai 1 orang  perbulan Rp1.000.000
Biaya listrik dan air  perbulan Rp1.000.000
Total Rp37.250.000

Sebaiknya, saat Rekan Bijak ingin membuka usaha jenis ini, saat membeli mesin cuci serta mesin pengering carilah yang bisa menampung hingga 20kg, hal ini akan membantu Rekan Bijak dalam mempermudah pekerjaan saat membuka jenis usaha laundry. Rincian harga yang telah diberikan hanya sebagai gambaran, harga tersebut dapat berubah sesuai dengan kebutuhan usaha yang akan Rekan Bijak buat.

Baca Juga : 6 Cara Mendapatkan Modal Usaha dengan Cepat dan Aman

Target Pasar dan Tempat

Laundry

Sumber : pontianakpost.co.id

Hal yang perlu diperhatian Rekan Bijak sebelum membuka usaha jenis ini yaitu mengetahui target pasar atau target konsumen. Setelah mengetahui modal untuk membuka usaha, hal penting lainnya yang perlu Rekan Bijak perhatikan dalam membuka usaha adalah target pasar atau target konsumen. Rekan Bijak harus terlebih dahulu menentukan target pasar atau target konsumen mana yang ingin Rekan Bijak raih, seperti orang-orang kantoran, dan mahasiswa. Tujuan dari menentukan target pasar atau target konsumen akan berpengaruh terhadap keuntungan yang akan didapatkan oleh Rekan Bijak.

Setelah mengetahui target pasar, langkah selanjutnya Rekan Bijak harus menentukan akan membuka usaha jenis ini dimana, menentukan tempat merupakan hal yang tidak kalah penting, karena, tempat usaha dapat menentukan keuntungan yang akan didapatkan. Tempat yang cocok untuk Rekan Bijak membuka usaha ini yaitu daerah perumahan, daerah perkantoran, dan daerah yang dekat dengan kampus atau kos-kosan. Jika Rekan Bijak tidak mempertimbangkan tempat, keuntungan yang akan didapatkan Rekan Bijak tidak akan maksimal.

Baca Juga : 8 Pebisnis yang Sukses Merintis Usaha Modal Kecil

Keuntungan

Laundry

Sumber : laundrymanager.id

Keuntungan yang dapat Rekan Bijak dapat saat membuka jenis usaha ini beragam, tergantung kepada modal yang Rekan Bijak keluarkan, target pasar atau target konsumen yang telah Rekan Bijak tetapkan, dimanakah tempat usaha jenis ini dibuka. Selain itu, Rekan Bijak bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar, jika Rekan Bijak selalu memperhatikan kepuasan konsumen terhadap jasa yang telah Rekan Bijak berikan, maka, Rekan Bijak bisa mendapatkan keuntungan yang jauh lebih besar.

Kepuasan yang mempengaruhi keuntungan, seperti apakah pakaian konsumen bersih, wangi, atau malah sebalinya. Walaupun hal tersebut terlihat tidak begitu penting, nyatanya hal tersebut dapat mempengaruhi keuntungan yang akan Rekan Bijak dapatkan.

Baca Juga : 6 Manfaat Berwirausaha Untuk Mengembangkan Diri Sendiri

Nah, Rekan Bijak, itu dia tiga hal penting yang harus diperhatikan jika ingin membuka usaha laundry, semoga artikel diatas dapat bermanfaat ya, Rekan!

Laundry

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: