7 Tips Memilih Tabungan untuk Anak di Bawah Umur

Menabung merupakan kegiatan positif yang harus dilakukan setiap orang. Dengan menabung, maka, akan menimbulkan sifat-sifat positif pada diri manusia, seperti hemat. Salah satu manfaat yang bisa dirasakan dari menabung yaitu uang bisa terus bertambah, memiliki dana simpanan yang bisa digunakan untuk keperluan mendadak.

7 Tips Memilih Tabungan untuk Anak di Bawah Umur

7 Tips Memilih Tabungan untuk Anak di Bawah Umur

Kegiatan menabung dilakukan mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga tua. Ada berbagai macam cara untuk menabung, salah satunya yaitu dengan membuka tabungan atau simpanan di Bank. Menabung sejumlah uang di Bank tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa, melainkan, seorang anak-pun bisa membuka tabungan di Bank.

Baca Juga : 5 Tips Ini Membantu Kamu Meningkatkan Kesadaran Menabung!

Mengajarkan seorang anak untuk menabung bisa memberikan manfaat jangka panjang, seperti tidak mudah boros, dan anak menjadi tahu, bahwa, untuk mendapatkan sejumlah uang tidaklah mudah. Untuk itu, biasanya orang tua mulai mengajarkan anak mereka dengan membuka tabungan khusus anak mereka. Lalu, bagaimana tips memilih tabungan untuk anak di bawah umur ya?

Jumlah Setoran

Tabungan

Sumber : Youtube.com

Sebelum, Rekan Bijak memutuskan salah satu perbankan untuk tempat menabung uang yang dimiliki anak Rekan Bijak. Sebaiknya, Rekan Bijak mencari informasi terlebih dahulu mengenai jumlah setoran awal yang harus dikeluarkan untuk membuka simpanan di Bank, karena, setiap perbankan menentukan jumlah setoran awal yang berbeda.

Selain itu, Rekan Bijak juga harus memperhatikan mengenai limit setoran pada simpanan khusus anak. Hal ini perlu diperhatikan oleh Rekan Bijak, supaya saat Rekan Bijak ingin menyetor uang ke tabungan anak Rekan Bijak, tidak melebihi limit atau ketentuan yang telah berlaku bagi perbankan itu sendiri.

Minimal Saldo

Tabungan

Sumber : sepulsa.com

Tips selanjutnya yaitu Rekan Bijak harus mencari informasi mengenai minimal saldo di rekening tabungan anak Rekan Bijak dengan nominal berapa. Hal ini tentu sangat perlu Rekan Bijak ketahu, serta ingat, supaya saat saldo di rekening anak Rekan Bijak mendekati minimal saldo, maka, Rekan Bijak langsung menyetor sejumlah uang ke rekening anak.

Terkadang, beberapa orang tidak mengetahui minimal saldo yang sudah ditentukan, sehingga saat saldo di rekening mencapai minimalnya, maka rekening tersebut dapat di blokir atau di tutup secara otomatis, dan membuat Rekan Bijak ribet, karena, harus mengurus kembali simpanan Rekan Bijak dari awal.

Baca Juga : 6 Macam Kebiasaan untuk Meningkatkan Saldo Tabungan

Persyaratan Pengajuan

Tabungan

Sumber : bank-bri-bca-mandiri.info

Selanjutnya, tips yang harus Rekan Bijak ketahui yaitu persyaratan pengajuan. Mengetahui persyaratan pengajuan perlu Rekan Bijak ketahui, agar Rekan Bijak tidak melakukan secara dua kali atau bolak-balik ke Bank hanya untuk memenuhi persyaratan yang kurang.

Biasanya, persyaratan untuk membuka simpanan khusus anak, hal yang perlu Rekan Bijak siapkan dari rumah yaitu Kartu Keluarga (KK), KTP orang tua yaitu antara KTP pasangan atau KTP yang dimiliki Rekan Bijak, akte kelahiran anak Rekan Bijak, dan sejumlah uang untuk melakukan setoran awal. Setelah membawa beberapa dokumen yang diperlukan, barulah Rekan Bijak bisa mengajukan untuk membuka tabungan khusus anak.

Bunga Tabungan

Tabungan

Sumber : aturduit.com

Kelebihan menabung di Bank yaitu Rekan Bijak bisa mendapatkan suku bunga yang akan menguntungkan Rekan Bijak dan juga anak. Carilah Bank yang menentukan bunga yang kompetitif, supaya anak Rekan Bijak bisa mendapatkan keuntungan, dan dapat membantu anak Rekan Bijak untuk semangat menabung.

Hubungan antara suku bunga tinggi, dengan semangat anak untuk menabung yaitu anak Rekan Bijak akan senang menabung, jika ia akan mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda. Untuk itu, carilah Bank yang menentukan bunga tinggi.

Baca Juga : Mengenali 7 Jenis Tabungan di Indonesia agar Tidak Salah Pilih

Dapat Kartu ATM

Tabungan

Sumber : republika.co.id

Tips yang selanjutnya yaitu mencari perbankan yang akan memberikan kartu ATM, jika Rekan Bijak membuka simpanan khusus anak. Tidak bisa dipungkiri, bahwa, ada beberapa perbankan yang tidak memberikan kartu ATM, dengan alasan, bahwa, anak-anak masih belum membutuhkan kartu ATM, dan akan membuat anak menjadi pribadi yang boros.

Padahal, kenyataannya dengan memberikan kartu ATM kepada anak, akan membuat anak menjadi bangga, bangga karena bisa membuktikan kepada teman, atau kerabat, bahwa anak Rekan Bijak bisa menabung sejumlah uang yang dimilikinya.

Baca Juga : 5 Produk Bank Paling Diminati di Indonesia

Biaya Lainnya

Tabungan

Sumber : Jurnal.id

Selanjutnya, Rekan Bijak harus mengetahui biaya-biaya lain yang akan dikenakan, ketika memutuskan untuk membuka simpanan khusus anak. Dengan mengetahui biaya-biaya lain, maka, akan membantu Rekan Bijak mengetahui kemana saja uang simpanan anak Rekan Bijak perginya, dan tidak mudah di tipu oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Biaya lain yang biasanya ada yaitu biaya admin. Dan, dengan mengetahui arus uang yang ada di rekening anak, maka, Rekan Bijak dapat mengantisipasi berbagai macam kendala, atau bencana yang akan terjadi pada tabungan anak Rekan Bijak.

Baca Juga : 5 Perbedaan Tabungan Syariah dan Konvensional

Poin Rewards

Tabungan

Sumber : kamparkab.go.id

Tips terakhir yang harus Rekan Bijak ketahui yaitu ada atau tidak poin rewards pada tabungan anak Rekan Bijak. Dengan adanya sistem poin rewards, maka, akan membantu Rekan Bijak untuk mengajak anak menabung lebih sering, dan banyak, karena, dengan begitu, maka, anak Rekan Bijak bisa mendapatkan poin rewards yang dapat digunakan untuk keuntungan anak Rekan Bijak. Oleh karena itu, sebaiknya, Rekan Bijak mencari perbankan yang memberikan sistem poin rewards, agar, anak Rekan Bijak lebih semangat untuk menabung sebanyak, dan sesering mungkin.

Baca Juga : Yuk, Ajarkan 7 Hal Ini Pada Anak agar Mempunyai Simpanan Uang!

Nah, Rekan Bijak, sudah tahu kan tips-tips memilih tabungan untuk anak yang masih di bawah umur? Jika belum, Rekan Bijak dapat membaca kembali artikel di atas ya!

Tabungan

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: