6 Kiat Mempersiapkan Liburan Akhir Tahun yang Akan Segera Tiba

Menjelang akhir tahun, biasanya kita akan bersiap pergi berlibur bersama keluarga atau teman-teman. Walaupun masih akhir tahun, namun banyak persiapan yang harus kita lakukan dengan matang, agar vakansi kita terlaksana dengan aman dan nyaman. Simak artikel dibawah ini, yang akan memberikan tips untuk mempersiapkan liburan akhir tahun.

6 Kiat Mempersiapkan Liburan Akhir Tahun yang Akan Segera Tiba

6 Kiat Mempersiapkan Liburan Akhir Tahun yang Akan Segera Tiba

Setelah penatnya satu tahun bekerja akhirnya kita bisa melepas stress di liburan akhir tahun. Biasanya menjelang akhir tahun dalam rangka  menyambut hari Natal dan Tahun Baru kita akan berkumpul bersama keluarga dan orang-orang terkasih. Tidak jarang banyak orang yang sudah merencanakan liburan akhir tahun di jauh-jauh hari, karena liburan akhir tahun adalah hal yang spesial bagi kita semua. Dimana kita bisa bersenang-senang dan berkumpul bersama orang terdekat kita.

Persiapkan Sejak Awal

Liburan Akhir Tahun

www.whatsuplife.in

Persiapkan rencana liburan kita dari jauh-jauh hari. Pasalnya ada banyak yang harus kita siapkan secara matang dan tidak bisa mendadak, mulai dari destinasi wisata, waktu keberangkatan, transportasi yang digunakan, hingga barang bawaan yang akan dibawa. Apalagi natal dan tahun baru adalah waktu dimana banyak orang juga sedang berlibur. Selain itu sejumlah akomodasi dan transportasi juga mengalami kenaikan harga yang luar biasa. Dengan melakukan perencanaan dan persiapan dari sekarang, kita bisa menyiapkan budget sesuai dengan kebutuhan. Lama waktu vakansi juga harus dipertimbangkan karena akan mempengaruhi besar budget yang harus dipersiapkan.

 

Memilih Destinasi Wisata

Liburan Akhir Tahun

www.homeaway.co.uk

Biar liburan kita makin seru, pilihlah destinasi wisata yang belum pernah dikunjungi. Namun jangan lupa untuk melakukan survei dan mencari informasi terlebih dahulu, sebagai pengenalan awal dan langkah untuk mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan selama di sana. Berkunjung ke tempat wisata yang sudah pernah dikunjungi juga tidak masalah. Penentuan destinasi wisata ini tak hanya untuk mempersiapkan apa yang akan kita lakukan selama di sana namun juga untuk melihat biaya lain-lainnya, seperti VISA, jika kita hendak berwisata ke luar negeri. Karena kerap kali wisatawan lupa menuliskan biaya VISA dalam perencanaan liburan.

 

Membuat Tabungan Liburan

Liburan Akhir Tahun

lifebetweenus.com/

Setelah tempat wisata ditentukan, carilah informasi mengenai tempat tersebut. Misalnya, bagaimana cara menuju ke tempat wisata, penginapan, hingga biaya makan dan minum di tempat tersebut. Membuat tabungan liburan sejak jauh hari dapat memberikan kita waktu untuk mengumpulkan uang. Makin banyak uang yang terkumpul, kita semakin bebas melakukan hal-hal yang diinginkan waktu berwisata.

 

Menentukan Akomodasi dan Transportasi

Liburan Akhir Tahun

www.hotelmanagement.net

Jika sudah memutuskan akan berkunjung kemana, segera lakukan booking transportasi untuk menuju ke sana. Dengan booking jauh-jauh hari, kesempatan kita untuk mendapatkan harga promo akan semakin besar. Lumayan untuk menekan budget liburan. Hal yang sama juga berlaku kala kita memesan hotel. Meski harga kamar bisa meningkat tajam, namun kita juga berkesempatan mendapatkan harga khusus dengan booking jauh-jauh hari. Pemesanan jauh sebelum waktu liburan juga bisa menghindarkan kita kehabisan tiket pesawat maupun kamar yang penuh. Namun poin yang terpenting dalam memilih moda tranportasi dan akomodasi adalah kenyamanan. Meski penting untuk berhemat namun jika tidak membuat kita nyaman, buat apa. Karena kenyamanan adalah harga tertinggi untuk menciptakan liburan yang menyenangkan.

 

Pertimbangkan Asuransi Kesehatan

Liburan Akhir Tahun

www.telegraph.co.uk

Seringkali wisatawan menyepelekan asuransi perjalanan. Padahal sejumlah maskapai penerbangan telah memasukan hal ini sebagai opsi. Banyak manfaat yang bisa didapatkan jika mengikuti asuransi perjalanan. Mulai dari pembiayaan kala terkena kecelakaan, biaya pengobatan darurat, pemulangan jenazah, manfaat perawatan anak dan kunjungan duka, dan juga Evakuasi medis. Kita memang tidak mengingankan ada hal buruk yang terjadi, namun bukan berarti tidak mempersiapkan diri juga. Selain itu, asuransi perjalanan juga bisa meng-cover kehilangan dan kerusakan bagasi maupun perlindungan terhadap beberapa kasus selama liburan, seperti pesawat delay dan yang lainnya. Lagi pula untuk pengurusan asuransi juga tidak lama, hanya 1-2 hari. Karenanya jangan disepelakan lagi ya, Rekan 🙂

 

Menjaga Kesehatan Selama Liburan

Selama vakansi kita juga tetap harus menjaga kesehatan dengan tetap mengkonsumsi makanan yang bergizi, minum air putih lebih banyak, dan juga istirahat yang cukup. Tidak mau dong rencana jalan-jalan jadi gagal gara-gara kesehatan terganggu. Dan yang tak kalah penting selama berwisata adalah menjaga diri. Usahakan untuk tidak mengenakan perhiasan yang mencolok. Jaga juga dompet dan semua kartu dan surat-surat penting kita. Berhemat juga menjadi poin penting agar tidak kehabisan budget selama berwisata.

 

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: