8 Tips Dalam Mencegah Kebangkrutan untuk Entrepreneur Muda

Menjadi seorang entrepreneur bukanlah suatu hal yang bisa dikatakan mudah. Menjadi seorang entrepreneur berarti harus berani dalam menjalani segala risiko yang ada. Dan apalagi jika menjadi seorang entrepreneur muda, yang bisa dikatakan lebih minim pengalaman. Dan jika minim pengalaman, akan membuat sulit bisnis sehingga lebih mudah mengalami kebangkrutan. Tetapi, ada beberapa tips yang bisa dipakai agar tidak mengalami kebangkrutan bagi entrepreneur muda.

8 Tips Dalam Mencegah Kebangkrutan untuk Entrepreneur Muda

8 Tips Dalam Mencegah Kebangkrutan untuk Entrepreneur Muda

Entrepreneur muda zaman sekarang sedang digembor-gemborkan, apalagi dengan startup nya. Mengapa? Karena orang-orang muda adalah yang melanjutkan kehidupan di Bumi, dan oleh karena itu, butuh orang-orang muda dengan sifat pemimpin yang dapat membuat dunia menjadi lebih baik, dan orang-orang muda dengan sifat pemimpin pun dapat ditemukan di banyak profesi, salah satunya adalah menjadi entrepreneur.

Entrepreneur muda identik dengan sesuatu yang dinamakan sebagai perusahaan startup, dan sekarang pun pengusaha-pengusaha ini sedang berlomba-lomba untuk saling bersaing untuk mempunyai perusahaan startup yang bisa jadi paling besar, ditambah lagi mereka ingin mempunyai nama brand yang lebih besar.

Hal ini sudah biasa terjadi di antara  perusahaan-perusahaan, dan seringkali terjadi di perusahaan-perusahaan yang satu tipe penjualan. Karena adanya kompetisi antar perusahaan ini, tak jarang perusahaan-perusahaan yang bangkrut karena persaingan, baik perusahaan yang sudah lama berkecimpung di dunia bisnis, maupun perusahaan-perusahaan startup.

Lalu, apa yang dapat dilakukan Entrepreneur muda dalam langkah agar menghindari kebangkrutan? Simak 8 tips berikut dalam menghindari kebangkrutan, jika kamu ingin atau sudah menjadi entrepreneur muda!

Mental

Entrepreneur Muda

Sumber : 4muda.com

Mental dari seorang entrepreneur muda akan diuji ketika ia memulai dari bisnisnya, dan mentalnya jika sudah kuat, pastinya akan berlanjut terus hingga ke pertengahan bisnis. Dalam hal memulai bisnis, mempunyai sebuah mental yang kuat adalah hal yang paling penting dan utama, karena tanpa adanya mental yang kuat, bisnis pun mungkin saja tak akan jalan.

Oleh karena itu, jika ingin memulai sesuatu bisnis, usahakan dirimu sebagai entrepreneur muda sadar akan kapasitas dirimu dan mentalmu! Karena dalam bisnis, mental sangatlah penting dan pasti akan diuji.

Inovasi

Entrepreneur Muda

Sumber : Medan.tribunnews.com

Sebagai seorang entrepreneur muda yang mempunyai segudang ide, kamu harus pastikan bahwa kamu mempunyai inovasi-inovasi yang membuat produk kamu tidak ketinggalan zaman. Pastikan sebagai seorang entrepreneur, kamu harus mempunyai inovasi-inovasi yang tidak kalah menarik dengan inovasi-inovasi yang ada di bisnis saingan kamu!

Dengan adanya inovasi, bisnis kamu juga akan mulai dilirik oleh masyarakat  karena inovasi-inovasi yang mungkin saja tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Apalagi jika kamu masih muda, yang identik dengan kreativitas dan keunikan-keunikan yang ada.

Membangun Hubungan yang Baik dengan yang Lain

Entrepreneur Sukses

Sumber : Harian.analisadaily.com

Membangun hubungan yang baik dengan yang lain bukan berarti kamu, sebagai pebisnis muda, hanya membangun hubungan dengan sesama rekan pebisnis atau pun sesama pekerja, namun kamu juga harus membangun suatu relasi yang kuat dengan para konsumen, para kerabat, dan lain-lain agar mereka tetap bisa terus percaya kepada bisnismu dan mungkin saja diceritakan ke orang lain tentang betapa baiknya bisnismu!

Membangun suatu relasi yang baik dengan para pebisnis juga sangat diperlukan, khususnya bisnis yang memang berhubungan dengan bisnismu. Misalkan, kamu berjualan baju, tentunya kamu akan berhubungan baik dengan pebisnis kain, dengan kepentingan agar mungkin saja harga kain tersebut dimurahkan, dan lain-lain.

Membaca

Entrepreneur Muda

Sumber : Klikdokter.com

Dalam konteks membaca, kamu sebagai entrepreneur muda memang sangat diperlukan untuk membaca buku, dalam hal apapun. Jika kamu sedang stres, kamu dapat membaca buku komik. Dalam mencari inspirasi, kamu dapat membaca buku tentang produk-produk berhubungan dengan bisnismu. Dalam mempelajari kesalahan-kesalahan pebisnis-pebisnis yang ada, kamu dapat membaca buku-buku milik pebisnis terkenal seperti Bill Gates atau Robert Kiyosaki, atau dari pakar-pakar ekonomi terkenal Seperti Sri Mulyani atau John Kenneth Galbraith.

Membaca juga penting dalam membuat banyak strategi dalam menghadapi pebisnis-pebisnis lainnya. Salah satu buku yang terkenal dalam menghadapi kompetisi dalam perdagangan adalah The Art of War karya Sun Tzu. Dalam buku ini, dijelaskan bagaimana filosofi dalam berperang, baik dalam hal politik, militer, ekonomi, dan lain-lain.

Mempunyai Visi, Misi, Strategi, dan Taktik Bisnis

Entrepreneur Muda

Sumber : JPstream.net

Mempunyai kejelasan visi, misi, strategi dan taktik dalam bisnis kamu akan sangat berpengaruh besar ke depannya. Kamu pastinya harus mempunyai sebuah visi yang jelas, dan ketika kamu mempunyai visi yang jelas, kamu akan menentukan misi yang lebih jelas, dan untuk ke depannya kamu jadi tau bisnis kamu akan “berlari” ke arah mana.

Lalu ketika kamu sudah mempunyai visi dan misi, kamu sebagai entrepreneur muda yang mempunyai potensi, harus membuat sebuah strategi dalam membuat bisnis kamu berkembang. Strategi pastinya akan berjalan sesuai dengan visi dan misi yang ada. Dengan adanya strategi, akan lebih mudah untuk maju. Lalu, untuk yang terakhir, kamu harus membuat suatu taktik dalam menjalankan bisnis kamu, agar bisnis kamu dapat terus melaju.

Konsisten, Fokus dan Kerja Keras

Entrepreneur Muda

Sumber : Dissolve.com

Konsistensi sangatlah penting dalam suatu bisnis. Mengapa? Karena dengan adanya konsistensi, pastinya para konsumen atau pun orang-orang yang punya hubungan dengan bisnis kamu akan senang dengan produk yang kamu tawarkan. Ingat, konsistensi itu kunci untuk semua pengusaha, termasuk pengusaha muda.

Kamu sebagai entrepreneur juga harus fokus dalam berbisnis dan tidak mudah berbelok tujuan. Fokus ini nantinya akan menjadi bekal dalam kamu meraih keuntungan dan membangun bisnis kamu. Kamu juga harus bekerja keras dalam membuat bisnis kamu berkembang, karena memang, tak ada uang atau harta yang jatuh dari langit dan seketika membuat kamu langsung sukses.

Buat Evaluasi

Entrepreneur muda

Sumber : Shutterstock.com

Jika kamu tidak melakukan sesuatu yang dinamakan evaluasi, maka kamu melakukan kesalahan yang sangat besar. Evaluasi digunakan untuk mengetahui kesalahan-kesalahan apa saja yang telah dilakukan, dan apa saja yang dapat dimaksimalkan agar mencapai penjualan yang diinginkan, dan kesalahan-kesalahan yang ada dapat diminimalisasi.

Evaluasi pun dapat dilakukan di setiap akhir hari, akhir minggu, akhir bulan atau bahkan akhir tahun. Evaluasi, sekali lagi, sangat penting untuk keberlanjutan bisnismu, karena evaluasi akan membuka kesalahan-kesalahanmu dan akan menemukan solusi-solusi yang tepat untuk bisnismu.

Buat Alternatif

Entrepreneur Muda

Jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, kamu harus mempunyai pemikiran beberapa langkah ke depan, sehingga kamu dapat mengantisipasi hal paling buruk sekalipun. Kamu harus mempunyai sebuah solusi dalam sebuah solusi. Bahkan kamu harus menciptakan banyak alternatif dalam menanggulangi kesalahan.

Solusi-solusi tersebut seperti misalkan kamu ada kemungkinan kamu membeli barang-barang dengan harga yang cukup mahal, kamu harus coba menekan harga dengan membeli barang-barang dengan harga yang lebih murah, sehingga ada kemungkinan kamu mendapatkan untung lebih banyak, sehingga ketika sepi, kamu dapat menambalnya dengan keuntunganmu.

Nah, begitulah Rekan Bijak. Jika kamu memang ingin menjadi seorang entrepreneur muda, kamu sangat tepat untuk mengikuti tips dan saran-saran ini agar kamu bisa menghindari segala sesuatu yang tidak diinginkan dalam bisnis, termasuk kebangkrutan atau mungkin lebih buruknya lagi, utang-utang yang tidak dapat terbayarkan.

Nah, bagaimana Rekan Bijak? Jika kamu tidak mempunyai modal yang mencukupi, kamu bisa meminjam ke wadah kredit online seperti Danabijak, yang bersifat jangka pendek dan bunganya kecil loh, ditambah lagi tidak perlu banyak dokumen! Tunggu apa lagi?

Entrepreneur muda

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: