7 Tips Mengatur Keuangan untuk Pasangan yang Ingin Menikah

Dalam kehidupan manusia, manusia tidak bisa hidup sendiri, manusia saling membutuhkan satu dengan yang lain. Selain membutuhkan manusia lainnya, seorang manusia juga membutuhkan makhluk hidup lain yang berguna untuk bertahan hidup. Untuk itu, setiap manusia pasti tidak bisa hidup dengan sendiri saja.

7 Tips Mengatur Keuangan untuk Pasangan yang Ingin Menikah

7 Tips Mengatur Keuangan untuk Pasangan yang Ingin Menikah

Manusia terdiri menjadi dua yaitu laki-laki dan perempuan. Supaya populasi manusia tidak berkurang, manusia membutuhkan pasangan yang terdiri dari laki-laki dan perempuan. Sepasang manusia yang sudah memantabkan diri akan menikah. Tujuan sepasang manusia menikah-pun beragam, ada yang memiliki tujuan untuk ibadah, dan masih banyak tujuan lainnya.

Sebelum sepasang manusia memutuskan untuk menikah, ada berbagai macam hal yang harus dipersiapkan dengan sangat matang, salah satunya yaitu mengatur keuangan. Bagi beberapa pasangan yang ingin nikah, mengatur keuangan merupakan hal yang sulit dilakukan. Lalu, bagaimana tips mengatur keuangan untuk pasangan yang ingin menikah.

Baca Juga : 7 Kebiasaan Ini Bikin Kamu Disiplin Mengatur Keuangan

Ketahui dan Pahami Kondisi Keuangan

Menikah

Sumber : Liputan6.com

Tips atau cara yang pertama untuk mengatur keuangan jika Rekan Bijak ingin nikah yaitu mengetahui dan memahami kondisi keuangan antara Rekan Bijak dengan pasangan. Tidak bisa dipungkiri, ketika ingin nikah, sepasang kekasih ingin mengadakan suatu perayaan yang akan mengundang kerabat, atau orang-orang yang dikenal, karena, nikah merupakan kegiatan yang hanya dilakukan sekali seumur hidup.

Akan tetapi, Rekan Bijak harus ingat mengenai kondisi keuangan yang dimiliki Rekan Bijak dengan pasangan. Jangan memaksakan untuk menggelar pernikahan yang megah, tetapi kondisi keuangan Rekan Bijak dan pasangan tidak memungkinkan. Untuk itu, sebaiknya, Rekan Bijak dan pasangan mengetahui serta memahami kondisi keuangan, dan membuat pesta pernikahan sesuai dengan kondisi keuangan yang dimiliki.

Baca Juga : 7 Tips Cerdas Mengatur Keuangan bagi Ibu Rumah Tangga!

Membuat Alokasi Dana

Menikah

Sumber : kumparan.com

Rekan Bijak tetap ingin mengadakan acara pernikahan yang megah? nah, Rekan Bijak dapat membuat alokasi dana bersama pasangan. Tujuan membuat alokasi dana ini yaitu agar membantu Rekan Bijak memilah hal-hal yang penting dan tidak penting untuk keperluan pernikahan.

Mulailah dengan membuat daftar penghasilan Rekan Bijak dengan pasangan, kemudian, membuat daftar pengeluaran Rekan Bijak dengan pasangan. Setelah membuat daftar penghasilan serta pengeluaran, Rekan Bijak bisa membuat tabungan khusus untuk menyimpan uang yang akan digunakan sebagai tempat menabung bersama dengan pasangan.

Baca : 7 Macam Alokasi Dana yang Perlu Ada dalam Pengeluaran

Batasi Pengeluaran 

Menikah

Sumber : Tribunnews.com

Setelah menetapkan alokasi dana, selanjutnya Rekan Bijak harus membatasi pengeluaran dengan tidak terlalu sering melakukan kencan dengan pasangan yang akan membuat pengeluaran semakin banyak. Membatasi pengeluaran memang perlu, tapi bukan berarti Rekan Bijak tidak boleh kencan dengan pasangan. Rekan Bijak dapat melakukan kencan dengan pasangan di rumah bersama keluarga. Kencan di rumah, selain bisa menghemat pengeluaran, Rekan Bijak dengan pasangan bisa lebih dekat dengan keluarga besar.

Menetapkan Besaran Pengeluaran

Menikah

Sumber : hipwee.com

Tips selanjutnya yaitu dengan menetapkan besaran pengeluaran. Jika, Rekan Bijak merasa bosan melakukan kecan di rumah saja bersama pasangan. Sebaiknya, sebelum memutuskan untuk kencan diluar, buatlah besaran uang yang perlu dikeluarkan. Menetapkan besaran pengeluaran, selain bisa digunakan untuk kencan bersama pasangan, menetapkan besaran pengeluaran bisa digunakan untuk membeli rumah, membeli kendaraan pribadi, dan liburan bersama pasangan untuk bulan madu.

Menetapkan besaran pengeluaran mulai dari uang makan, belanja kebutuhan sehari-hari, dan masih banyak lagi. Menetapkan besaran pengeluaran berugana untuk memonitor seberapa banyak pengeluaran setiap bulannya, dan bisa di manfaatkan, serta bisa menekan pengeluaran.

Baca Juga : 5 Aplikasi Keuangan untuk Membantu Mengatur Keuangan Sehari-hari

Persiapkan Dana Darurat

Menikah

Sumber : getrichslowly.org

Selanjutnya yang bisa Rekan Bijak lakukan yaitu dengan mempersiapkan dana tambahan. Tidak bisa dipungkiri, bahwa keadaan finansial di setiap negara bisa berubah-ubah, terkadang berubah setiap tahunnya, bahkan bisa berubah beberapa bulan sekali. Untuk itu, Rekan Bijak harus mempersiapkan dana darurat yang berguna untuk membayar kebutuhan mendadak atau kebutuhan yang tiba-tiba mengalami kenaikan harga, sehingga Rekan Bijak dengan pasangan bisa membuat pernikahan sesuai dengan rencana.

Baca Juga : Ini Dia Cara Tepat Untuk Menyiapkan Dana Darurat!

Memiliki Asuransi

Menikah

Sumber : finansialku.com

Cara selanjutnya yaitu dengan membuat asuransi. Tidak bisa dipungkiri, bahwa kita tidak pernah bisa tahu keadaan masa depan, untuk menghindari berbagai macam hal yang tidak diinginkan, maka, Rekan Bijak dengan pasangan bisa membuat asuransi. Buatlah asuransi sesuai dengan kebutuhan Rekan Bijak dengan pasangan yang akan membantu keperluan untuk mempersiapkan pernikahan.

Baca Juga : 4 Asuransi Wajib Punya Bagi Kamu yang Masih Muda!

Investasi untuk Masa Depan

Menikah

Sumber : KreditGoGo.com

Tips yang terakhir yaitu melakukan investasi yang berguna untuk masa depan. Melakukan berbagai macam kegiatan untuk menekan pengeluaran tidak akan cukup jika penghasilan tidak bertambah. Untuk mendapatkan tambahan penghasilan, Rekan Bijak dapat melakukan investasi bersama pasangan. Ada banyak investasi yang bisa Rekan Bijak lakukan untuk masa depan bersama pasangan, seperti investasi emas.

Baca Juga : Ini 6 Investasi Terbaik yang Bisa Dilakukan pada Tahun 2019!

Nah, Rekan Bijak, sudah tahu beberapa tips mengatur keuangan untuk pasangan yang ingin menikah? Jika belum, Rekan bisa membaca kembali artikel di atas ya!

Pasangan

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: