7 Cara Jitu Mengelola Keuangan dari Gaji Bulanan

Tujuan seseorang bekerja biasanya yaitu untuk mendapatkan penghasilan berupa uang. Untuk itu, setelah bekerja, seseorang akan mendapatkan penghasilan atau biasa disebut dengan gaji. Gaji akan didapatkan oleh seseorang setiap bulannya, gaji yang didapatkan seseorang bervariasi.

7 Cara Jitu Mengelola Keuangan dari Gaji Bulanan

7 Cara Jitu Mengelola Keuangan dari Gaji Bulanan

Sebelum seseorang mendapatkan gaji, seseorang harus bekerja terlebih dahulu, selama sebulan seseorang bekerja, barulah ia bisa mendapatkan penghasilan tersebut. Mendapatkan penghasilan setelah sebulan bekerja merupakan hal yang menyenangkan, tapi, dengan mendapatkan penghasilan terkadang dapat membuat seseorang lapar mata, dan dengan lapar mata, uang dari penghasilan yang telah seseorang kumpulkan dengan susah payah, akan habis dengan cepat. Untuk itu, setelah mendapatkan penghasilan, Rekan Bijak harus pintar dalam mengelola keuangan yang dihasilkan dari gaji bulanan. Lalu, bagaimana ya cara mengelola keuangan dari gaji bulanan?

Menabung di Awal

Gaji

Sumber ; gunungrizki.com

Agar penghasilan Rekan Bijak tidak mudah habis, sebaiknya, Rekan Bijak menabungkan uang di awal. Maksud dari menabung uang di awal yaitu dengan menabungkan uang dari penghasilan Rekan Bijak, diawal setelah Rekan Bijak mendapatkan penghasilan bulanan. Dengan menabungkan uang dari penghasilan, akan menghindarkan Rekan Bijak dari berbagai keinginan yang timbul. Menabungkan uang dari penghasilan diawal, dapat membantu Rekan Bijak menjadi lebih hemat, serta dapat membuat Rekan Bijak tetap hidup dengan tenang selama sebulan kedepan.

Membuat Anggaran dengan Prinsip 10-20-30-40

Gaji

Sumber : bmunusantara.com

Membuat anggaran dengan prinsip 10-20-30-40 yang dimaksud yaitu cara mengalokasikan uang yang didapatkan oleh Rekan Bijak dari penghasilan. Angka 10 itu adalah 10% untuk kebaikan, Rekan Bijak mengalokasikan uang sebesar 10% untuk kebaikan, kebaikan yang dimaksud adalah donasi untuk berbagai kebaikan, seperti untuk membangun tempat ibadah. Angka 20 itu adalah mengalokasikan uang sebesar 20% untuk masa depan, tidak bisa dipungkiri, hidup seseorang tidak hanya masa sekarang, melainkan, masa depan juga.

Untuk itu, sisihkan sebesar 20% uang yang Rekan Bijak punya dari gaji bulanan yang akan digunakan untuk keperluan masa depan atau masa yang akan datang. Kemudian, angka 30 itu adalah alokasikan uang sebesar 30% yang digunakan untuk membayar cicilan, cicilan tersebut bisa berupa cicilan rumah, cicilan motor, atau membayar cicilan tagihan. Dan, angka 40 adalah angka yang dapat Rekan Bijak gunakan untuk mengalokasikan uang sebesar 40% untuk segala kebutuhan, seperti membeli makan.

Bayar Tagihan Secepatnya

Gaji

Sumber : celestaire.com

Sebelum uang yang Rekan Bijak habis terpakai, sebaiknya, Rekan Bijak segera membayarkan berbagai tagihan yang telah Rekan Bijak punya. Dengan membayar tagihan dengan cepat, setelah Rekan Bijak mendapatkan penghasilan, maka, dapat membuat Rekan Bijak menjadi tenang dan lega, karena, tidak perlu takut ditagih oleh perusahaan tempat Rekan Bijak membeli atau meminjam sesuatu. Dan, jika Rekan Bijak telah membayar tagihan dengan cepat, Rekan Bijak dapat menggunakan uang dari penghasilan untuk kepentingan yang lain.

Buat Rekening Khusus

Gaji

Sumber : banksentral.com

Hal yang menyebabkan uang dari penghasilan cepat habis yaitu hanya memiliki satu rekening yang digunakan untuk berbagai macam keperluan. Supaya, Rekan Bijak bisa mengelola keuangan dari pengahasilan dengan baik, Rekan Bijak buatlah rekening khusus sesuai dengan tujuannya, seperti membuat rekening khusus untuk liburan.

Dengan memisahkan uang diberbagai rekening, dapat membantu Rekan Bijak dalam menghemat uang, karena, Rekan Bijak tidak lagi melihat nominal angka yang besar dalam rekening yang digunakan untuk menerima penghasilan bulanan. Dan, dengan adanya rekening khusus, Rekan Bijak tidak perlu khawatir jika uang untuk liburan terpakai untuk membayar keperluan lainnya.

Bawa Uang Secukupnya

Gaji

Sumber : liputan6.com

Selanjutnya, untuk mengelola gaji bulanan, Rekan Bijak dapat melakukan cara dengan membawa uang secukupnya. Saat, Rekan Bijak membuat daftar anggaran, pasti Rekan Bijak sudah tahu seberapa banyak uang yang harus dibawa Rekan Bijak dalam sehari, setelah itu, Rekan Bijak dapat membawa uang secukupnya aja, sesuai dengan hitungan yang telah Rekan Bijak buat di daftar anggaran. Jika, Rekan Bijak takut ada keperluan mendesak untuk membayar sesuatu, Rekan Bijak cukup membawa uang sebesar Rp50.000 atau Rp100.000 yang berguna untuk membayar keperluan mendesak Rekan Bijak.

Bijak Gunakan Kartu Kredit

Gaji

Sumber : banksinarmas.com

Mengelola keuangan dari gaji bulanan dengan baik yaitu dengan menggunakan kartu kredit secara bijak. Tidak bisa dipungkiri, bahwa kartu kredit memiliki berbagai macam kemudahan, promosi yang membuat Rekan Bijak ingin terus menggunakannya.

Tapi, Rekan Bijak harus tetap ingat, bahwa, senang menggunakan kartu kredit hanya kesenangan diawal saja, karena, pada akhirnya Rekan Bijak harus membayar tagihan tersebut. Untuk itu, bijaklah dalam menggunakan kartu kredit, agar Rekan Bijak tidak memiliki tagihan yang banyak dan dapat menggunakan uang dari penghasilan dengan baik.

Investasi

Gaji

Sumber : economy.okezone.com

Dan, yang terakhir untuk membantu Rekan Bijak dalam mengelola keuangan dari gaji bulanan yaitu dengan melakukan investasi. Tidak bisa dipungkiri, terkadang uang gajian Rekan Bijak bisa habis di minggu kedua setelah Rekan Bijak mendapatkan penghasilan. Untuk membantu Rekan Bijak dalam mengatasinya, Rekan Bijak dapat melakukan kegiatan berinvestasi. Rekan Bijak dapat memilih investasi yang sesuai dengan keperluan Rekan Bijak.

Nah, Rekan Bijak, sudah tahu kan cara jitu mengelola keuangan dari gaji bulanan? Jika belum, Rekan Bijak dapat membaca kembali artikel diatas ya!

Gaji

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: