Yuk, Belajar 5 Tes Bahasa Asing yang Memiliki Berbagai Manfaat

Lagi-lagi belajar bahasa asing merupakan sesuatu hal yang menarik, dengan belajar bahasa asing maka akan menambah pengetahuan kita serta dapat menghindari gejala demensia. Belajar bahasa asing juga dapat membuat kita menambah teman dari berbagai negara di Dunia dan masih banyak manfaat yang dapat dirasakan ketika belajar bahasa asing.

Yuk, Belajar 5 Tes Bahasa Asing yang Memiliki Berbagai Manfaat

Yuk, Belajar 5 Tes Bahasa Asing yang Memiliki Berbagai Manfaat

Bahasa di Dunia sangatlah beragam, setiap negara memiliki bahasa tersendiri yang menjadi bahasa pengantar sehari-hari dan menjadi ciri khas dari negara itu sendiri. Setelah belajar bahasa asing, maka sebaiknya Rekan Bijak menguji kemampuan belajar dengan tes bahasa asing yang telah dipelajari.

Ada satu bahasa asing yang memiliki berbagai tes atau ujiannya yaitu bahasa inggris, yaitu TOEFL, IELTS dan TOEIC. Namun, selain tes bahasa asing dari bahasa inggris, ada juga beberapa tes bahasa asing yang harus Rekan Bijak ketahui. Lalu, apa saja ya tes bahasa asing tersebut?

DELF (Diplôme d’études en langue français)

Tes Bahasa Asing

Sumber : popbela.com

DELF atau Diplôme d’études en langue français adalah tes bahasa asing yang menguji kemampuan dalam bahasa Perancis, seperti yang Rekan Bijak tahu bahwa orang perancis sendiri tidak mau belajar bahasa lain selain bahasa yang mereka gunakan, hanya beberapa orang Perancis yang mempelajari bahasa asing atau bahasa selain bahasa Perancis.

Untuk itu jika Rekan Bijak ingin berwisata, melanjutkan studi, atau bekerja di negara Perancis, maka Rekan Bijak harus terlebih dahulu belajar bahasa Perancis dan melakukan Diplôme d’études en langue français. Tes yang akan diuji di DELF yaitu listeningwriting, reading, speaking yang memiliki enam level yaitu A1-A2, B1-B2, dan C1-C2.

TestDaF

Tes Bahasa Asing

Sumber : blog.galedu.com

Jerman dikenal sebagai negara yang mengutaman pendidikan, di negara ini juga, pemerintah memberikan banyak beasiswa terhadap orang-orang yang ingin belajar, baik orang asli negara Jerman hingga orang dari negara lain. Untuk dapat menempuh pendidikan di negara ini atau bahkan mendapatkan pekerjaan di negara ini, maka harus terlebih dahulu mengikuti TestDaF.

TestDaF adalah ujian atau tes untuk menguji kemampuan dasar dalam bahasa Jerman atau biasa disebut dengan B2, tes ini lebih diutamakan untuk semua orang dari negara lain yang ingin melanjutkan studi di negara Jerman. Dan tes ini sangat diwajib karena dalam belajar di negara Jerman mengharuskan Rekan Bijak memakai bahasa Jerman secara keseluruhan, jika Rekan Bijak masih belum memenuhi standar dari tes ini, maka, Rekan Bijak akan mengalami kesulitan ketika belajar di negara Jerman.

TOPIK (Test Of Proficiency in Korea)

Tes Bahasa Asing

Sumber : koreanfirst.net

TOPIK atau Test Of Proficiency in Korea adalah ujian bahasa korea untuk orang yang tidak menggunakan bahasa Korea sebagai bahasa utama dalam keseharian. TOPIK itu sendiri terbagi menjadi dua level tes kemampuan, yaitu TOPIK-I yaitu tes bahasa Korea untuk pemula, tes yang akan diuji dalam TOPIK-I meliputi reading dan listening, sedangkan TOPIK-II yaitu tes bahasa Korea untuk tingkat menengah hingga lanjutan, tes yang akan diuji dalam TOPIK-II terdiri dari reading, listening, dan writing.

Saat Rekan Bijak sudah mendapatkan sertifikat TOPIK, maka, sertifikat tersebut memiliki masa berlaku yaitu dua tahun dan sertifikat TOPIK dapat Rekan Bijak gunakan untuk melanjutkan studi di negara Korea hingga bekerja di negara Korea.

JLPT (Japanese Language Proficiency Test)

Tes Bahasa Asing

Sumber : wisatajepang.co.id

Negara Jepang merupakan salah satu negara yang berada di Asia yang memiliki kemanjuan dibidang teknologi, oleh karena itu, negara Jepang sangat diminati oleh semua orang di Dunia untuk belajar di negara tersebut hingga bekerja di negara tersebut. Agar dapat belajar dan bekerja di negara tersebut, Rekan Bijak harus terlebih dahulu mengikuti JLPT.

JLPT atau Japanese Language Proficiency Test adalah ujian bahasa Jepang yang diutamakan kepada orang asing yang tidak menggunakan bahasa Jepang sebagai bahasa utama, JLPT ini sendiri dimulai pada tahun 1984 yang memiliki peserta sekitar 7.000 orang. Untuk mendapatkan sertifikat JLPT, Rekan Bijak hanya bisa mendapatkan secara langsung dari pemerintah Jepang itu sendiri yaitu Japan Educational Exchange and Service (JEES).

HSK (Hanyu Shuiping Kaoshi)

Tes Bahasa Asing

Sumber : ganeshacollege.com

Bahasa asing kedua yang merupakan bahasa dunia yaitu bahasa mandarin, bahasa mandarin mulai diminati oleh orang dari berbagai negara sudah sekitar dua hingga tiga tahun ke belakang, karena, negara China yang memiliki bahasa utama yaitu bahasa mandarin merupakan negara yang sedang berkembang pesat dan sudah diakui oleh hampir seluruh negara di Dunia. Oleh karena itu, banyaknya orang yang ingin belajar hingga bekerja di negara China, sebelum Rekan Bijak ingin mewujudkan mimpi tersebut, Rekan Bijak harus terlebih dahulu mengikuti HSK.

HSK atau Hanyu Shuiping Kaoshi merupakan tes atau ujian bahasa mandarin untuk orang asing dari negara China yang ingin melanjutkan studi atau bekerja di negara tersebut. HSK merupakan ujian dengan standar nasional negara China, untuk mendapatkan sertifikat HSK, skor yang harus diperoleh terbagi menjadi dua yaitu skor tiga dan delapan diperuntukan kepada orang yang ingin melanjutkan studi di negara China, sedangkan skor dengan angka sembilan hingga lebih digunakan untuk keperluan bisnis atau bekerja di negara China.

Nah, Rekan Bijak, itu dia tes bahasa asing yang tidak kalah penting untuk Rekan Bijak ketahui dan Rekan Bijak ikuti jika ingin melanjutkan studi atau bekerja di beberapa negara yang telah disebutkan pada artikel diatas ya!

Tes Bahasa Asing

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: