Mengenal Acara Pariwisata di 5 Wilayah Indonesia pada Tahun 2018

Salah satu sektor yang membantu pertumbuhan ekonomi di Indonesia adalah Pariwisata. Pariwisata di Indonesia sangat beragam, mulai dari sabang sampai marauke. Berbagai macam pariwisata mulai dari wisata alam, wisata kuliner, wisata yang di buat oleh tangan-tangan kreatif anak bangsa, yang membuat berbagai wisatawan datang ke Indonesia.

Mengenal Acara Pariwisata di 5 Wilayah Indonesia pada Tahun 2018

Mengenal Acara Pariwisata di 5 Wilayah Indonesia pada Tahun 2018

Pariwisata di Indonesia sangat beragam, di semua tempat yang ada di Indonesia memiliki daya tarik tersendiri. Dari berbagai wisata yang ada, ada berbagai acara pariwisata yang diadakan, acara untuk mendukung pariwisata di adakan mulai dari warga di daerah itu tersendiri, hingga acara pariwisata yang di buat oleh pemerintah.

Acara pariwisata akan menarik wisatawan, mulai dari wisatawan lokal, wisatawan nasional, hingga wisatawan mancanegara. Biasanya, acara pariwisata yang diadakan sudah bertahun-tahun. Acara untuk mendukung pariwisata di Indonesia, diakan mulai dari Indonesia bagian paling barat hingga Indonesia bagian paling timur. Lalu, apa saja acara pariwisata yang ada di Indonesia?

Daerah Aceh

Acara Pariwisata

Sumber : disbudpar.acehprov.go.id

Di daerah aceh memiliki dua acara pariwisata besar, yaitu Aceh Culinary Festival dan Aceh International Rapa’i Festival. Aceh Culinary Festival diadakan pada tanggal 04-06 Mei 2018, penyelenggara dari acara ini adalah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh. Aceh Culinary Festival merupakan acara yang setara dengan acara festival kuliner Internasional, di acara ini menyediakan berbagai makanan khas dari daerah Aceh.  Selain makanan, di acara ini menampilkan juga pertunjukan tari dan serah terima sertifikat halal kepada beberapa hotel yang berada di Aceh. Acara ini terdiri dari 100 stan yang menyuguhkan lebih dari 1000 makanan halal baik lokal, Nasional, hingga Internasional. Acara ini juga pernah diadakan pada tahun 2017.

Sedangkan acara Aceh International Rapa’i Festival sudah diadakan untuk kedua kalinya, dan pada tahun 2018 adalah penyelenggaran yang kedua, yang diadakan pada tanggal 3-7 November 2018. Pada tahun ini, acara  Aceh International Rapa’i Festival mengusung tema perkusi. Selain penampilan seni, acara ini juga menggelar seminar budaya dan kunjungan ke situs sejarah.

Daerah Sumatera 

Acara Pariwisata

Sumber : kilatfintech.com

Daerah sumatera memiliki acara Festival Danau Toba, Ya’ahowu Nias Festival, Pekan Raya Sumatera Utara, Tour de Singkarak, dan Festival Pagaruyung. Festival Danau Toba merupakan acara budaya, pariwisata dan olahraga, yang telah berlangsung mulai tahun 2016, acara ini yang diadakan pada tanggal 5-8 Desember 2018 dan penyelenggara acara ini adalah Pemerintah Daerah Sumatera Utara dan Pemerintah Kabupaten di sekitar daerah Danau Toba.

Rekan Bijak ketika datang ke acara Ya’ahowu Nias Festival dapat melihat beberapa tradisi yang dilakukan secara turun-temurun, seperti melompati batu kolosal yaitu Fahombo dan Hombo Batu, lalu dapat menyaksikan tari dengan atraksi perang yang menakjubkan, dan Ya’ahowu Nias Parade, dimana Rekan Bijak dapat melihat pawai budaya yang mengelilingi kota dengan menampilkan busana daerah, kendaraan hias dan marching band.

Ketika Rekan Bijak datang ke acara Pekan Raya Sumatera Utara, akan ada berbagai kegiatan yang dapat dilihat atau diikuti, yaitu adanya berbagai perlombaan, pameran produk lokal, pertunjukan musik, malam budaya, dan karnaval Sumatera Utara. Penyelenggara dari acara ini adalah Yayasan PRSU, yang diadakan pada tanggal 16 Maret-16 April 2018.

Tour de Singkarak merupakan kegiatan dari perlombaan sepeda yang diadakan pada setiap tahunnya, acara ini sudah terkenal ke mancanegara, bahkan beberapa peserta dari acara ini merupakan orang dari berbagai negara di luar Indonesia. Festival Pagaruyung merupakan pesta budaya Minangkabau, yang membedakan Festival Pagaruyung dari tahun sebelumnya, yaitu pada tahun 2018, acara ini mendatangi 47 Raja Nusantara. Dan acara Festival Pagaruyung diadakan pada tanggal 28 November-2 Desember 2018.

Daerah Jawa

Acara Pariwisata

Sumber : matakota.id

Acara pariwisata yang ada di daerah Jawa yaitu Geopark Ciletuh Festival, Borobudur Writer and Culture Festival, Jogja International Heritage Walk, Malang Flower Festival, dan masih banyak lagi. Geopark Ciletuh Festival diadakan pada tanggal 13-14 Oktober 2018, pada acara ini melibatkan 200 seniman yang akan terlibat, mulai dari pria hingga wanita yang akan menampilkan berbagai atraksi budaya dan seniman daerah. Dari berbagai penampilan tersebut, antara lain, atraksi seni cepat, rengkak penyadap jipeng, gundang, wayang golek, suligar, pencak silat dan tutunggulan. Borobudur Writer and Culture Festival, diadakan mulai pada tahun 2012 merupakan acara yang menemukan berbagai penulis, pekerja kreatif, aktivis budaya dan masyarakat luas untuk membangun pemahaman interkultural yang akan mengembangan dan peerluasan pengalaman.

Jogja International Heritage Walk merupakan acara jalan santai di Jogjakarta, yang sudah mulai diadakan pada tahun 2008, jarak yang akan di tempuh memiliki tiga kategori yaitu 5km, 10km dan 20km, acara ini berlangsung selama dua hari dan diadakan di Candi Prambanan dan Imogiri. Malang Flower Festival merupakan pagelaran lomba kostum bunga yang diadakan di jalan Ijen, kota Malang, pada hari 16 September 2018. Malang Flower Festival memiliki peserta dari lokal hingga mancanegara, terutama negara Belanda dan Jerman. Dan pada acara Malang Flower Festival telah menghadirkan lebih dari 5.000 pengunjung.

Daerah Sulawesi

Acara Pariwisata

Sumber : pedomanwisata.com

Acara pariwisata yang berada di daerah Sulawesi adalah Festival Pesona Bunaken, Lovely Desember, Halo Sultra, dan masih banyak lagi. Festival Pesona Bunaken diadakan di pulau Bunaken yang berada di Manado, acara ini dilaksanakan pada tanggal 26-27 Juli 2018. Acara Festival Pesona Bunaken, mempunyai tujuan untuk melestarikan alam serta kebudayaan yang dapat memberikan kesejahteraan kepada masyarakat lokalnya. Acara ini diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Pemerintah Kota Manado yang di dukung oleh Kementrian Pariwisata.

Lovely Desember merupakan sebuah perayaan natal yang dilakukan oleh penduduk Toraja, yang memiliki kegiatan berupa tarian massal, karnival budaya, pertunjukkan musih bambu, festival kuliner, pameran kerajinan tangan, kembang api, dan prosesi Lettoan. Halo Sultra diresmikan oleh Pejabat Gubernur Sulawesi Tenggara di kawasan Tugu Religi Alun-alun Kendari, pada tanggal 23 April 2018. Acara ini akan diselenggarakan sampai tanggal 27 April 2018, yang memiliki berbagai kegiatan seperti, pameran pembangunan, pergelaran seni budaya, karnaval tenun Sultra, serta rapat koordinasi desa, lurah dan camat yang ada di Sultra.

Daerah Papua

Acara Pariwisata

Sumber : pesona.travel.com

Acara pariwisata yang berada di daerah Biak Munara Wampasi, Festival Lembah Baliem dan masih banyak lagi. Biak Munara Wampasi, sudah berlangsung selama enam kali, namun, tahun 2018, acara ini berlangsung pada tanggal 1-4 Juli 2018. Biak Munara Wampasi menampilkan para performer yang memainkan alat musik tifa, terompet kima, yang di lengkapi dengan tari wor yang aktraktif. Pada acara Biak Munara Wampasi ini, Rekan Bijak dapat melihat pakaian khas yang dikenakan oleh penduduk lokal, dimana untuk penduduk menggunakan pakaian yang bernama Noken. Dan acara Biak Munara Wampasi yang diadakan pada tahun 2018 ini, memiliki pengunjung sekitar 10.000 orang.

Festival Lembah Baliem sudah diadakan selama 25 kali ini merupakan festival budaya di Papua. Acara ini sudah dikenal oleh dunia, karena, keunikan dari acara ini, dimana acara ini menampilkan skenario perang yang menggunakan panah dan tombak. Hal yang menjadi daya tarik dari acara ini adalah tempat yang terpencil, dan sulit untuk didatangi. Dan acara ini, merupakan acara yang sangat ditunggu oleh Fotografer nasional hingga mancanegara untuk mengambil gambar, namun, jika Rekan Bijak ingin mengambil foto dengan menggunakan kamera khusus (bukan kamera handphone) harus memberikan uang kepada penduduk lokal.

Nah, Rekan Bijak, ternyata acara-acara pariwisata di Indonesia tidak kalah seru dengan acara yang ada di mancangera ya!

Acara Pariwisata

 

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: