Mengenal Bohemian Rhapsody, Lagu Legendaris Milik Queen

Siapakah yang tidak tahu Bohemian Rhapsody? Lagu ini bisa dikatakan salah satu lagu paling legendaris yang pernah diciptakan, bahkan banyak yang berkata bahwa lagu ini adalah lagu terbaik sepanjang masa, ditambah dengan penggubahan lagu yang cukup sulit. Kita perlu menggali Bohemian Rhapsody lebih dalam, agar kita mengetahui seluk beluk salah satu lagu legendaris tersebut.

Mengenal Bohemian Rhapsody, Lagu Legendaris Milik Queen

Sumber : NJHerald.com

Mungkin Rekan Bijak pernah mendengar, atau menonton film Bohemian Rhapsody, sebuah film yang diperankan oleh Rami Malek sebagai aktor utama yang berkarakter seorang Freddie Mercury, salah satu penyanyi lelaki paling legendaris di dunia. Bahkan, banyak orang yang berkata bahwa Freddie Mercury merupakan penyanyi laki-laki terbaik sepanjang sejarah dunia. Namun tidak bisa dipungkiri, bahwa Freddie Mercury, tentunya bersama teman-temannya di band Queen, seperti Brian May, Roger Taylor dan John Deacon, adalah keempat musisi jenius di dunia. Bahkan, Brian May punya gelar dalam astrofisika.

Film Bohemian Rhapsody membuat kita bertanya-tanya, apakah itu Bohemian RhapsodyBohemian Rhapsody adalah salah satu single milik band Queen, sebuah band dari Inggris, di dalam album “A Night At The Opera”. Lagu ini tidak memiliki makna yang jelas dan membuat banyak penikmat musik kebingungan untuk menentukan apa arti dari lagu ini, dan inilah yang membuat lagu ini unik. Keunikannya juga tidak hanya berhenti di arti lagunya yang janggal, namun juga banyaknya tipe musik yang ada dalam satu lagu.

bohemian rhapsody

Sumber : Coub.com

Pada awalnya, lagu ini sempat tidak mau diedarkan karena waktunya terlalu lama, yakni 6 menit, dan pastinya banyak radio yang tidak mau menyiarkannya karena durasi yang lama tersebut. Awalnya, ditawarkan agar durasinya dipotong, namun Queen menolaknya, karena memang tidak bisa dipungkiri, bahwa justru karena memang, semua liriknya penting dan tidak boleh dipotong sama sekali.

Lagu ini memang dianggap aneh, karena tidak ada reffrain, ditambah dengan tipe musik, atau genrenya yang berbeda-beda. Genrenya pun dibagi menjadi beberapa bagian, seperti awalnya intro yang acapella, lalu ballad, dan tiba-tiba solo gitar, opera, hard rock, dan akhirnya pun outro. Bahkan, orang-orang juga bingung mau masukan lagu ini ke genre apa, dan kebanyakan orang memasukannya ke dalam genre progresif rock.

Walaupun aneh dan janggal, lagu ini sangat populer dan dicintai oleh masyarakat. Hal itu terbukti dengan terus-terusan berada di puncak UK Single Chart selama 9 minggu, ditambah lagi terjual satu juta kopi pada akhir Januari 1976. Juga menjadi top chart di beberapa negara seperti Australia, Selandia Baru, Belgia dan Belanda. Seolah lagu ini menyatakan bahwa lagu yang janggal ini sangatlah dicintai oleh masyarakat.

bohemian rhapsody

Sumber : Mentalfloss.com

Lagu ini pada awalnya dituliskan oleh Freddie Mercury, yang selaku vokalis dari bang Queen, dan direalisasikan dan didukung idenya oleh Brian May.  Lagu ini juga dibuat dengan kesulitan yang cukup berat, ditambah lagi dengan harga pembuatannya yang cukup mahal pada waktu itu, yakni sekitar Rp 87 juta. Ditambah lagi, lagu tersebut juga memakan waktu hingga 70 jam untuk perekamannya, ditambah lagi dengan mesin rekam yang tidak secanggih sekarang ini.

Lagu ini juga dikenal dengan referensi lirik yang luar biasa luas. Ada penyebutan Galileo, yang merujuk kepada Galileo Galilei, seorang astronom dan filsuf Italia. Lalu, ada juga Scaramouche, tokoh fiktif asal Italia. Juga ada Fandango, sebuah tarian asal Spanyol. Dan yang paling menarik adalah ketika lagu tersebut mengucapkan kata Bismillah, sebuah ungkapan dari orang Muslim yang berarti “Dengan nama Allah”, dan bahkan dengan adanya kata tersebut, muncul spekulasi bahwa Freddie Mercury merupakan seorang Muslim, walaupun ia dibesarkan dalam keluarga Zoroastrianisme.

bohemian rhapsody

Sumber : Queenphotos.wordpress.com

Mengingat betapa legendarisnya lagu ini, akhirnya judul film dari sesuatu yang mengisahkan kehidupan Freddie Mercury dan band Queen, menjadi Bohemian Rhapsody. Tentunya film ini menginspirasi banyak orang dan tidak mengagetkan jika film ini memenangi banyak gelar. Sebagai salah satu band terbaik sepanjang masa, memang tidak mengagetkan kehidupan band Queen difilmkan.

bohemian rhapsody

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: