Mengenal Efek Compounding dalam Investasi dan Cara Memanfaatkanya

Mengenal Efek Compounding dalam Investasi dan Cara Memanfaatkanya

Mengenal Efek Compounding dalam Investasi dan Cara Memanfaatkanya

Sebagian dari rekan mungkin masih sangat asing dengan istilah compounding. Bisa dibilang efek compounding merupakan teman baik dan berkah bagi setiap investor. Setiap investor, terutama mereka yang memang secara khusus berinvestasi untuk jangka panjang pasti tahu betul bagaimana efek compounding akan memberikan keuntungan yang benar-benar signifikan terhadap kondisi dan tujuan keuangan seiring berjalannya waktu.

Jadi, apa itu sebenarnya efek compounding sehingga investor sangat mencintai esksistensinya dan seringkali membantu mewujudkan tujuan keuangan jangka panjang akan dijelaskan dalam artikel ini.

Tentang Efek Compounding

Efek Compoundingsumber : magazine.job-like.com

Secara sederhana efek compounding adalah kemampuan sebuah aset yang mampu menghasilkan keuntungan yang kembali diinvestasikan agar kemudian mampu menghasilkan keuntungan lagi. Dengan kata lain, efek compounding bisa dikatakan sebagai efek yang menghasilkan pendapatan dari pendapatan sebelumnya.

Juga kerap diartikan sebagai ‘bunga berbunga’ atau ‘bunga bergulung’, di mana bunga yang didapat dari hasil investasi sebelumnya diinvestasikan kembali ke instrumen yang sama atau yang berbeda, sehingga bunga yang tadi diinvestasikan pun kembali menghasilkan bunga. Atau pendapatan rekan menghasilkan pendapatan lagi. Begitu seterusnya hingga keuntungan investasi menjadi lebih maksimal.

Baca Juga : Ini 6 Investasi Terbaik yang Bisa Dilakukan pada Tahun 2019!

Masih banyak sekali orang yang belum tahu bahwa efek compounding ternyata sangat bermanfaat ketika berinvestasi. Untuk mulai berinvestasi, orang-orang cenderung berkata bahwa mereka tidak mampu mengumpulkan uang untuk diinvestasikan. Padahal sebenarnya, uang bukanlah masalah karena dalam hal ini waktulah yang menjadi efek terpenting.

Efek Compoundingsumber : sahamedu.com

Karena yang terpenting adalah waktu, maka setiap orang bisa merasakan efek compounding ini apabila mereka siap untuk memulai investasi lebih awal. Semakin dini seseorang mulai berinvestasi, semakin kuat pengaruh efek ini terhadap keuntungan investasinya.

Baca Juga : 5 Manfaat Investasi yang Menguntungkan jika Rajin Melakukannya

Manfaat Efek Compounding Terhadap Investasi

Efek Compoundingsumber : .kaskus.co.id

Saat ini masih banyak orang yang enggan untuk mulai brinvestasi karena menganggap bahwa investasi itu hanya untuk orang yang sudah mapan dan orang kaya saja. Padahal sebenarnya, investasi harusnya dilakukan untuk menuju kemapanan.

Masih banyak orang yang mengaggap bahwa investasi itu membutuhkan modal awal yang besar serta risiko yang sangat besar, padahal risiko bisa ditanggulagi dengan sangat mudah dan biaya yang dibutuhkan pun tidaklah besar.

Karena dengan modal nominal Rp.100.000 seseorang sudah bisa menjadi investor. Beberapa investasi, seperti reksadana dan peer to peer lending bisa dimulai dari angka tersebut. Bila orang masih beranggapan bahwa investasi itu mahal, itu hanyalah alasan yang terlalu dibuat-buat.

Kebanyakan orang lebih memilih untuk berlangganan layanan hiburan seperti, streaming musik atau streaming film secara online. Padahal apabila diakumulasikan menjadi dana investasi setiap orang bisa berinvestasi sebesar Rp.300.000 setiap bulannya.

Baca Juga : 5 Jenis Investasi Menguntungkan yang Patut Dicoba

Saat rekan berinvestasi jangan mudah tergoda dengan keuntungan investasi yang cukup besar untuk menggunakannya. Rekan harus menahan godaan tersbut bila ingin mencapai efek compounding yang maksimal. Biarkan bunga tersebut terakumulasi bersama dana pokok. Maka, keuntungan yang dihasilkan akan semakin berlipat ganda seiring dengan berjalannya waktu.

Bila rekan ingin merasakan efek compounding yang besar, rekan harus memulai investasi sedini mungkin. Agar keuntungan yang diperoleh akan semakin besar di masa mendatang. Mari menyisihkan uang dari sekarang demi memulai investasi yang bermanfaat bagi kondisi finansial rekan.

Sekarang, mari memilih jenis investasi yang paling sesuai dengan kemampuan rekan, agar urusan investasi tidak membebani kondisi finansial rekan dan bisa memulai sejak dini.

Baca Juga : Sebelum Berinvestasi, Lebih Baik Perhatikan 4 Risiko Investasi ini

Semoga artikel ini bermanfaat ya rekan, jika masih belum terlalu memahami tentang efek compounding silahkan baca artikel diatas lagi ya rekan bijak!

Efek compounding

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: