Mengenal Faizal Hermiansyah, Pendiri Eight Code Indonesia

Faizal Hermiansyah merupakan salah satu pengusaha muda yang telah sukses dalam menjalankan startup nya. Perusahaannya pun juga berdiri cukup cepat. Namun, apakah itu berarti tidak ada tantangan? Yuk, simak perjuangan Faizal untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses seperti sekarang!

Mengenal Faizal Hermiansyah, Pendiri Eight Code Indonesia

Mengenal Faizal Hermiansyah, Pendiri Eight Code Indonesia

Siapa yang tidak kenal Faizal Hermiansyah? Ia merupakan seorang pengusaha muda yang sukses dalam mendirikan sebuah startup bernama Eight Code yang bergerak dalam bidang teknik informatika. Ia juga dikenal sebagai ketua umum HIPMI Perguruan Tinggi Banten. Ia juga menjadi salah satu pengusaha termuda yang sukses dalam usianya yang masih belia, yakni 25 tahun.

Bukan tanpa halangan, kisah hidup Faizal pun hanyalah seperti orang-orang normal. Faizal Hermiansyah lahir di Tangerang Selatan pada 8 Februari 1993. Ia terlahir di keluarga yang tidak mempunyai latar belakang bisnis atau pun usaha. Namun, jiwa pengusahanya sudah terlihat dari semenjak ia berumur 16 tahun. Ketika itu, ia mempunyai sebuah toko baju, hingga meraih pendapatan hingga Rp 50.000.000,-.

faizal hermiansyah

Sumber : id.wikipedia.org

Pada awalnya, ia membuka sebuah bisnis tentang baju dikarenakan ia memang menyukai desain. Ia membuka bisnis sablon baju. Karena koneksi dan mempunyai banyak teman, teman-temannya pun sering memesan baju kepadanya. Ia juga sering mempromosikan usaha bajunya di internet, khususnya bagian forum dan toko-toko online. Ia juga pada awalnya hanya memberikan baju-bajunya ke tukang sablon.

Namun, bisnis bajunya pun kandas dikarenakan saat itu industri kaus pun sedang menurun sehingga ia juga harus menutup usahanya tersebut. Namun, apakah hal itu membuat keinginannya untuk berbisnis menjadi pudar? Nyatanya tidak. Ia menemukan hobi dalam teknik informatika. Ia pun masuk ke Universitas Budi Luhur di jurusan sistem informasi. Ia pun akhirnya lulus dari universitasnya dan memutuskan untuk bekerja dan menjadi seorang karyawan.

Faizal hermiansyah

Sumber : commons.wikimedia.org

Tetapi, ia pun masih bercita-cita untuk menjadi seorang pengusaha. Faizal Hermiansyah pun akhirnya memutuskan untuk membuat sebuah perusahaan yang berbasis teknologi informatika bernama Eight Code. Perusahaan ini pun berdiri awalnya karena ia mengerjakan sebuah proyek teknologi informatika yang diminta oleh sebuah perusahaan BUMN dan ingin menggunakan jasa Faizal dengan keuntungan mencapai Rp 100.000.000,-. Lebih parahnya lagi, proyeknya itu dilakukan saat ia masih mahasiswa.

Jadi pada awalnya, ia belum membangun perusahaannya namun sudah diberikan proyek oleh sebuah perusahaan BUMN saat menjadi mahasiswa. Lalu proyek-proyek lain pun mulai berdatangan, mulai dari seperti perusahaan rokok, otomotif, dan lain-lain. Namun, itu tidak membuatnya langsung berbisnis, namun ia memulainya dengan bekerja di perusahaan orang lain.

Faizal Hermiansyah

Sumber : Bintang.com

Dengan hal ini, ia menjadi seseorang yang sudah mempunyai banyak pengalaman dan telah mempunyai banyak koneksi. Ia pun akhirnya memutuskan untuk keluar dari zona amannya dan mendirikan sebuah bisnis sendiri yang kelak akan menjadi Eight Code. Perusahaan ini merupakan perusahaan teknologi informatika yang berbasis teknologi terkini.

Perusahaan tersebut pun sekarang punya banyak klien. Faizal Hermiansyah sendiri dalam bisnisnya bukan tanpa masalah. Ia berpikir keras tentang bagaimana cara agar bisa bersaing. Ia pun harus bersaing harga dikarenakan banyaknya pelaku bisnis yang mirip dengannya memutuskan untuk membanting harga. Ia pun harus memikirkan cara lain agar tetap banyak yang menggunakan jasanya. Ia pun memutuskan untuk memperluas jaringan.

faizal hermiansyah

Sumber : Swa.co.id

Lalu, selama ini, bagaimana dengan pendapatan yang sudah diterima? Jawab Faizal, “Alhamdulillah, dengan perkembangan teknologi saat ini, membuat Eight Code juga berkembang pesat dan mampu membukukan revenue hingga ratusan juta rupiah tiap tahunnya. Memang, angka itu belum sesuai target, tapi kami optimis dapat membukukan revenue hingga puluhan miliar di tahun-tahun mendatang.”

Faizal Hermiansyah pun sekarang menjadi seorang ketua umum HIPMI Perguruan Tinggi Banten dan mengaku telah lebih aktif di organisasi tersebut. Karena keberhasilannya sebagai seorang pengusaha muda di usia 25 tahun, ia juga telah membuat sebuah buku berjudul “Start from Minus 0 and Business Tree Concept” yang berbicara tentang bagaimana memulai bisnis dengan baik. Buku ini pun disusun sesuai dengan pengalamannya dalam berbisnis.

Bagaimana dengan kamu, Rekan Bijak? Apakah kamu tertarik menjadi seseorang seperti Faizal Hermiansyah yang menjadi seorang pengusaha muda? Tentunya pasti mau! Namun, kesuksesan itu tidaklah datang secara tiba-tiba, tetapi pelan-pelan dan tentunya membutuhkan, tekad, usaha dan doa. Nah, oleh karena itu, semangat ya Rekan Bijak!

faizal hermiansyah

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: