Mengenal Jenis Asuransi Kendaraan

Penting bagi Rekanbijak untuk melindungi kendaraanya dengan asuransi. Asuransi kendaraan biasanya sudah terdapat ketika kita mengambil kendaraan dengan cara pembiayaan kredit. Secara umum, selama kita mencicil, asuransi itu tetap melindungi kendaraan kita sampai kata lunas itu didapat.

Mengenal Jenis Asuransi Kendaraan

Mengenal Jenis Asuransi Kendaraan

Apakah Rekanbijak sudah memiliki Asuransi kendaraan?

Bagi sebagian orang memiliki kendaraan pribadi adalah sebuah kenyamanan yang bisa dinikmati, jika biasanya menggunakan trasportasi umum kita harus membuang waktu lebih banyak, karena harus menunggu atau harus nge-tem di beberapa titik perhentian. Mempunyai kendaraan memang membuat Rekanbijak merasa nyaman dalam menjalankan aktivitas kita sehari-hari. Terutama bagi kita yang lebih sering bertugas ke luar kantor menggunakan kendaraan pribadi kita.

Dengan kenayaman yang diberikan oleh kendaraan pribadi kita, kita pun perlu memperhatikan keselamatan kita dan kendaraan kita, salah satunya dengan menggunakan jasa asuransi kendaraan untuk kendaraan kita, baik itu motor atau mobil. Terutama bagi Rekan yang lebih sering bertugas ke luar kantor menggunakan kendaraan pribadinya. Keselamatan kendaraan dan diri kita sendiri pastinya sudah harus diperhitungkan. Kali ini Danabijak akan berbagi informasi tentang macam Asuransi Kendaraan dan pentingnya memiliki asuransi kendaraan.

 

Asuransi Kendaraan All Risk

Asuransi Kendaraan

www.kornfeldlaw.com

Jenis asuransi kendaraan yang pertama adalah asuransi All Risk atau Comprehensive, asuransi ini akan memberikan perlindungan serta penggantian biaya sepenuhnya. Dalam artian, asuransi ini akan menjamin segala resiko mulai dari resiko ringan, resiko berat, hingga resiko akan kehilangan kendaraan. Sehingga perusahaan asuransi akan menanggung seluruh biaya yang terkait dengan apapun yang terjadi pada kendaraan yang sudah anda asuransikan.

Bahkan meskipun kendaraan anda hanya memiliki kerusakan ringan saja, anda bisa mengajukan klaim kepada pihak asuransi untuk menanggung biaya perbaikan mobil tersebut. Karena nilai pertanggungan yang dapat diklaim meliputi segala resiko yang ada, maka tentu saja nilai dari premi yang dibayarkan oleh nasabah cukup mahal.

Pertanggungan dari jenis asuransi ini juga dapat diperluas, seperti penambahan aksesoris pada kendaraan, resiko huru hara, dan lainnya. Perluasan ini tentu saja dapat dilakukan dengan penambahan biaya premi. Jenis asuransi mobil ini akan sangat tepat bagi kendaraan yang sering digunakan sehari-hari. Padatnya kondisi lalu lintas di kota-kota besar tentu saja dapat menyebabkan macet yang berlebihan di jalanan.

Hal ini lah yang dapat membuat resiko terserempet hingga tabrakan dengan kendaraan lainnya sangat besar terjadi. Asuransi All Risk ini juga sering digunakan pada jenis mobil penumpang. Sesuai dengan standar asuransi yang ada di Indonesia, usia maksimal dari pertanggungan jenis asuransi All Risk hingga 8 tahun.

Kita bisa memutuskan untuk memperluas pertanggungan asuransi mobil kita. Perluasan pertanggungan ini meliputi kemungkinan yang akan dialami oleh  kendaraan, seperti yang disebabkan oleh:

  1. Banjir
  2. Kerusuhan
  3. Gempa bumi/tsunami
  4. Sabotase/terorisme

Asuransi Kendaraan Total Lost Only

Asuransi Kendaraan

www.jvoconnor.com

Asuransi Kendaraan Total Lost Only atau TLO merupakan Jenis asuransi kendaraan yang mana memberikan perlindungan serta jaminan pertanggungan biaya jika kendaraan yang di asuransikan mengalami kehilangan yang diakibatkan karena pencurian ataupun terjadi kerusakan yang nilai perbaikannya sama ataupun lebih dari 75% dari harga kendaraan yang diasuransikan. Jika perkiraan dari nilai perbaikan kerusakan mobil hanya kurang dari 75% dari nilai kendaraan maka klaim yang anda ajukan tentunya ditolah oleh pihak perusahaan asuransi.

Karena pertanggungan dari asuransi ini tidak menyeluruh, maka tentu saja nilai premi nya akan lebih murah dibandingkan dengan jenis asuransi lainnya. Dan berdasarkan standar polis asuransi yang ada di Indonesia, usia maksimal dari pertanggungan jenis asuransi Total Lost Only ini sekitar 15 tahun.

 

Manfaat Asuransi Kendaraan

Asuransi Kendaraan

otomotif.kompas.com

1. Perencanaan keuangan untuk persiapan dana tambahan apabila terjadi kerusakan kendaraan

2. Perlindungan Kendaraan dari kerusakan dan kehilangan untuk kendaraan baru maupun bekas.

3. Mengurangi rasa was-was dari kriminalitas pencuriaan, kecelakaan, dan bencana alam.

4. Layanan tambahan untuk untuk berbagai perlindungan dalam proses perbaikan kendaraan di bengkel rekanan asuransi.

 

Persyaratan Mendaftar Asuransi Kendaraan

Syarat umum:

  1. Usia di atas 17 tahun
  2. SIM dan STNK

Dokumen yang harus disiapkan :

  1. Fotokopi KTP, SIM, dan STNK
  2. Foto asli kendaraan

 

Cara Claim Asuransi Kendaraan

Klaim asuransi kendaraan adalah hak pemegang polis meminta ganti rugi kepada perusahaan asuransi karena terjadi kecelakaan atau pencurian terhadap mobil yang diasuransikan dan mendapatkan pertanggungan dari premi yang telah dibayarkan.

1. Hubungi perusahaan asuransi terkait untuk melaporkan kejadian kecelakaan atau dicuri. Nasabah dapat menghubungi via call center dalam waktu 3 x 24 jam.

2. Membawa kendaraan ke rekanan bengkel asuransi. Sebaiknya mobil yang mengalami kecelakaan tersebut difoto, sebagai bukti dokumentasi terjadi kerusakaan.

3. Melengkapi formulir klaim untuk mengisi data-data informasi dan jenis premi yang telah dibayarkan

4. Wawancara pada pihak asuransi terkait untuk memberikan informasi mengenai kejadian kecelakaan. Informasi harus diberikan secara jujur tanpa ada rekayasa, dan bukan informasi kejadian fiktif.

Asuransi Kendaraan adalah suatu pertanggungan kerugian yang melindungi tertanggung saat terjadi risiko kerusakan atau kerugian yang ditimbulkan dari kejadian seperti : kerusakan kendaraan, kecelakaan, kehilangan, bencana, dan huru hara. Dengan kita mendaftarkan kendaraan kita pada asuransi kendaraan kita, itu artinya meringankan beban kita dalam membiyai kerugian yang disebabkan oleh kendaraan kita. Semoga dengan informasi mengenai Mengenal Jenis Asuransi Kendaraan bisa menambah pengetahuan tentang asuransi kendaraan. Segera daftarkan kendaraan Rekan ke asuransi terpercaya, ya!

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: