Menjelajahi Palung Mariana, Palung Terdalam yang Ada di Dunia

Dua destinasi untuk wisata alam yang paling banyak disukai oleh kebanyakan orang adalah Pantai dan Gunung. Ketika ke pantai, hal yang dapat dilihat salah satunya yaitu air laut yang memiliki berbagai macam warna seperti, biru, pink, dan lain sebagainya. Lalu, ketika mendatangi gunung, hal yang dapat dilihat adalah indahnya perbukitan yang hijau.

Menjelajahi Palung Mariana, Palung Terdalam yang Ada di Dunia

Menjelajahi Palung Mariana, Palung Terdalam yang Ada di Dunia

Setiap orang memiliki destinasi wisata yang diminati, baik itu pantai ataupun gunung. Salah satu hal yang terdapat dilaut adalah palung, ada berbagai macam palung di Dunia, diantara banyak palung yang ada, ada satu palung terdalam di Dunia yaitu Palung Mariana atau Mariana Trench.

Baca Juga : 5 Destinasi Wisata Dunia dengan Harga Murah

Palung merupakan jurang yang terdapat di dasar laut, palung merupakan tekanan dari topografi yang sempit, serta bagian terdalam yang berada di dasar laut yang berada di Samudera. Dari sekian banyak palung yang ada, palung mariana merupakan palung terdalam yang ada di Dunia. Palung mariana atau mariana trench berada di kerak Bumi, lebih tepatnya terletak di dasar laut Samudera Pasifik, sebelah timur kepulauan Mariana, dekat dengan negara Jepang. Palung ini merupakan palung yang berbatasan pada kedua lempeng, yaitu lempeng teknonik dan lempeng pasifik.

Palung Mariana

Sumber : globalvillageimages.cf

Palung ini memiliki kedalam sekitar 10.900 meter atau sama dengan 35.700 kaki di bawah permukaan laut, yang merupakan lebih jauh dari ketinggian Gunung Everst diatas permukaan laut. Selain terkenal akan kedalaman palung mariana yang berbeda dengan palung-palung lainnya, di palung mariana ini terdapat hal-hal unik, salah satunya yaitu makhluk hidup berupa hewan yang ada di palung ini.

Baca Juga : Hewan Purba? Yuk, Ketahui Hewan Purba yang Masih Hidup

Hatchetfish

Palung Mariana

Sumber : id.pinterest.com

Hatchetfish atau yang biasa disebut dengan ikan hantu, ikan ini disebut ikan hantu, karena, memiliki bentuk yang aneh dan cenderung menyeramkan. Alasan utama hatchetfish berada di palung mariana, karena, hatchetfish hidup di laut yang memiliki ke dalaman 180 meter hingga 1.300 meter dibawah laut. Walaupun hatchetfish terlihat menyeramkan dan hatchetfish hidup pada laut dalam, akan tetapi, hatchetfish ini hanya memakan ikan-ikan kecil yang juga hidup di laut dalam seperti, copepoda.

Laut dalam cenderung gelap, karena, jauh dari permukaan laut dan cahaya yang masukpun tidak ada, tetapi, hatchetfish dapat mengeluarkan cahaya pada tubuhnya. Hatchetfish hanya mengeluarkan cahaya yang berasal dari tubuhnya jika hatchetfish sedang merasa terancam, dan cahaya yang keluar dari tubuhnya hatchetfish berasal dari bagian bawah tubuh hatchetfish.

Dumbo Octopus

Palung Mariana

Sumber : nypost.com

Hewan lain yang hidup di palung mariana yaitu dumbo octopus, nama lain dari dumbo octopus adalah Grimpoteuthis, nama “dumbo” pada gurita ini diambil dari karakter film Disney Dumbo yang dirilis pada tahun 1941, karena, kemiripan karater film tersebut dengan gurita ini, maka, gurita ini dinamakan dumbo octopus.

Dumbo octopus memiliki sirip yang seperti telinga yang berada dekat dengan mata, gurita ini bisa ada di palung mariana, karena, dumbo octopus ini sendiri hidup di laut yang memiliki kedalaman 3.000 meter hingga 4.000 meter, dan gurita ini hidup pada suhu yang dingin.

Selain terdapat hewan yang unik, seram, dan lucu yang ada di palung ini,seperti hatchetfish dan dumbo octopus. Palung ini memiliki beberapa hal yang berbeda dengan palung yang lainnya yaitu

Tekanan Air yang Besar

Palung Mariana

Sumber : idntimes.com

Palung mariana terkenal akan palung terdalam di Dunia, karena, tempat pada palung ini berada sangat dalam dibawah permukaan laut, hal ini membuat tekanan air di dalam palung ini cukup besar. Tekanan air pada palung ini setara dengan lima puluh pesawat jet berukuran jumbo, yaitu sekitar 700kg/meter.

Adanya tekanan air yang besar pada palung ini, membuat beberapa ilmuan sering mengalami kegagalan untuk mendatangi palung ini, karena, beberapa kali mengalami kebocoran cairan hidrolik.

Karbondioksida Cair Murni

Palung Mariana

Sumber : ntisari.grid.id

Saat datang ke palung ini dan dapat melihat sampai ke dasar, palung ini memiliki lubang yang mengeluarkan karbondioksida murni, dan merupakan daerah bawah laut yang satu-satunya terdapat karbondioksia murni.

Pada awalnya, ketika tahun 2005 beberapa ilmuan menemukan tempat ini dan hanya mengeluarkan gelembung saja, dan mereka menganggap bahwa bukan hal yang berbahaya, namun, setelah di teliti lebih lama lagi, ternyata palung ini memiliki lubang-lubang kecil mengandung karbondioksida murni dan hal ini sangat berbahaya.

Baca Juga : 9 Alasan Pentingnya Memiliki Asuransi Perjalanan

Amoeba Raksasa Beracun

Palung Mariana

Sumber : monacolifecheck.com

Amoeba juga hidup di palung mariana, amoeba yang berada di palung ini berbeda dengan amoeba pada umumnya, hal yang membedakan yaitu amoeba ini memiliki ukuran sekitar 10cm. Amoeba yang berada di palung ini termasuk ke dalam golongan xenophyophores, dimana mereka hidup di laut yang dalam. Dan amoeba ini berbahaya bagi manusia, karena, amoeba ini beracun, dimana amoeba ini memiliki banyak zat kimia dan kebal terhadap berbagai macam hal.

Baca Juga : 5 Cara Menabung Mudah dan Asik untuk Traveling Ke Luar Negeri

Nah, Rekan Bijak, sudah tahu tentang palung mariana kan? Jika sudah, jangan lupa untuk bagikan informasi ini kepada teman atau keluarga ya!

Palung Mariana

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: