Mengenal Piala Dunia Wanita dan 5 Fakta yang Jarang Diketahui Pecinta Bola

Piala Dunia Wanita 2019 sudah berlangsung sejak 7 Juni 2019. Sebanyak 24 negara yang akan memperebutkan trofi lambang supremasi pada edisi kedelapan Piala Dunia Wanita ini. Terdapat fakta unik dan menarik dibalik pelaksanaannya.

Mengenal Piala Dunia Wanita dan 5 Fakta yang Jarang Diketahui Pecinta Bola

Mengenal Piala Dunia Wanita dan 5 Fakta yang Jarang Diketahui Pecinta Bola

Tidak bisa dipungkiri lagi jika sepak bola bukan hanya diperuntukan untuk kaum lelaki saja, kini olahraga ini sudah populer di kalangan kaum perempuan. Penyelenggaran Piala Dunia Wanita menjadi salah satu buktinya, sepak bola untuk perempuan telah memiliki berbagai kompetisi profesional dengan berbagai level, dari lokal hingga internasional layaknya sepak bola pria.

Piala Dunia Wanita yang diselenggarakan oleh FIFA menjadi salah satu yang paling bergengsi. Kompetisi ini diselenggarakan di Perancis dari tanggal 7 Juni sampai 7 Juli 2019. ada sembilan kota yang menjadi tuan rumah turnamen, hanya satu lebih sedikit dari ketika Perancis menajdi tuan rumah Piala Dunia pria pada 1998.

Berikut 5 fakta menarik turnamen tersebut:

Berawal dari Suara Seorang Perempuan di Kongres FIFA 1986

Piala Dunia WanitaSumber: idntimes.com

Jika Piala Dunia pria dimulai pada tahun 1930, maka tahun 1986 menjadi waktu yang bersejarah bagi sepak bola perempuan. Pada kongres FIFA yang ke-45 di kota Meksiko, seorang delegasi dari Norwegia bernama Ellen Wille mengemukakan suaranya yang mewakili seluruh pesepak bola perempuan saat itu.

Ia menuntut upaya yang jauh lebih besar dari FIFA dalam mempromosikan sepak bola perempuan. Tidak hanya itu, ia juga menyuarakan agar perempuan memiliki Piala Dunianya sendiri dan bisa ambil bagian di Olimpiade. Luar biasanya, suaranya saat itu langsung didengar dan mendapatkan respon yang cukup positif dari anggota yang kebanyakan adalah laki-laki.

Dan berkat aksinya, Ellen pun disebut-sebut sebagai orang yang paling berjasa dalam sejarah sepak bola perempuan. Di negara asalnya ia dijuluki sebagai Mother of Norwegian Women’s Football.

Baca Juga: 7 Cabang Olahraga Paling Diminati dan Digemari di Dunia

Piala Dunia Wanita Terpenting

Piala Dunia WanitaSumber: Suarapalu.com

Piala Dunia Wanita 2019 berpotensi menjadi titik balik sepak bola wanita. Turnamen di Perancis ini disamakan dengan Piala Dunia 1999 di Amerika Serikat, kompetisi yang meroketkan sepak bola wanita ke khalayak ramai. Selama setahun terakhir memang ada serangkaian prestasi positif menyangkut sepak bola wanita. Bahkan di Argentina, liga wanita akan dijadikan menjadi profesional.

Lebih dari 750 ribu tiket sudah terjual di sembilan kota penyelenggara dengan FIFA mengantisipasi lebih dari satujuta penonton yang akan hadir di stadion. Pihak penyiar memperkirakan bahwa Perancis 2019 akan mendatangkan jauh lebih banyak penonton global ketimbang 750 juta orang yang menyaksikan Piala Dunia Wanita 2019.

Baca Juga: 7 Barang Memorabilia Olahraga yang Terjual dengan Harga Tinggi

Kesetaraan Gender Masih Menjadi Kata Kunci

Piala Dunia WanitaSumber: timesindonesia.co.id

FIFA meningkatkan dua kali lipat total hadiah uang turnamen ini ketimbang edisi 2015, dari 15 juta dolar Amerika Serikat menjadi 30 juta dolar. Meski terdapat peningkatan signifikan, uang hadiah itu masih terpaut jauh dari total hadiah Piala Dunia Rusia 2018 yang mencapai angka 400 juta dolar AS.

Bahkan, Perancis sang juara Piala Dunia 2018 membawa pulang hadiah 38 juta dolar AS, lebih banyak dari total hadiah pada turnamen ini. Sebagai perbandingan, Liverpool mengeluarkan uang tiga kali lebih banyak dari hadiah total di Perancis 2019 saat merekrut kiper asal Brasil, Alisson, dari AS Roma.

Baca Juga: 6 Kegiatan yang Tidak Boleh dilakukan Setelah Olahraga

Lionel Messi Sepak Bola Wanita Absen

Piala Dunia WanitaSumber: jebreeetmedia.com

Hegerberg pemenang Ballon d’Or Wanita perdana memboikot turnamen ini sebagai protes ke federasi sepak bola Norwegia. Ada adalah pemain putri terbaik dunia yang baru Mei lalu mencetak hat-trick saat Lyon mengalahkan Barcelona 4-1 di final Liga Champions wanita.

Ada memprotes PSSI-nya Norwegia yang dianggap masih belum maksimal dalam memperjuangkan kesetaraan gender di liga lokal. Absensi Ada disamakan oleh banyak media seperti jika Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi menolak bermain di Piala Dunia pria.

Baca Juga: 7 Tips Olahraga Sederhana Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Amerika Serikat dan Para Kandidat Juara

Piala Dunia WanitaSumber: bola.okezone.com

Amerika Serikat merupakan juara bertahan Piala Dunia Wanita setelah berjaya di Kanada 2015. Apabila menjuarai Perancis 2019, negeri Paman Sam akan mengoleksi 4 gelar juara dari 8 edisi Piala Dunia, sebuah rekor. Namun, tuan rumah Perancis juga akan berbicara. Perancis punya kompetisi sepak bola wanita terbaik di Eropa dan akan bermain di depan suporter sendiri.

Jika menang, Perancis akan menjadi tuan rumah kedua yang juara setelah Amerika Serikat pada 1999. Perancis memiliki tiga pemain, salah satunya bek Wendie Renard, yang telah menjuarai Liga Champions wanita 6 kali sejak 2011. Belanda juga layak menjadi favorit setelah menjadi tim terbaik di Piala Eropa Wanita 2017. Selain negara-negara tadi, Jerman, Inggris, Jepang dan Brasil juga sangat layak disebut kandidat juara.

Baca Juga: 7 Festival Padang yang Bertajuk Seni, Budaya, Olahraga dan Lingkungan

Nah, itu adalah beberapa fakta menarik dari Piala Dunia Wanita 2019. Semoga artikel ini bermanfaat bagi rekan bijak!

Piala Dunia Wanita

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: