Memahami Psikologi Warna yang Berguna untuk Marketing

Bisnis, dalam sebuah bisnis biasanya terdahap divisi atau bagian marketing yang memilki fungsi terhadap kenaikan daya tarik masyarakat yang akan menjadi calon konsumen dari sebuah bisnis atau perusahaan. Berbagai macam cara yang dibuat oleh divisi marketing, salah satunya menaikan brand dari suatu perusahaan.

Memahami Psikologi Warna yang Berguna untuk Marketing

Memahami Psikologi Warna yang Berguna untuk Marketing

Salah satu cara untuk menaikkan brand dari suatu perusahaan yaitu dengan menentukan warna yang menjadi ciri khas suatu perusahaan, sebelum menentukan warna, seseorang yang berada di divisi marketing, harus paham terlebih dahulu mengenai Psikologi Warna. Dalam mementukan warna yang menjadi ciri khas, yang kemudian dipakai sebagai logo suatu perusahaan, sebagai orang yang berada di divisi marketing, harus terlebih dahulu mengenal, mengetahui, serta paham mengenai psikologi warna, dimana dalam menentukan warna khas dari suatu perusahaan tidak boleh secara asal menentukan.

Baca Juga : 5 Cara Membuat Brand Image yang Benar untuk Bisnis

Psikologi warna adalah suatu warna yang ada atau yang dilihat oleh manusia, yang akan memberikan dampak terhadap sikap manusia, dengan adanya psikologi warna, maka, manusia akan mengambil suatu tindakan sesuai dengan pengalaman pribadi, pendidikan, perbedaan budaya, dan lain sebagainya. Dalam psikologi warna, setiap warna memiliki arti, serta fungsi tersendiri yang dapat mempengaruhi divisi marketing untuk menaikkan branding kepada calon konsumen. Lalu, warna apa saja yang termasuk ke dalam psikologi warna?

Kuning

Psikologi Warna

Sumber : idntimes.com

Warna kuning merupakan warna utama dari matahari, oleh karena itu, warna kuning identik dengan ceria, bahagia, energik, dan kehangatan. Dari sekian banyak warna yang ada, warna kuning merupakan warna yang menarik perhatian, memiliki daya tarik oleh mata manusia, membuat warna kuning menjadi warna yang digunakan sebagai tanda pemberitahuan, seperti lampu lalu lintas.

Selain itu, warna kuning dapat merangsang berbagai fungsi tubuh manusia, seperti cara kerja hati, otak, usus, dan empedu. Warna kuning juga dikenal dengan warna yang kaya, karena, warna kuning dipakai pada emas, dan harta karun. Oleh karena itu, warna kuning cocok untuk usaha atau bisnis yang Rekan Bijak punya yang ingin menampilkan kehangatan, namun tetap enegergik, dan ceria.

Baca Juga : 5 Cara Membedakan Emas Asli atau Palsu

Biru

Psikologi Warna

Sumber : 4muda.com

Warna biru merupakan warna yang dapat membuat Rekan Bijak merasa tenang, kuat, namun merasa percaya diri. Jika Rekan Bijak sedang tidak nafsu makan, menggunakan piring berwarna biru dapat menaikkan nafsu makan Rekan Bijak, hal ini disebabkan oleh, makna dari warna biru itu sendiri, yang dapat membuat rasa ketenangan, namun tetap kuat. Warna juga memiliki manfaat untuk berbagai masalah yang di alami manusia, seperti insomnia, kecemasan, membantu Rekan Bijak untuk mendapatkan konsentrasi, dan meringankan beban pikiran.

Warna biru dikenal sebagai warna perusahaan, karena, hampir setiap perusahaan menggunakan warna biru sebagai warna utama, salah satu perusahaan yang sering menggunakan warna biru, yaitu perusahaan dibidang teknologi atau kimia. Maka, warna biru cocok untuk bisnis atau perusahaan Rekan Bijak yang bergerak dibidang teknologi, kimia, atau memiliki visi-misi, tujuan yang tenang, kuat, namun tetap percaya diri.

Baca Juga : Mengenal Silicon Valley, Kawasan Utama bagi Raksasa Teknologi Dunia

Hijau

Psikologi Warna

Sumber : Boombastis.com

Rekan Bijak suka dengan sesuatu hal yang membuat Rekan Bijak merasa tenang, damai, namun tetap mengalami pertumbuhan? Warna hijau adalah warna yang cocok untuk Rekan Bijak, dimana warna hijau identik dengan warna alam, yang membuat manusia merasakan tenang, serta damai.

Warna hijau biasa digunakan oleh suatu hal yang berhubungan dengan alam, dan lingkungan hidup. Oleh karena itu, warna hijau cocok untuk Rekan Bijak, jika ingin membuat bisnis atau perusahaan yang mengutamakan pertumbuhan, serta lingkungan hidup atau alam.

Baca Juga : 5 Macam Pengganti Sedotan Plastik yang Ramah akan Lingkungan

Merah

Psikologi Warna

Sumber : reservasi.com

Selain warna kuning, warna yang dapat menarik perhatian adalah warna merah, hal ini disebabkan, warna merah merupakan warna yang cerah, namun dapat menggambarkan sesuatu hal yang kuat, serta hangat. Meskipun warna merah dapat menarik perhatian, warna merah memiliki manfaat bagi tubuh manusia, manfaat yang dapat dirasakan, ketika Rekan Bijak melihat warna merah yaitu dapat meningkatkan sirkulasi darah, mencipkan perasaan yang gembira atau semangat.

Walaupun, warna merah dapat mempresentasikan perasaan yang kuat, warna merah juga sering digunakan oleh beberapa restoran sebagai logo atau ciri khasnya. Oleh karena itu, warna merah cocok untuk Rekan Bijak, jika ingin membuka bisnis makanan atau sesuatu hal yang dapat memperlihatkan rasa yang kuat, namun hangat.

Baca Juga : 8 Hindangan yang Wajib Ada Saat Tahun Baru Imlek

Ungu

Psikologi Warna

Sumber : pixabay.com

Warna ungu adalah warna yang dapat memberikan kesan kreatif, kebijaksanaan, serta kekayaan, warna ungu juga dapat membuat Rekan Bijak merasakan damai, dan aman. Rekan Bijak ingin membuat calon konsumen atau konsumen menggunakan imajinasi mereka? Yap, Rekan Bijak dapat menggunakan warna ungu untuk memacu imajinasi calon konsumen atau konsumen dari bisnis Rekan Bijak.

Warna ungu biasa digunakan sebagai produk kosmetik, oleh karena itu, jika Rekan Bijak ingin membuka bisnis yang bergerak dibidang kencatikan, warna ungu cocok untuk menjadi warna utama yang ada di logo bisnis atau perusahaan Rekan Bijak.

Baca Juga : Digital Marketing dan Marketing Konvensional, Apa ya Bedanya?

Nah, Rekan Bijak, sudah tahu mengenai berbagai warna yang ada di psikologi warna kan? Jika belum, Rekan Bijak dapat membaca kembali artikel diatas ya!

Psikologi Warna

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: