Mengenal Silicon Valley, Kawasan Utama bagi Raksasa Teknologi Dunia

Teknologi, pada setiap harinya manusia di muka Bumi tidak terlepas dari teknologi. Salah satunya teknologi berupa alat komunikasi, seperti gadget. Manusia pada saat ini sulit untuk lepas dari gadget yang mereka punya, dalam satu hari saja, manusia paling sedikit menggunakan gadget yaitu satu kali dalam sehari, dan itu hanya sedikit orang saja.

Mengenal Silicon Valley, Kawasan Utama bagi Raksasa Teknologi Dunia

Mengenal Silicon Valley, Kawasan Utama bagi Raksasa Teknologi Dunia

Teknologi diciptakan oleh manusia, dengan adanya teknologi yang semakin berkembang, sehingga, muncul satu kawasan khusus bagi orang-orang yang telah menciptakan atau mengembangkan teknologi tersebut, nama kawasan untuk raksasa teknologi Dunia adalah Silicon Valley (SV). Silicon Valley merupakan sebuah tempat yang berada dibagian selatan San Francisco, dimana kawasan tersebut merupakan kawasan utama dari penghasil teknologi informasi terbesar di dunia, dan tempat ini dikenal sebagai jantung dari perusahaan teknologi dunia.

Baca Juga : Mau Masuk Perusahaan Besar? Milikilah 6 Macam Soft Skill Ini!

Kata “silicon” berawal dari banyaknya perusahaan inovasi chip komputer berbahan silicon, sedangkan untuk, kata “valley” berasal dari “Santa Clara Valley” yang merupakan salah satu nama daerah yang berada di San Francisco. Nama silicon valley bukanlah nama yang diakui secara legal, nama tersebut hanya sebutan untuk menyebut kawasan dari pusat industri teknologi di Amerika Serikat. Silicon Valley memiliki beberapa wilayah, seperti San Jose, Santa Clara, Palo Alto, dan masih banyak lagi.

Silicon Valley

Sumber : dezeen.com

Silicon Valley berawal dari pendiri perusahaan HP pada tahun 1939 yang mendirikan perusahaan tersebut di kawasan SV, setelah perusahaan tersebut berkembang dengan sangat pesat, perusahaan-perusahaan lainpun mulai ikut untuk mendirikan perusahaan di kawasan SV, harapan perusahaan lain ikut menetap di kawasan SV yaitu ingin ikut meraih kesuksesan.

Baca Juga : 7 Cara Sukses Mengembangkan Bisnis yang Sedang Berjalan

Kawasan SV dipopulerkan oleh seorang pebisnis dari California yang bernama Ralph Vaerst, istilah dari kawasan ini semakin terkenal, ketika, sahabat dari Ralph Vaerst yang bernama Don Hoefler yang menulis artikel mengenai kawasan SV. Artikel yang diterbitkan oleh Don Hoefler pada 11 Januari 1971 pada surat kabar Electronic News yang berjudul “Silicon Valley in the USA”.

Silicon Valley

Sumber : Merdeka.com

Kawasan SV ini merupakan kawasan utama atau rumah utama bagi perusahaan-perusahaan besar di dunia, seperti HP, Google, Yahoo, Youtube, hingga Apple. Namun, sebelum perusahaan-perusahaan besar tersebut memiliki gedung yang megah di kawasan SV, perusahaan besar tersebut merintis bisnis mereka, hanya dengan garasi rumah yang ada di kawasan SV saja, lalu, setelah bisnis tersebut mengalami perkembangan hingga akhirnya sukses, barulah mereka mendirikan gedung megah yang berada di kawasan SV.

Baca Juga : 7 Tips dalam Mengembangkan Bisnis di Era Digital

Dengan adanya kabar baik mengenai kawasan SV ini, banyak orang dari berbagai negara yang memiliki ide, bakat, serta usaha yang kuat untuk membangun startup. Sudah ada puluhan orang yang berusia 20-an tahun, yang telah menyiptakan starup mereka sendiri, karena, mereka memiliki ide, bakat, serta usaha yang kuat, yang kemudian dilirik oleh para investor besar yang ada di kawasan SV.

Silicon Valley

Sumber : tribunnews.com

Dari sekian banyak perusahaan atau startup yang berada di SV, salah satu perusahaan yang sedang menjadi perbincangan yaitu Splend yang merupakan perusahaan teknologi yang berdiri pada tahun 2016, yang berfokus pada solusi untuk mengatasi masalah infrasruktur blockchain, dan orang yang menjadi founder sekaligus CEO dari perusahaan splend adalah orang indonesia, yang bernama Rick Blenzynski. Sebelum akhirnya mendirikan perusahaan splend, Rick juga pernah mendirikan dua perusahaan lain, yaitu Bay Microsystems, dan CTO Softcom Microsystems.

Kawasan SV selain dikenal dengan berbagai macam perusahaan atau startup yang bergerak dibidang teknologi atau berbagai bidang lain, kawasan SV menjadi salah satu lapangan kerja terbesar yang memberikan harapan bagi para pencari kerja dan investor. Dan dikawasan SV tidak hanya ada bangunan atau gedung dari berbagai perusahaan atau startup, melainkan, ada juga bangunan untuk tempat tinggal bagi para karyawan yang bekerja di perusahaan yang berada di SV, seperti apartment.

Baca Juga : Ketahui 10 Perusahaan Pengendali Restoran Terbesar di Dunia

Nah, Rekan Bijak, sudah tahu mengfenai Silicon Valley itu apa kan? Jika belum, Rekan Bijak dapat membaca kembali artikel diatas ya!

Silicon Valley

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: