Mengenal Tabungan Digital, Wadah Menabung Masa Kini

Mungkin masih ada beberapa diantara kamu yang memakai tabungan konvensional. Namun, tahukah kamu ada sesuatu yang bernama tabungan digital, dan tabungan tersebut memanglah tabungan yang cukup efektif karena hanya perlu diakses menggunakan aplikasi di smartphone.

Mengenal Tabungan Digital, Wadah Menabung Masa Kini

Mengenal Tabungan Digital, Wadah Menabung Masa Kini

Apakah ada Rekan Bijak disini baru pertama kali mendengar istilah tabungan digital? Mungkin masih banyak orang, termasuk Rekan Bijak sendiri, baru tahu ada sesuatu yang dinamakan dengan tabungan digital. Tabungan digital adalah sebuah kegiatan menabung, dengan adanya simpanan, mempunyai tujuan yang sama dengan menabung secara konvensional, namun yang membedakan adalah cara menabungnya yang tidak lagi dengan cara konvensional seperti memakai celengan, namun memakai teknologi.

Cara menabung memakai cara ini dikarenakan generasi sekarang ini yang sangat mengagungkan segala sesuatu harus lebih efektif dan efisien. Apalagi sekarang ini sudah ada smartphone yang membuat segala sesuatu dapat diakses lewat smartphone. Dengan begitu, kemudahan pun tercipta. Hal inilah yang menjadi daya tarik dari segala sesuatu yang bersifat digital.

tabungan digital

Sumber : Retailmenot.com

Beberapa perusahaan fintech sudah mempunyai kegunaan untuk menyimpan dana yang ada.  Sampai saat ini, kegunaan tabungan ini adalah untuk menyimpan simpanan uang dan juga bisa untuk transaksi para nasabah secara digital. Dengan tabungan ini pula, orang menjadi lebih mudah dalam mengakses tabungan mereka. Efektivitas ini sekali lagi membuat orang-orang lebih menyukai tabungan digital.

Ditambah lagi, tabungan ini dikenal mempunyai bunga yang lebih besar daripada tabungan konvensional, yakni sebesar 5%. Sedangkan tabungan konvensional, seperti bank, mempunyai bunga hanya sekitar 3%. Tabungan ini juga sangat mirip dengan tabungan konvensional, dan penyiapan data-data pun sama, mulai dari KTP hingga NPWP.

tabungan digital

Sumber : Africanbusinesscentral.com

Tabungan ini juga mempunyai banyak manfaat. Manfaatnya selain efektivitas dan efisiensi karena hanya dengan menggunakan smartphone, adalah :

  1. Nasabah mempunyai kebebasan untuk menetapkan waktu penyimpanan uangnya. Uangnya bisa ditarik saat jatuh tempo.
  2. Mempunyai sebuah tabungan digital memiliki bunga yang lebih besar dibandingkan tabungan konvensional, yakni sebesar 5%, dibandingkan tabungan konvensional yang hanya sekitar 3%.
  3. Tabungan ini juga dapat digunakan untuk beberapa tagihan, seperti beban listrik, air, telepon hingga asuransi. Bisa juga untuk cicilan-cicilan pinjaman tertentu.
  4. Tabungan ini juga tidak merepotkan. Jika tabungan konvensional mengharuskan untuk mendatangi mesin ATM, namun jika tabungan digital, hanya perlu mengontrolnya dan memantaunya memakai smartphone.
tabungan digital

Sumber : Eastvalleytribune.com

Banyak sebenarnya manfaat dari tabungan macam ini, karena memang sangatlah teknologi yang mendukung. Namun, ada juga kelemahan-kelemahan dari tabungan digital. Kelemahan itu salah satunya adalah serangan siber. Pastinya, hacker-hacker akan mencoba untuk menerobos sebuah layanan penyimpanan uang, agar uangnya bisa diambil untuk keuntungan-keuntungan para hacker. Oleh karena itu, tabungan digital sebenarnya cukup rawan diserang, kecuali mempunyai proteksi yang mampu melindungi data nasabahnya.

Selain menerobos penyimpanan uang, para hacker pun juga mampu melihat-lihat data yang ada dari para nasabah. Hal ini justru paling berbahaya, karena informasi dari seorang nasabah merupakan privasi, dan jika terbocorkan, bisa saja informasi dari nasabah tersebut dibocorkan sehingga nasabah itu diganggu kehidupan privasinya. Bahkan mungkin lebih parahnya, data-data nasabah tersebut bisa saja dijual ke perusahaan-perusahaan yang mungkin membutuhkan informasi-informasi privasi para nasabah.

Jika kamu merasa ada data atau uangmu tercuri, kamu bisa langsung lapor ke pihak kantor penyedia jasa tabungan digital tersebut! Dan kalau bisa, kamu jangan pernah memainkan smartphone kamu di tepi jalan, karena bahaya mengintai. Bisa saja orang membegal kamu dan mencuri smartphone kamu secara langsung dengan keadaan tidak terkunci, dan mencuri uangmu di aplikasi tabungan kamu!

tabungan digital

Sumber : goodretuns.in

Nah, bagaimana dengan kamu Rekan Bijak? Apakah kamu ingin mencoba menabung di tabungan digital? Walaupun ada kelemahan, namun pastinya tabungan tersebut akan memakai cara agar tabungan kamu bisa diproteksi, juga data-data yang ada di kamu! Jadi, mengapa tidak mencoba untuk mempunyai tabungan tersebut?

tabungan digital

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: