Mengenal Tax Amnesty dan 3 Fakta Unik Pemberlakuannya di Indonesia

Tax amnesty sudah dilakukan oleh banyak negara, namun ternyata masih banyak yang tidak mengerti tentang tax amnesty itu sendiri. Hal ini membuat banyak orang perlu diedukasikan tentang tax amnesty dan keuntungannya buat negara. Pengetahuan tentang tax amnesty itu penting agar orang-orang mengetahui keuntungan dalam membayar pajak.

Mengenal Tax Amnesty dan 3 Fakta Unik Pemberlakuannya di Indonesia

Mengenal Tax Amnesty dan 3 Fakta Unik Pemberlakuannya di Indonesia

Pada tahun 2016, saat awal-awal pemerintahan Presiden Joko Widodo, gebrakan dilakukan oleh pemerintah terhadap masyarakat, yakni pemberlakuan tax amnesty atau dalam bahasa indonesia, disebut sebagai pengampunan pajak. Hal ini dilakukan agar orang-orang yang suka tidak membayar pajak, menjadi membayar pajak kembali. Pemberlakuan tax amnesty di Indonesia ini pun dikatakan sebagai salah satu pengampunan pajak paling sukses dalam sejarah di dunia, sebagaimana dilansir oleh media internasional Reuters. Bahkan, dikatakan pemberlakuan pengampunan pajak ini mencapai Rp 2514 Triliun, sebuah angka yang fantastis.

Namun, pengampunan pajak sayangnya masih bisa dikatakan belum terlalu dipahami oleh banyak bagian dari masyarakat. Tax Amnesty sejatinya, adalah sebuah kesempatan berbatas waktu bagi kelompok wajib pajak tertentu untuk membayar pajak dengan jumlah tertentu sebagai pengampunan atas kewajibannya membayar pajak, juga diampuni bunga dan dendanya, yang berkaitan dengan masa pajak sebelumnya tanpa takut adanya hukuman pidana tertentu.

tax amnesty

Sumber : Presidenri.go.id

Pengampunan pajak ini digunakan sebagai kas negara dan uangnya juga pastinya digunakan untuk untuk pembangunan negara dan pengembangan daerah-daerah yang masih belum terlalu berkembang. Dengan adanya tax amnesty ini juga, negara jadi lebih terbantukan untuk mengetahui orang-orang yang terdaftar untuk melakukan wajib pajak. Pengampunan pajak ini meliputi penghapusan pajak yang terutang, penghapusan sanki administrasi pajak, hingga penghapusan sanksi pidana.

Di Indonesia sendiri, terdapat 30 juta orang yang terdaftar sebagai wajib pajak. Dengan adanya tax amnesty, mereka tidak perlu membayar pajak tambahan akibat tidak membayar pajak sebelumnya. Dengan begitu, tidaklah terlalu sulit untuk memikirkan harus melakukan tax amnesty atau tidak, karena keuntungan yang diberikan dari pemerintah terhadap orang-orang yang terkena wajib pajak pun besar.

Cara mendaftar program tax amnesty pun tidaklah sulit. Dengan cara datang ke kantor pelayanan pajak dan mengisi formulir yang ada dan diberikan informasi-informasi tentang pengisian Surat Pernyataan Harta; Lalu membawa NPW, lalu membayar uang pajak yang terhutang, lalu menghitung pajaknya sendiri, dan bayar uang tebusan di bank. Lalu tinggal mengurus surat pengampunan pajak. Tidak sulit, bukan?

tax amnesty

Sumber : Ekonomi.kompas.com

Program ini pun juga dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi dan restrukturisasi ekonomi. Pertumbuhan kredit pun juga bisa naik akibat dari program tax amnesty ini. Dengan adanya program ini pula, kedua pihak, yakni pihak individu yang seharusnya menjadi peserta wajib pajak dan pihak pemerintah sebagai penerima pajak, kedua pihak pun mendapatkan untung di masing-masing bagiannya. Rahasia tentang kekayaan mereka pun dijanjikan tidak akan bocor oleh Dirjen Pajak.

Namun, jika program ini tidak dipatuhi, maka sanksinya pun bisa dikatakan cukup berat. Pengabaian program ini oleh pihak-pihak wajib pajak tertentu, akan mengakibatkan sanksi sebesar 200% dari pajak. Bahkan, dikatakan pula akan ada sanksi-sanksi pajak tertentu yang diberikan.

Ada pula fakta unik mengenai program tax amnesty yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia, seperti :

Ada WP(Wajib Pajak) yang Uang Tebusannya Mencapai Rp 1 Triliun

tax amnesty

Sumber : Presidenri.go.id

Menurut Menteri Keuangan, Ibu Sri Mulyani Indrawati, mengungkapkan ada 4 WP yang membayar uang tebusan hingga Rp 1 triliun dan masuk WP pajak besar. Yang bisa dikatakan adalah, para WP yang membayar uang hingga Rp 1 triliun memiliki harta dalam kisaran Rp 5 triliun hingga Rp 50 triliun, dan bisa dikatakan mereka adalah konglomerat yang mungkin saja selama ini menyimpan uangnya di luar negeri.

Dengan uang yang sebegitu besar, mereka pun dapat dikatakan berada di peringkat 11-38 orang terkaya di Indonesia. Dikatakan bahwa para pengusaha tersebut bergerak di bidang-bidang seperti batu bara, perkebunan, barang ritel, konsumsi, properti hingga media.

Tax Amnesty Belum Tentu Ada hingga 100 Tahun Lagi

tax amnesty

Sumber : BBC.com

Hingga 100 tahun lagi, belum tentu ada yang dinamakan pengampunan pajak. Tax amnesty sendiri akan sulit untuk terulang lagi. Dirjen Pajak Kementerian Keuangan Ken Dwijugiasteadi bahkan mengaku sedih karena program ini akan berakhir.

Program ini juga telah berlangsung selama 9 bulan, dan dapat dikatakan program ini telah berhasil dalam mengumpulkan pajak-pajak yang ada demi membangun negeri.

Tax amnesty Berakhir, Ada Sanksi untuk WP yang Tidak Mematuhi

tax amnesty

Sumber : Tribunnews.com

Tax Amnesty sudah berakhir, Direktorat Jendral Pajak pun memastikan akan bertindak tegas terhadap orang-orang WP yang masih memutuskan untuk tidak ikut program pengampunan pajak. Sanksinya pun cukup tegas dan berat, yakni disanksi denda administrasi 25 persen dari harta, dan ditambah 200 persen dari denda administrasi.

Lebih berat lagi, dikatakan oleh Kepala Kantor Wilayah Dirjen Pajak Provinsi Bali Nader Sitorus, bahwa 75 persen harta dari WP akan diambil negara jika pengampunan pajak tidak dipatuhi.

Nah, begitulah ulasan dan fakta-fakta unik tentang tax amnesty yang dilakukan di Indonesia, dan program pengampunan pajak yang di Indonesia juga telah dikenal sebagai program pengampunan pajak paling berhasil yang ada di dunia. Bagaimana dengan kamu? Apakah Rekan Bijak sudah mematuhi peraturan perpajakan yang ada di Indonesia dan telah membayar pajak dengan tepat waktu?

tax amnesty

 

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: