Mengenal Teknik Biomedik, Jurusan Teknik di Bidang Kedokteran

Banyak siswa sekolah menengah atas, terutama dari jurusan Ilmu Pengetahuan Alam, kebingungan dalam memilih jurusan. Bahkan, ada juga orang yang memang benar-benar menyukai semua pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, namun bingung mau masuk jurusan apa ketika berkuliah. Untuk kamu yang memang menyukai semua pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, mungkin kamu bisa memilih jurusan Teknik Biomedik, yang menggabungkan seluruh elemen pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.

Mengenal Teknik Biomedik, Jurusan Teknik di Bidang Kedokteran

Mengenal Teknik Biomedik, Jurusan Teknik di Bidang Kedokteran

Mungkin sedikit orang yang mengetahui tentang jurusan Teknik Biomedik. Jurusan Teknik Biomedik adalah pengaplikasian ilmu-ilmu dan prinsip-prinsip teknik dalam bidang medis. Bisa dikatakan, jurusan ini cocok untuk kamu yang ingin masuk kedokteran, namun juga menyukai ilmu-ilmu fisika dan kimia. Bahkan, banyak orang yang berkata bahwa jurusan ini pada kenyataannya merupakan seorang dokter dalam ilmu teknologi.

Bisa dikatakan, lulusan-lulusan dari jurusan ini akan bekerja dibalik layar semua dokter, terutama dokter-dokter yang ahli dalam operasi-operasi tertentu, karena fokus dari orang-orang yang merupakan lulusan dari jurusan Teknik Biomedik merupakan orang-orang yang akan berfokus pada mesin-mesin yang akan dipakai para dokter, dan bahkan ada juga obat-obat yang dipakai oleh para dokter yang berasal dari jurusan ini.

Biasa juga disebut sebagai Biomedical Engineering, seseorang yang masuk Teknik Biomedik akan menggabungkan beberapa jenis elemen dan prinsip dari ilmu teknik, dan juga beberapa jenis elemen dan prinsip dari ilmu kedokteran. Mereka pun akan belajar tentang ilmu-ilmu elektronik dan mendesain mesin-mesin kebutuhan kedokteran, sekaligus mempelajari tentang anatomi tubuh manusia dan ilmu faal.

teknik biomedik

Biomedical Engineering juga menerapkan cara-cara baru yang diklaim lebih efektif dan efisien dalam melawan penyakit yang menyerang manusia, yakni dengan adanya pembuatan mesin-mesin diagnosa penyakit, atau pun dengan adanya alat-alat tertentu yang bisa menyembuhkan atau memperbaiki organ manusia. Sudah banyak macam mesin yang tercipta dikarenakan jurusan Teknik Biomedik, antara lain MRI(Magnetic Resonance Imaging), organ-organ implan buatan, hingga rekayasa-rekayasa jaringan.

Berkembangnya teknologi, dan juga kebutuhan manusia kepada dokter dan mulai meninggalkan pengobatan tradisional, membuat pekerjaan sebagai seorang insinyur biomedik menjadi lebih penting daripada waktu-waktu sebelumnya, karena dokter pun membutuhkan para insinyur biomedik, sehingga bisa dikatakan, prospek kerja dari jurusan ini pun besar, sehingga tidak perlu lelah mencari kerja setelah lulus dari jurusan ini.

Ada beberapa mata kuliah yang akan kamu pelajari dalam jurusan ini, seperti : biokimia, anatomi manusia, biofotonik, komputasi biomedis hingga kalkulus. Dari mata kuliah-mata kuliah seperti ini, dapat disimpulkan bahwa kamu akan mempelajari segala pelajaran yang menyangkut tentang Ilmu Pengetahuan Alam, mulai dari Fisika, Kimia, Biologi hingga Matematika sekalipun.

teknik biomedik

Untuk prospek kerja, seperti yang sudah dikatakan, prospek jurusan ini cukup menjanjikan, bahkan bisa menjadi pekerjaan yang sangat dibutuhkan di masa depan, mengingat banyak dokter dan rumah sakit yang pastinya membutuhkan kecanggihan alat dan mesin demi membantu mereka menyelesaikan masalah-masalah diagnosa dan penyembuhan penyakit pada manusia.

Bahkan, dalam waktu 2017-2022, pekerjaan dari Teknik Biomedik diproyeksikan bisa meningkat hingga 27%, salah satu peningkatan kebutuhan pekerjaan terbesar. Hal ini dikarenakan permintaan pasar yang besar, sehingga orang-orang yang menjadi insinyur biomedik pun diperlukan. Ditambah lagi, semakin lama karena kecanggihan teknologi dan akses internet yang tanpa batas membuat masyarakat lebih sadar akan pentingnya kesehatan dan membutuhkan fasilitas kesehatan modern.

teknik biomedik

Gaji awal seorang insinyur biomedik, jika dilihat dari Inggris, bisa mencapai 21.176 Pounds per tahun, atau sekitar Rp 400.000.000,- per tahun. Untuk seorang profesional di Amerika Serikat yang sudah biasa bekerja, mempunyai gaji hingga USD 62.700 sampai USD 104.000, atau sekitar Rp 846.450.000,- hingga Rp 1.404.000.000,-! Namun, tentunya, untuk mendapatkan uang sebesar ini, tentunya membutuhkan perjuangan besar, bukan?

Proses perkuliahan pun bisa dikatakan lebih berat daripada jurusan pada umumnya, dan bahkan ada beberapa universitas di Indonesia yang mewajibkan para mahasiswanya untuk bisa lulus tes bahasa Inggris yakni IELTS dengan minimal skor 6.5. Hal ini tidaklah mengagetkan, mengingat alat-alat yang akan mereka pelajari dan buku-buku yang akan mereka baca, semuanya berasal dari luar negeri, sehingga mereka diharuskan untuk mempelajari bahasa Inggris untuk memudahkan pembelajaran.

teknik biomedik

Ada beberapa universitas unggulan di Indonesia terkait dengan jurusan Teknik Biomedik, dan kebanyakan dari universitas tersebut adalah universitas negeri. Universitas-universitas tersebut adalah Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Institut Teknologi Sepuluh November dan Institut Teknologi BandungUntuk universitas unggulan di luar negeri, ada beberapa universitas unggulan untuk kamu yang tertarik berkuliah di luar negeri, seperti : UC San Diego, Duke University, Stanford University, UC Berkeley dan John Hopkins University.

Untuk kamu yang memang ingin mempelajari tentang kedokteran sekaligus dengan teknik, kamu bisa masuk ke jurusan ini! Tentunya memang membutuhkan semangat yang besar, kedisiplinan sekaligus harus rajin belajar dan meneliti sesuatu untuk masuk ke jurusan ini karena tidak akan mudah, namun proses tidak akan mengkhianati hasil, bukan?

teknik biomedik

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: