Mengenali 5 Informasi Umum Terkait Pajak Kendaraan

Apa saja informasi yang perlu diketahui terkait pajak kendaraan bermotor? Baca ulasan lengkapnya di artikel berikut!

Mengenali 5 Informasi Umum Terkait Pajak Kendaraan

Mengenali 5 Informasi Umum Terkait Pajak Kendaraan

Pajak kendaraan bermotor termasuk ke dalam jenis pajak provinsi yang merupakan bagian dari Pajak Daerah. Sebagaimana didefinisikan dalam Pasal 1 Angka 12 dan 13 UU No.28 Tahun 2009, Pajak kendaraan bermotor adalah pajak atas kepemilikan dan/atau penguasaan kendaraan bermotor.

Indonesia menerapkan jenis pajak berupa Pajak Pusat dan Pajak Daerah. Berdasarkan Pasal 1 Angka 10 Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, Pajak Daerah merupakan kontribusi wajib kepada daerah yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan Undang-Undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan daerah bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

 

Pajak Kendaraan

Apa saja informasi terkait pajak tersebut yang perlu diketahui oleh Rekan Bijak? Berikut uraiannya!

SUBJEK PAJAK

Pasal 4 UU No.28 Tahun 2009 mengatur bahwa subjek pajak kendaraan bermotor adalah orang pribadi atau badan yang memiliki dan/atau menguasai kendaraan bermotor.

WAJIB PAJAK

Wajib Pajak Kendaraan Bermotor adalah orang pribadi atau badan yang memiliki kendaraan bermotor. Bagi Wajib Pajak yang berupa suatu badan maka kewajiban perpajakannya diwakili oleh pengurus atau kuasa dari badan tersebut.

OBJEK PAJAK

Berdasarkan Pasal 3 UU No.28 Tahun 2009, Objek Pajak Kendaraan Bermotor adalah kepemilikan dan/atau penguasaan kendaraan bermotor. Yang termasuk dalam pengertian kendaraan bermotor adalah kendaraan bermotor beroda beserta gandengannya yang dioperasikan di semua jenis jalan darat dan kendaraan bermotor yang juga dioperasikan di air dengan ukuran isi kotor GT 5 (lima Gross Tonnage) sampai dengan GT 7 (tujuh Gross Tonnage).

PENGECUALIAN OBJEK PAJAK

Adapun hal-hal yang dikecualikan dari objek pajak, antara lain :

1. Kereta api.

2. Kendaraan bermotor yang hanya digunakan untuk keperluan pertahanan dan keamanan negara.

3. Kendaraan bermotor yang dimiliki dan/atau dikuasai kedutaan, konsulat, perwakilan negara asing dengan asas timbal balik dan lembaga-lembaga internasional yang memperoleh fasilitas pembebasan pajak dari pemerintah.

4. Objek pajak lain yang ditetapkan dalam peraturan daerah.

RUMUS PERHITUNGAN 

A. Dasar Pengenaan Pajak

Dasar pengenaan pajak kendaraan bermotor adalah hasil perkalian dari 2 unsur pokok, yaitu :

  • Nilai jual kendaraan bermotor (harga pasaran umum)
  • Bobot yang mencerminkan secara relatif tingkat kerusakan jalan dan/atau pencemaran lingkungan akibat penggunaan kendaraan bermotor yang dinyatakan dalam koefisien yang nilainya satu atau lebih besar dari satu bobot.

Khusus bagi kendaraan bermotor yang digunakan di luar jalan umum, termasuk di dalamnya alat-alat besar dan berat beserta kendaraan di air, dasar pengenaan pajak kendaraan bermotor adalah hanya nilai jual kendaraan bermotor.

B. Tarif Pajak Kendaraan Bermotor

Pasal 6 ayat (1) UU No.28 Tahun 2009 mengatur bahwa penetapan batas bawah dan batas atas tarif pajak kendaraan bermotor pribadi. Oleh karena itu, kepastian penetapan tarif tersebut diatur berdasarkan peraturan daerah pada masing-masing provinsi.

Contohnya saja tarif pajak kendaraan bermotor kepemilikan oleh orang pribadi berdasarkan Pasal 7 ayat (1) Huruf a Peraturan Daerah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 8 Tahun 2010 Tentang Pajak Kendaraan Bermotor (Perda DKI No.8 Tahun 2010) telah ditetapkan sebesar 1,5%, untuk kepemilikan kendaraan bermotor pertama.

Butuh dana tambahan untuk membayar pajak kendaraan? Ajukan saja pinjaman segera di Danabijak!

pinjaman uang online cepat cair

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: