Mengenali 5 Manfaat Investasi Reksadana

Tak hanya saham, reksadana sebagai salah satu jenis investasi, juga memberikan banyak keuntungan bagi investornya. Apa saja? Mari simak uraiannya pada artikel berikut!

Mengenali 5 Manfaat Investasi Reksadana

Mengenali 5 Manfaat Investasi Reksadana

Selagi usia masih muda dan masih dalam masa produktif, sebaiknya Rekan Bijak mulai memikirkan untuk memulai berinvestasi. Selain sebagai jaminan hari tua, investasi reksadana juga bisa dijadikan solusi alternatif untuk memberi keamanan di masa depan. Jangan menunda berinvestasi jika hal tersebut sudah bisa dilakukan saat ini. Rekan Bijak dapat memilih jenis investasi yang hendak ditanamkan. Investasi yang dijalankan sedini mungkin hasilnya akan makin besar saat hari tua nanti.

Investasi Reksadana

Reksadana menjadi salah satu investasi incaran banyak investor.

Salah satu jenis investasi yang paling banyak diincar adalah reksadana. Reksadana dibagi menjadi beberapa jenis, di antaranya : pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana saham, dan reksadana campuran.

PENGERTIAN REKSADANA

Reksadana merupakan kesatuan modal yang dibentuk oleh beberapa individu, perusahaan, ataupun kelompok lainnya. Penyatuan ini bertujuan untuk kemudian diinvestasikan lagi dalam surat berharga, seperti saham, obligasi, pasar uang, dan lainnya. Jumlahnya yang besar membuat reksadana membutuhkan orang profesional yang mampu mengalokasikan dana agar mendapatkan keuntungan dan pendapatan bagi para investor reksadana. Bedanya dengan investasi saham, investor reksadana tidak memiliki hak untuk voting. Selain itu, keuntungan yang diperoleh pemegang reksadana adalah dividen jika investasinya berupa saham dan bunga jika investasinya berbentuk obligasi.

KEUNTUNGAN INVESTASI REKSADANA

Reksadana memiliki beberapa keuntungan bagi para investornya, antara lain :

1. Reksadana Mudah Dipahami

Agar dapat menjadi seorang investor reksadana yang sukses, Rekan Bijak tidak perlu memiliki banyak pengalaman di bidang ekonomi maupun dalam laporan keuangan. Sederhananya, reksadana adalah penyatuan dana dari berbagai investor di bawah satu manajemen pengelolaan dana yang sama. Reksadana dapat juga berarti wadah investasi. Di setiap wadah terdapat ribuan saham, obligasi, maupun surat berharga lainnya. Oleh karena itu, saat investor memiliki reksadana maka ia akan mengalokasikan dananya pada wadah tersebut.

2. Menurunkan Risiko yang Mungkin Terjadi

Diketahui bahwa reksadana merupakan jenis investasi yang tak hanya berfokus pada satu investasi pada satu perusahaan. Hal ini jelas akan mengurangi risiko yang terjadi meski mustahil untuk dapat sama sekali menghilangkannya. Dengan kata lain, risiko yang ada tidak terpusat pada satu jenis investasi, namun akan tersebar.

Pada dasarnya, reksadana memungkinkan 2 jenis risiko, yaitu risiko gain dan risiko loss. Jika reksadana ditempatkan pada dana investasi di 20 perusahaan dan 3 di antaranya mengalami risiko loss, investor tidak perlu khawatir sebab perusahaan lainnya mungkin saja tidak mengalami kerugian atau justru mengalami risiko gain.

3. Reksadana Mudah Dibeli

Banyak lembaga yang kini menawarkan jenis investasi reksadana, terutama lembaga perbankan, sebut saja bank atau perusahaan asuransi. Bahkan pemula bisa langsung membuka akun reksadananya. Proses pembukaan akun baru reksadana juga tidak membutuhkan waktu lama, umumnya hanya sampai 1 jam.

4. Transparan Informasi

Reksadana merupakan jenis investasi yang memberikan informasi perkembangan portofolio serta biaya secara berkelanjutan. Hal ini bertujuan agar pemegang unit penyertaan bisa memantau keuntungan, risiko, hingga biaya yang dikeluarkan setiap saat. Manager Investasi, selaku pengelola reksadana, juga wajib mengumumkan nilai aktiva bersih setiap hari di media cetak dan akan menerbitkan laporan keuangan tengah tahun dan per tahunan, juga prospektus yang dilakukan secara teratur. Adanya transparansi informasi ini membuat para investor nyaman dan dapat memantau perkembangan investasi reksadananya secara rutin.

5. Tingkat Likuiditas Tinggi

Likuiditas merupakan kemampuan perusahaan untuk membayar kewajiban jangka pendek. Semakin perusahaan memiliki likuiditas yang tinggi, semakin perusahaan itu dapat dipercaya karena kemampuan membayar kewajiban jangka pendek sangat baik. Dengan tingkat likuiditas yang tinggi, investor dapat mencairkan kembali unit penyertaannya setiap saat sesuai dengan ketetapan yang berlaku di setiap reksadana.

pinjaman uang online cepat cair

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: