Mengenali 7 Jenis Tabungan di Indonesia agar Tidak Salah Pilih

Agar Rekan Bijak tidak salah dalam memilih jenis tabungan yang sesuai dengan kebutuhan, simak 7 macamnya dalam artikel berikut!

Mengenali 7 Jenis Tabungan di Indonesia agar Tidak Salah Pilih

Mengenali 7 Jenis Tabungan di Indonesia agar Tidak Salah Pilih

Menabung adalah hal yang tidak bisa lepas dari seluruh lapisan masyarakat, semua orang butuh tempat yang aman untuk menyimpan uangnya. Banyak jenis tabungan yang bisa menguntungkan tergantung fungsi dan keuntungannya masing-masing.

Inilah 7 Jenis Tabungan di Indonesia yang perlu Rekan Bijak ketahui!

TABUNGAN KONVENSIONAL   

jenis tabungan

 

Tabungan konvensional adalah kegiatan menyimpan dana dalam sebuah akun rekening di bank yang Rekan Bijak percaya sebagai tempat menyimpan uang kita. Jenis tabungan konvensional adalah tabungan yang hampir dimiliki oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia karena prosesnya yang mudah dan sangat cepat dibanding jenis tabungan lainnya. Jika kita ingin membuka tabungan maka di saat itu juga kita akan mendapatkan akun tabungan kita. Besar bunga yang kita akan dapatkan tergantung tawaran yang diberikan dari masing-masing bank.

Tabungan konvensional memiliki fasilitas yang memudahkan nasabah melakukan transaksi keuangan, salah satunya memberikan kita kartu ATM (Anjungan Tunai Mandiri), selain itu nasabah juga dapat menyimpan, menyetorkan, dan mengambil uang kapan saja dan memeriksa pengeluaran dan pemasukan dari buku tabungan kita.

TABUNGAN SYARIAH

jenis tabungan

Sumber : malangvoice.com

 

Tabungan Syariah adalah tabungan yang menggunakan hukum Islam sebagai landasan prinsip kerja dan pengelolaanya. Umumnya, bank syariah menggunakan dua prinsip, yaitu akad Wadi’ah (tabungan hanya merupakan titipan dari nasabah, jadi nasabah tidak akan mendapatkan keuntungan bunga) dan Mudharabah (yang menggunakan sistem bagi hasil pada keuntungan).

Tabungan Syariah menawarkan bagi hasil sebagai ganti bunga karena bunga menurut syariat Islam dikatakan sebagai riba yang hukumnya haram. Oleh karena itu, sistem bagi hasil tidak melanggar syariat. Selain itu banyak juga kelebihan dari tabungan syariah, seperti; bebas biaya admin dan tanpa minimum saldo, memiliki produk khusus dengan tujuan khusus (tabungan haji, wakaf hingga tabungan qurban). Produk ini tidak akan ditemukan di jenis tabungan lainnya.

TABUNGAN GIRO

jenis tabungan

Sumber : www.dbs.com

 

Tabungan Giro bisa juga dibilang tabungan bisnis karena tabungan ini dibuat untuk menyimpan uang dari perusahaan bisnis dan mengutamakan transaksi dari berbagai perusahaan. Jika kita biasanya menerima buku tabungan untuk melihat aktivitas keuangan kita, di tabungan giro kita akan menerima “rekening koran” yang akan dikirim oleh pihak bank setiap bulannya. Untuk transaksinya pun kita menggunakan cek & bilyet giro, sejumlah dana yang tertera di dalamnya akan dicairkan secara langsung di bank yang tertera pada cek tersebut.

Bilyet giro adalah alat untuk pemindahbukuan, artinya, sejumlah dana yang tertera di dalamnya hanya bisa dipindahbukukan ke dalam rekening penerimanya saja. Setelah pemindahbukuan tersebut, nasabah bisa menariknya dalam bentuk tunai. Maka dari itu, giro tidak bisa langsung dicairkan secara tunai.

TABUNGAN BERJANGKA

jenis tabungan

Sumber : www.bankofhope.com

 

Jika di tabungan konvensional nasabah bisa mengambil tabungan sesuka hati, tidak dengan tabungan berjangka. Di tabungan berjangka, nasabah diwajibkan untuk menyetorkan uang sebesar Rp.100.000 – Rp.500.000 per bulan.

Untuk pengambilan uang tabungan hanya bisa dilakukan sesuai dengan jadwal kesepakatan, biasanya berjangka waktu 3, 6 hingga 12 bulan. Yang menguntungkan dari tabungan berjangka adalah bunga deposito yang cukup tinggi (3-7%). Tabungan berjangka sangat cocok untuk kita yang pola hidupnya boros, karena uang tidak bisa kita ambil seenaknya.

TABUNGAN INVESTASI

jenis tabungan

Sumber : www.klikcar3i.com

 

Tabungan Investasi sangatlah cocok untuk Rekan Bijak yang suka berbisnis saham karena umumnya tabungan ini digunakan untuk bertransaksi jual-beli saham.

Tabungan investasi digunakan untuk menampung uang yang akan digunakan khusus untuk membeli saham dan juga menyimpan keuntungan hasil dari berbisnis saham tersebut.

TABUNGAN VALUTA ASING

jenis tabungan

Sumber : economy.okezone.com

 

Hampir sama fungsinya dengan tabungan investasi, hanya saja, yang pasti tabungan jenis ini menggunakan mata uang asing sebagai dana yang disimpan oleh nasabah. Banyak orang yang melakukan investasi mata uang asing karena keuntungan yang cukup bermanfaat. Saat terjadi kenaikan nilai mata uang negara tersebut, jika ditukarkan kita akan mendapat keuntungan dari investasi ini.

Selain untuk keuntungan memiliki tabungan mata uang asing adalah jika kita memiliki anak yang bersekolah di luar negeri akan memudahkan untuk mengirimkan uang dan uang kita juga akan terlindung dari fluktuasi kurs.

TABUNGAN ANAK

jenis tabungan

Sumber : www.bukalapak.com

 

Pola hidup hemat sudah bisa diterapkan sejak dini kepada anak kita, hal menarik yang bisa kita lakukan adalah mendaftarkan anak kita sebagai nasabah cilik di bank yang memiliki produk untuk tabungan anak.  Diharapkan dengan melakukan hal ini sang anak akan mengerti pentingnya menabung.

Khusus untuk tabungan anak, biasanya konsep yang ditawarkan lebih menarik untuk anak, mereka akan mendapatkan buku tabungan dan kartu ATM dengan desain yang lebih berwarna dan familiar dengan dunia anak, seperti gambar tokoh kartun atau superhero kesukaan mereka. Biaya  admin dan deposit untuk anak juga tidak terlalu besar, biasanya tabungan anak dikhusukan untuk biaya pendidikan anak.

Semoga dengan adanya artikel tentang 7 Jenis Tabungan di Indonesia ini akan menambah pengetahuan sehingga tak salah dalam memilih jenis tabungan sesuai kebutuhan Rekan Bijak.

pinjaman uang online cepat cair

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: