10 Tips Menggelar Pesta Pernikahan Bertema Outdoor Wedding

Outdoor wedding kini adalah salah satu konsep pernikahan yang tengah digemari oleh banyak pasangan. Konsep pernikahan yang identik dengan suasana intimate namun tetap santai ini memang memberikan banyak pilihan wedding venue, baik itu taman, gunung, ataupun pantai.

Belakangan ini sedang marak-maraknya pasangan yang menggelar pesta pernikahan diluar ruangan, atau bisa disebut outdoor wedding. Jika biasanya pernikahan diadakan didalam gedung atau ruangan, kali ini pesta pernikahan marak diadakan diluar ruangan, seperti taman, hutan, dan tempat terbuka lainnya, biasanya pesta pernikahan outdoor mengusung tema yang tidak kalah unik, seperti, tema rustic, vintage, garden party, beach party, dan tema lainnya yang cocok dengan suasana tempat. Jika Rekanbijak sedang merencanakan pesta pernikahan yang bertema outdoor wedding, Rekan bisa melihat tipsnya dibawah ini.

Tentukan Lokasi

Pesta Pernikahan

thebereanbaptistchurch.com

Menentukan lokasi yang tepat sebagai untuk  outdoor wedding adalah hal pertama yang wajib kita lakukan. Kita harus tahu persis keunggulan lokasi tersebut. Misalnya dengan menyewa camping ground  untuk tempat penginapan keluarga, bisa mengatasi masalah cuaca dan keamanan terjamin. Atau jika acara ingin lebih personal kita bisa saja memanfaatkan taman atau halaman belakang rumah kita.

Karena tema-nya pernikahan outdoor, kita juga harus siap dengan antisipasi jika cuaca tidak mendukung. Cuaca adalah faktor yang paling tidak bisa diprediksi, jika terjadi hujan turun di tengah-tengah pesta pernikahan kita, kita bisa mengakalinya dengan memasang tenda transparan untuk ruang makan sehingga akan tetap aman sekalipun hujan turun.

Mengurus Perizinan

Hal yang paling penting dari semua hal diatas ialah perizinan, tanpanya semua yang telah direncanakan tak akan bisa terlaksana dengan lancar. Contohnya saja jika ingin menyelenggarakan wedding outdoor di taman kota, setidaknya mempelai harus mempunyai persiapan pernikahan izin dari pengelola taman kota setempat untuk menggelar pesta pernikahan. Agar kebersihan selama dan sesudah pesta terjaga, maka tanyakan di mana dapat membuang sisa makanan dan aksesoris pesta. Ini dilakukan agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan.

Tentukan waktu yang tepat

Tentukan waktu yang tepat untuk acara pernikahan sesuai dengan tempat pilihan pasangan. Apabila kita mengadakan outdoor wedding di pantai, jangan mengadakan acara pada jam 1 siang, karena akan membuat para tamu undangan kepanasan. Saat matahari terbenam akan menjadi pilihan yang lebih tepat dan juga dapat menambah suasana romantis hari bahagia kita bersama pasangan

Menentukan Tema dan Konsep

osimplyevents.com

Mendiskusikan tema dan konsep pesta pernikahan sesama pasangan adalah hal yang paling menyenangkan dari proses mengurus pernikahan. Kita bisa memilih konsep yang kita senangi, misalnya garden party dengan nuansa putih, atau konsep vintage dengan tema rustic. Dengan mendiskusikan ini kita bisa menyiapkan apa saya yang perlu dilakukan dan dipersiapkan untuk menyempurnakan pesta pernikahan dengan sempurna. Dari sini kita bisa menyiapkan daftar keperluan, anggaran dan penanggung jawab acara. Selain memikirkan acara kita juga harus memukirkan tanggal yang tepat untuk mengadakan outdoor wedding, sebisa mungkin pilihlah bulan di musim panas,  jika memang sudah terlanjur di bulan musim hujan, kita harus persiapkan tenda atau terpal untuk mengatapi acara kita agar acara tetap berjalan dan tamu undangan tidak kehujanan.

Menyiapkan Plan B 

Salah satu kendala terbesar dalam outdoor wedding adalah cuaca yang kadang tidak menentu, maka dari itu pastikan kita menyiapkan plan B dengan matang. Kita dapat mendiskusikannya dengan wedding organizer pilihan kita, karena pengalaman profesional mereka pasti membekali mereka dengan pengetahuan-pengetahuan berharga yang akan membantumu dalam menyiapkan outdoor wedding dengan matang.

Kenyamanan Tamu

Pikirkan dulu, cuaca seperti apa yang akan dihadapi pada persiapan pernikahan saat menggelar Pesta wedding atau pernikahan outdoor. Panas atau hujan tidak masalah, namun jangan sampai tamu yang hadir kecewa dengan keputusan kita menggelar wedding outdoor. Agar wedding outdoor berkesan bagi para tamu yang hadir, sesuaikan menu yang akan dihidangkan dengan cuaca yang ada.

Persiapan pernikahan selanjutnya adalah agar tamu tidak merasa tertipu, selain menyelipkan alamat tempat pesta, di dalam undangan, informasikan juga pada mereka memakai pakaian yang dianjurkan. Hal ini agar para tamu nyaman selama berlangsungnya pesta. Jika tempat yang kita pilih ialah pantai atau tempat hangat, jangan lupa untuk minta penyedia tempat Pesta wedding atau pernikahan outdoor untuk melengkapi fasilitas AC portable  mengantisipasi keadaan cuaca yang tak terduga.

Kenyamanan tamu undangan adalah hal yang perlu kita utamakan. Apabila kita mengatakan seating dinner, pastikan kursi tamu undangan kita dilapisi bahan yang nyaman untuk diduduki. Kita juga bisa berdiskusi dengan vendor dekorasi agar dekorasi kursi bagi tamu undangan dapat disesuaikan dengan dekorasi acara pernikahan kita secara keseluruhan.

Pilih Menu Katering yang Tepat

Pesta Pernikahan

mylakecomowedding.com

Kita harus bekerja sama dengan vendor katering pilihan kita, untuk mengakali makanan yang mudah mencair atau harus disajikan dingin seperti es krim. Karenanya kita tidak bisa sembarangan memilih menu katering untuk outdoor wedding. Salah pilih makanan dapat mengakibatkan makanan tersebut menjadi cepat cair atau bahkan tidak cocok dikonsumsi di alam terbuka. Sediakan juga beragam minuman yang menyegarkan dan mudah dinikmati untuk mengatasi rasa haus para tamu undangan, misalnya jus buah segar.

Sesuaikan Wedding Dress dengan Suasana dan Tema

Pesta Pernikahan

www.istockphoto.com

Jika kita mengadakan outdoor wedding pada siang hari, tentunya kita akan lebih berkeringat, jadi jangan sampai salah pilih bahan dan model wedding dress kita. Pilihlah bahan kain yang tidak membuatmu merasa gerah dan potongan wedding dress yang nyaman, sehingga kita dapat leluasa bergerak selama acara pernikahan kita.

Sesuaikan Make-up dan Hair-do

Cuaca yang panas dapat membuat make-up kita luntur. Begitu juga kencangnya hembusan angin yang dapat membuat rambut kita berantakan. Tentunya kita tidak mau itu terjadi, kan? Untuk tetap terlihat cantik sepanjang acara, konsultasikan hal ini dengan makeup artist pilihan kita terlebih dahulu. Hiasan rambut ini bisa jadi inspirasi untuk tidak melulu memakai sanggul saat pesta berlangsung. Kepang sederhana juga menarik, apalagi kalau ditambah hiasan cantik bebungaan yang diselipkan di rambut pengantin wanita.

Siapkan semprotan anti serangga

Satu hal yang mungkin jarang pernah terpikirkan oleh pengantin yang ingin melangsungkan outdoor wedding adalah pentingnya semprotan anti serangga. Agar tidak mengganggu, pilihlah semprotan anti serangga yang tidak berbau atau memiliki wangi natural.

Demikian Tips Menggelar Pesta Pernikahan Bertema Outdoor Wedding, semoga apa yang Rekanbijak rencanakan bisa terwujud dengan sempurna. Selamat berbahagia 🙂

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: