Pergunakanlah Sosial Media dengan Bijak melalui 7 Tips ini!

Mungkin sekarang ini sudah sangat banyak yang mempunyai akun di dalam sosial media, seperti Instagram atau pun twitter. Namun, karena hal ini pula, masih banyak orang yang tidak menggunakan sosial media dengan tidak bijak, bahkan cenderung tidak mempunyai sopan santun atau pun etika. Lalu, bagaimana cara agar bisa menggunakan sosial media dengan bijak?

Pergunakanlah Sosial Media dengan Bijak melalui 7 Tips ini!

Pergunakanlah Sosial Media dengan Bijak melalui 7 Tips ini!

Sosial media adalah saluran atau sarana untuk pergaulan sosial yang dilakukan secara online dan melalui jaringan internet. Kemungkinan besar, sudah kurang lebih 50% orang yang ada di Indonesia sudah menjadi pengguna sosial media, atau bisa disingkat sebagai sosmed. Pengguna-pengguna sosmed ini biasanya online bisa sampai 1 jam bahkan lebih. Hal itu dikarenakan memang sosmed dikatakan oleh sebagian orang sebagai sesuatu yang membuat candu, yang lain mengatakan karena tuntutan zaman yang membuat mereka harus selalu ter-update.

Hal ini membuat banyak orang terus-terusan memakai sosial media. Bahkan, di bus pun pastinya sering menemukan orang-orang bermain sosmed terus, pandangannya terus melihat ke smartphone. Inilah yang menjadi orang seperti salah tingkah laku dalam menggunakan sosmed. Banyak hal yang ada di sosial media yang sebenarnya harus dihindari, seperti hoax. Atau pun, bisa membuat mata rusak karena keseringan melihat smartphone. Atau bahkan, sosial media juga bisa menjadi ajang untuk menampilkan diri secara terbuka, tanpa tahu ada kejahatan-kejahatan seperti menyebarkan foto tertentu di sosmed lainnya oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Lalu, bagaimana cara menggunakan sosial media dengan benar dan bertanggung jawab? Inilah ketujuh caranya!

Jarangi Memakai Smartphone

sosial media

Sumber : Freepik.com

Ketagihan bermain sosial media adalah salah satu hal yang justru menjadi suatu bumerang bagi orang-orang pemakai. Ketagihan memakai sosmed membuat orang-orang menjadi tidak memedulikan orang-orang sekitar, dan justru menjadi seseorang yang terlalu berfokus pada sosmed sehingga tidak merasakan urgensi terhadap apa yang ada di sekitarnya. Dan hal ini justru terjadi di kalangan pecandu sosmed.

Contohnya, ketika bepergian. Banyak orang, yang sering ketika berada di jalan raya, sambil jalan kaki sambil bermain smartphone. Padahal, banyak bahaya sedang mengintai, seperti adanya pembegal. Begal terjadi karena orang-orang sedang fokus bermain smartphone sehingga tidak memedulikan barang sekitarnya, sehingga mereka menjadi korban begal.

Stop Overshare

sosial media

Overshare adalah masalah lain. Overshare merupakan kegiatan yang sebenarnya baik, yakni memberikan informasi yang ada, namun yang menjadi masalah ialah jika informasi tersebut yang disebarkan sudah terlalu banyak atau pun malah menjadi Spamming. Spamming itu sesuatu yang bagi sebagian orang merupakan kegiatan yang mengganggu, bahkan bisa dikatakan menyampah.

Yang menjadi masalah lain dari oversharing ialah ketika yang disebarkan merupakan hoax. Hal ini banyak terjadi karena biasanya, orang menyukai berita-berita yang kontroversial walaupun berita tersebut belum bisa dipastikan kebenarannya. Bahkan, oversharing ini juga bisa menyebabkan kericuhan jika yang disebarkan adalah sesuatu yang berbau hate speech.

Publikasikan Foto dengan Bijaksana

sosial media

Sumber : Idownloadblog.com

Publikasi foto mungkin bagi beberapa orang merupakan ajang memperlihatkan apa saja yang telah ia lakukan selama ini, juga ajang menunjukkan apa saja yang telah ia lalui. Mungkin ada suatu kebanggaan atau pun ada suatu kebahagiaan dalam mempublikasikan sebuah foto, namun kamu juga harus tau apa akibat dari mempublikasikan foto-foto tersebut, agar kamu bisa lebih waspada.

Sekarang ini, banyak orang-orang yang jahat tidak bertanggung jawab yang secara sembarangan menggunakan foto yang telah dipublikasikan. Hal ini biasanya dipakai untuk sesuatu yang diperuntukkan keinginan atau kepentingan orang tersebut. Apalagi jika dijadikan suatu akun dengan foto kamu terpampang, lalu akun tersebut dijadikan akun untuk menyebar penipuan. Wah, berbahaya sekali itu!

Menghindari Akun dengan Konten Negatif

sosial media

Akun dengan konten negatif biasanya akun-akun yang menyebarkan hate speech ke banyak orang. Yang menjadi masalah adalah, orang-orang yang mendengarkan hate speech tersebut malah merasa harus menyebarkan hate speech, dan malah menjadi masalah nantinya. Belum lagi jika hate speech tersebut merupakan hoax yang seharusnya tidak boleh sama sekali disebarkan.

Sebaiknya, jika kamu mengikuti akun-akun yang sering mempublikasikan hate speech-hate speech tersebut, lebih baik kamu tidak lagi mengikuti akun-akun tersebut agar tidak terkena pengaruhnya, bahkan jika kamu sudah tau konten negatif yang disebarkan hanya berita hoax.

Punya Etika dalam Berinteraksi di Sosial Media

sosial media

Sumber : Geektime.com

Etika dalam berinteraksi dalam sosmed merupakan sesuatu yang harus dipunyai. Dalam kehidupan normal, yang namanya etika adalah sesuatu yang pastinya dipandang orang, apalagi jika baru pertama kali bertemu. Yang dilihat adalah first impression, dan jika kita dalam kehidupan normal, langsung bertingkah laku yang semena-mena dan tidak punya etika, pasti orang akan menganggap rendah kita.

Hal ini juga diperlukan dalam kehidupan sosial media. Etika dalam berinteraksi di sosmed sangatlah diperlukan, karena hal itu akan berpengaruh pada first impression kita. Oleh karena itu, bijaklah dalam berinteraksi di dunia maya! Hindari kata-kata kasar dan hormatilah orang asing walaupun kita tidak mengetahui orang tersebut.

Tidak Menyebar Informasi yang Bersifat Pribadi

sosial media

Banyak orang yang menyebarkan informasi pribadi sendiri dengan sangat mudah, padahal hal ini sangatlah berbahaya. Informasi pribadi yang dimaksudkan adalah seperti nama lengkap, nomor induk, hingga nomor KTP dan SIM. Bahkan kita pun sebenarnya tidak boleh foto paspor kita sendiri dengan alasan apapun karena ditakutkan bisa disalahgunakan oleh pihak bertanggung jawab.

Oleh karena itu, bijaklah dalam mempublikasikan identitas sendiri. Apalagi jika kamu sudah menceritakan identitas kamu ke orang yang sama sekali kamu tidak kenal. Suatu hari pun identitas tersebut akan tersebar jika orang asing tersebut adalah pihak yang tidak bertanggung jawab.

Jangan Sampai Menyinggung Perasaan Orang Lain

sosial media

Sumber : Bisniskokoh.com

Dalam membuat komentar apapun, jangan sampai ada orang yang tersinggung atau pun merasa dibenci. Yang menjadi masalah, saat ini banyak netizen atau bahasa bakunya yakni warganet, yang sangat suka berkomentar negatif terhadap seseorang, apalagi terhadap atlet yang gagal dalam suatu kompetisi, bahkan jika meraih juara kedua sekalipun. Hal ini justru akan membuat mental atlet tersebut melemah hanya karena komentar-komentar negatif.

Oleh karena itu, jika ingin berkomentar, berkomentarlah sebijak mungkin, karena dalam komentar tersebut, kamu mengomentari seseorang yang mempunyai perasaan, bukan barang atau produk yang tidak mempunyai perasaan. Jangan sampai orang tersebut tersinggung karena kamu berkomentar negatif!

Begitulah Rekan Bijak, kamu harus lebih bijaksana dalam menggunakan sosial media, dan kamu juga harus lebih bertanggung jawab dalam penggunaannya. Penggunaan sosial media sangatlah penting dan juga harus sangat hati-hati, dan ingat dalam sosial media, tercatat banyak jejak rekam yang akan mempengaruhimu di masa depan.

sosial media

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: