7 Cara Tepat untuk Menghindari Makanan Junk Food

Junk food merupakan salah satu makanan yang hadir dari makanan cepat saji atau fast food, hadirnya makanan cepat saji yang menyediakan makanan yang cenderung junk food atau makanan kotor, membantu manusia mendapatkan makanan yang cepat dan murah.

7 Cara Tepat untuk Menghindari Makanan Junk Food

7 Cara Tepat untuk Menghindari Makanan Junk Food

Tidak bisa dipungkiri, bahwa makanan junk food yang ada merupakan makanan yang disajikan dalam waktu yang sangat singkat, dan hal ini akan membantu kita mendapatkan makanan dengan waktu yang singkat pula. Kelebihan dari membeli junk food yang ada di tempat makan cepat saji yaitu menghemat waktu, menghemat uang, dan makanan dengan rasa yang cenderung aman (tidak terlalu asin, pedas, manis).

Tetapi, jika Rekan Bijak mengkonsumsi makanan jenis ini secara terus menerus atau sering atau berlebihan tidak baik untuk kesehatan, karena, makanan jenis ini tidak memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh, dan cenderung terdapat banyak lemak jenuh. Untuk itu, sebaiknya Rekan Bijak kurangi atau hindari memakan makanan jenis ini. Lalu, bagaimana cara agar terhindar atau mengurangi mengkonsumsi junk food ya?

Jangan Beli Menu Paket dan Tidak Mudah Terhasut Kata-kata Iklan

Junk Food

Sumber : tribunnews.com

Hal yang membuat akhirnya kita memutuskan untuk membeli junk food, karena, harga dari makanan jenis ini yang cenderung lebih murah, dan terdapat berbagai macam potongan harga, promosi, hingga iklan yang menarik. Untuk itu, Rekan Bijak tidak boleh terhasut dari kata-kata yang ada di iklan.

Dan cara agar Rekan Bijak dapat mengurangi atau menghindari mengkonsumsi makanan jenis ini yaitu jangan memilih menu paket, tidak bisa dipungkiri, bahwa menu paket cenderung lebih murah daripada harga satuan, tetapi dengan memilih menu paket, maka Rekan Bijak akan mengkonsumsi makanan yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan atau diinginkan oleh Rekan Bijak sendiri, dan hal tersebut tentu dapat membuat Rekan Bijak sulit lepas dari makanan jenis ini.

Cari Tahu Dampaknya

Junk Food

Sumber : plus.kapanlagi.com

Selanjutnya, langkah atau cara yang dapat Rekan Bijak lakukan untuk menghindari atau mengurangi makanan jenis ini yaitu mencari tahu dampak negatif atau dampak buruk yang akan didapatkan Rekan Bijak jika terlalu sering mengkonsumsi makanan jenis ini.

Beberapa orang mungkin sudah tahu dampak negatif atau dampak buruk yang akan didapatkan jika terlalu sering mengkonsumsi makanan jenis ini, namun, ada saja orang yang tidak percaya terhadap dampak yang sudah diberitahu oleh orang lain, sebelum diri mereka sendiri yang merasakan atau mencari tahu dengan diri mereka sendiri. Untuk itu, sebaiknya Rekan Bijak mencari tahu sendiri mengenai dampak apa yang akan didapatkan dari mengkonsumsi makanan jenis ini.

Ketahui Kandungan Gizi

Junk Food

Sumber : hellosehat.com

Setelah mengetahui dampak negatif atau dampak buruk yang akan didapatkan jika Rekan Bijak mengkonsumsi makanan jenis ini, selanjutnya Rekan Bijak cari tahu kandungan gizi apa saja yang terkandung dari makanan jenis ini.

Mengetahui kandungan gizi berfungsi agar Rekan Bijak dapat mengedukasi diri Rekan Bijak sendiri, serta dapat membuat Rekan Bijak berpikir berulang kembali sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli makanan jenis ini. Dan dengan mengetahui kandungan gizi, maka Rekan Bijak dapat mengehatui nutrisi atau seberaba banyak gizi yang akan masuk ke tubuh Rekan Bijak.

Kuatkan Tekat dan Niat

Junk Food

Sumber : mager.id

Rekan Bijak ingin menghindari atau mengurangi makanan jenis ini, hal yang wajib Rekan Bijak punya yaitu tekat yang kuat dan niat yang kuat, berbagai cara yang telah dijabarkan atau dijelaskan atau diketahui oleh Rekan Bijak akan menjadi hal yang sia-sia, jika diri Rekan Bijak sendiri tidak memiliki tekat dan niat yang kuat untuk berubah.

Berubah yang dimaksudkan yaitu Rekan Bijak menghindari atau mengurangi untuk konsumsi makanan jenis ini, untuk itu, agar perubahaan dapat Rekan Bijak rasakan dengan baik, maka, Rekan Bijak harus memiliki tekat dan niat yang kuat, yang muncul dari diri Rekan Bijak sendiri.

Melibatkan Teman atau Keluarga

Junk Food

Sumber : mager.id

Menghindari atau mengurangi makanan jenis ini sangat sulit, untuk itu sebaiknya Rekan Bijak ikut melibatkan teman atau keluarga untuk membantu Rekan Bijak agar dapat terhindar atau mengurangi makanan jenis ini. Melibatkan keluarga atau teman disini, Rekan Bijak dapat meminta bantuan dari keluarga atau teman untuk selalu mengingatkan, jika seandainya Rekan Bijak mulai tergoda untuk mengkonsumsi makanan jenis ini.

Dengan melibatkan keluarga atau teman, maka, Rekan Bijak dapat tersadar bahwa Rekan Bijak sedang menghindari atau mengurangi makanan jenis ini. Dan dengan melibatkan keluarga atau teman, maka, Rekan Bijak dapat merasakan perhatian yang telah keluarga atau teman Rekan Bijak berikan kepada Rekan Bijak, walau hanya dengan mengingatkan saja.

Beralih Kepada Makanan Sehat

Junk Food

Sumber : editorial.femaledaily.com

Cara yang dapat Rekan Bijak lakukan agar dapat menghindari atau mengurangi makanan jenis ini yaitu dengan beralih kepada makanan sehat, seperti mengkonsumsi sayur-sayuran, dan buah-buahan. Hal yang dapat ditimbulkan jika mengkonsumsi junk food adalah ketergantungan, Rekan Bijak akan selalu mencari makanan junk food, jika Rekan Bijak merasakan lapar.

Untuk itu, bagi Rekan Bijak yang sudah mulai atau sudah kecanduan makanan jenis ini, Rekan Bijak dapat mengubah jenis makanan tersebut menjadi makanan sehat. Makanan sehat yang dimaksud tidak harus selalu salad, Rekan Bijak dapat mengkonsumsi daging yang diimbangi dengan sayur atau buah, setiap hal yang dikonsumsi oleh Rekan Bijak harus mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh.

Melakukan Berbagai Aktifitas

Junk Food

Sumber : facultyfocus.com

Cara yang dapat Rekan Bijak lakukan untuk menghindari atau mengurangi makanan jenis ini yaitu dengan melakukan berbagai aktivitas, sebisa mungkin Rekan Bijak selama sehari melakukan lebih dari tiga aktivitas, dengan melakukan berbagai macam aktivitas, maka, Rekan Bijak akan lupa untuk mengkonsumsi makanan jenis ini.

Namun sebaliknya, jika Rekan Bijak tidak terlalu banyak aktivitas, maka, Rekan Bijak akan mudah merasakan bosan, hal tersebut akan mengakibatkan Rekan Bijak mulai memikirkan makanan jenis ini untuk dimakan sambil mengisi waktu luang Rekan Bijak.

Nah, Rekan Bijak, sudah tahu kan cara tepat untuk menghindari makan junk food? Jika belum, Rekan Bijak dapat membaca kembali artikel diatas ya!

Junk Food

 

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: