5 Cara Menyeimbangi Pekerjaan dan Rumah Tangga Bagi Wanita Karir

Bekerja merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk menambah pengalaman, menambah teman, menambah pengetahuan, hingga menambah pemasukan berupa uang. Bekerja dapat dilakukan baik perempuan, dan laki-laki. Ada berbagai macam pekerjaan yang dapat dilakukan oleh perempuan ataupun laki-laki.

5 Cara Menyeimbangi Pekerjaan dan Rumah Tangga Bagi Wanita Karir

5 Cara Menyeimbangi Pekerjaan dan Rumah Tangga Bagi Wanita Karir

Seseorang yang ingin bekerja di Indonesia harus berusia 18 tahun, hingga keatas, sesuai dengan Undang-undang No.13 tahun 2003. Oleh karena itu, jika semua orang yang sudah berusia 18 tahun atau lebih, dapat bekerja. Dengan adanya peraturan tersebut, seorang ibu juga dapat bekerja atau wanita karir. Hal yang membuat seorang ibu berpikir untuk bekerja yaitu sudah terbiasa melakukan berbagai macam aktivitas, ingin membantu perekonomian keluarga, dan masih banyak lagi.

Menjadi seorang wanita karir yang sudah berkeluarga tidaklah mudah, ada berbagai macam hal yang harus dipikirkan, ada berbagai macam halangan, rintangan, hingga masalah yang dapat timbul mulai dari pekerjaan, hingga kehidupan rumah tangga. Dengan adanya halangan, rintangan, masalah yang ada, terkadang membuat seorang wanita karir yang sudah berkeluarga tidak sanggup melanjutkan bekerja sambil mengurus urusan rumah tangga. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh Rekan Bijak untuk menyeimbangi pekerjaan dan kehidupan rumah tangga, lalu apa saja ya caranya?

Bersinergi dengan Suami

Wanita Karir

Sumber : idntimes.com

Hal yang dapat Rekan Bijak lakukan sebagai wanita karir yang sudah berkeluarga agar pekerjaan dan kehidupan rumah tangga seimbang yaitu bersinergi dengan suami. Dalam suatu keluarga terdiri dari ayah, ibu, dan anak, oleh karena itu, sebelum meminta bantuan terhadap orang lain, Rekan Bijak dapat meminta bantuan terhadap suami. Bersinergi yang dimaksud yaitu saling membantu kegiatan dalam kehidupan rumah tangga bersama suami Rekan Bijak.

Meminta bantuan kepada suami bukanlah suatu hal yang tidak baik, melainkan, membuat suami Rekan Bijak mengetahui bahwa dalam suatu rumah tangga, sosok seorang suami juga harus memiliki bagian yang hampir sama dengan seorang istri, bukan hanya sebagai kepala rumah tangga yang memberikan dukungan secara financial. Bersinergi dengan suami dapat membuat Rekan Bijak dengan suami menjadi kompak, serta dapat mengetahui perkembangan anak secara bersama. Dan dengan bersinergi dengan suami, dapat menghilangkan sedikit beban pada diri Rekan Bijak, karena, Rekan Bijak tidak melakukan setiap kegiatan rumah tangga secara sendiri.

Membuat Kalender Kegiatan

Wanita Karir

Sumber : kinibisa.com

Cara selanjutnya yang dapat Rekan Bijak lakukan sebagai wanita karir yang sudah berkeluarga yaitu dengan membuat kalender kegiatan, membuat kalender kegiatan ini berguna untuk mengingat hal-hal penting yang ada di kantor dan di kehidupan rumah tangga. Keluhan yang paling sering muncul dari seorang anak kepada kedua orang tua yang kerja yaitu orang tua suka lupa terhadap kegiatan penting sang anak.

Untuk menghindari hal tersebut, Rekan Bijak dapat membuat kalender kegiatan, karena, akan membuat Rekan Bijak tetap ingat terhadap berbagai kegiatan di kantor dan di kehidupan rumah tangga. Dan dengan adanya kalender kegiatan, dapat membuat Rekan Bijak dengan suami bertukar peran, jika sewaktu-waktu ada hal yang sangat mendesak dari pekerjaan Rekan Bijak dan satu sisi ada kegiatan dari anak Rekan Bijak yang harus didatangi.

Mencari Pengasuh atau Pembantu Rumah Tangga

Wanita Karir

Sumber : grid.id

Jika Rekan Bijak dan suami memiliki kesibukan sama ditempat kerja, Rekan Bijak dapat mencari pengasuh untuk membantu Rekan Bijak serta suami dalam mengurus anak, dan mencari pembantu rumah tangga untuk mengurus segala sesuatu di rumah Rekan Bijak. Menggunakan pengasuh dalam mengurus anak bukan berarti membuat Rekan Bijak menjadi seorang ibu yang tidak bertanggung jawab, Rekan Bijak tetap bisa memantau perkembangan anak saat menggunakan pengasuh, seperti menitipkan anak Rekan Bijak kepada pengasuh saat Rekan Bijak dan suami sedang bekerja saja.

Sedangkan, mencari pembantu rumah tangga, dapat membantu Rekan Bijak dalam mengurus pekerjaan rumah yang sangat banyak. Dengan adanya pembantu rumah tangga, dapat membuat Rekan Bijak serta suami fokus terhadap mengasuh anak saja, dan pekerjaan rumah, seperti mencuci baju, membersihkan rumah, dapat dilakukan oleh pembantu rumah tangga.

Minta Bantuan Teman atau Keluarga

Wanita Karir

Sumber : liputan6.com

Jika Rekan Bijak tidak ingin menyewa pengasuh untuk membantu Rekan Bijak dalam mengasuh anak, Rekan Bijak dapat meminta bantuan kepada teman atau keluarga yang dipercaya. Rekan Bijak bisa meminta bantuan terhadap teman, seperti sahabat yang telah dikenal lama oleh Rekan Bijak atau suami Rekan Bijak. Rekan Bijak dapat meminta bantuan kepada keluarga, seperti orang tua Rekan Bijak atau orang tua suami Rekan Bijak.

Dengan meminta bantuan kepada teman atau keluarga, dapat mengurangi pengeluaran Rekan Bijak, karena, Rekan Bijak tidak perlu membayar secara rutin, seperti saat Rekan Bijak mencari pengasuh atau baby sitter. Dan dengan meminta bantuan kepada teman atau keluarga, anak Rekan Bijak dapat lebih terbuka serta dekat dengan teman atau keluarga Rekan Bijak sejak dini.

Bicara dengan Atasan

Wanita Karir

Sumber : moneysmart.id

Cara yang dapat Rekan Bijak lakukan untuk menyeimbangi pekerjaan dengan kehidupan rumah tangga yaitu bicara dengan atasan, hal ini dilakukan jika pekerjaan Rekan Bijak sangat mendominasi atau sangat banyak sehingga membuat Rekan Bijak sulit mengurus segala sesuatu di kehidupan rumah tangga. Saat melakukan kegiatan ini, sebaiknya Rekan Bijak melakukan secara bertahap, perlahan, serte memberikan bukti-bukti yang dapat atasan Rekan Bijak percaya.

Nah, Rekan Bijak, sudah tahu kan cara menyeimbangi antara pekerjaan dan rumah tangga bagi wanita karir? Jika iya, semoga informasi diatas dapat bermanfaat ya!

Ibu Pekerja

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: