6 Museum di Solo yang Unik nan Antik dan Patut Dikunjungi

Apakah kamu pernah berpikir untuk bepergian ke Solo, mengelilingi kota Solo, dan mencoba hal-hal baru disana? Jika kamu memang butuh "ilham" karena tidak tau harus bagaimana berwisata di Solo, kamu bisa mencoba museum-museum di Solo yang terkenal antik dan unik, Rekan Bijak!

6 Museum di Solo yang Unik nan Antik dan Patut Dikunjungi

6 Museum di Solo yang Unik nan Antik dan Patut Dikunjungi

Siapa yang tidak tau ada Museum di Solo yang antik dan unik? Solo, atau lebih dikenal sebagai Surakarta, memang lebih banyak terkenal sebagai kota yang penuh dengan sejarah kerajaan-kerajaan, mulai dari keraton Surakarta hingga Istana Mangkunegaran. Solo juga dikenal dengan tempat wisatanya yang banyak, seperti Air Terjun Jumog, Grojogan Sewu, Benteng Vastenburg hingga Museum Radya Pustaka. Ditambah lagi Solo merupakan tempat lahir Presiden Indonesia sekarang, yaitu Joko Widodo.

Dan di Solo juga dikenal banyak Museum yang dikenal antik dan unik. Keunikannya pun bermacam-macam, mulai dari penuh dengan batik hingga topeng. Museum di Solo juga dikenal sangat kreatif, dan tak jarang Wisatawan Luar Negeri, terutama dari Australia, Selandia Baru dan Amerika Serikat, rela datang ke Museum-museum ini hanya untuk melihat-lihat Museum-museum ini dan membeli pernak pernik Museum.

Lalu, Apa saja Museum di Solo yang unik dan antik? Simak sebagai berikut, rekan!

Museum Batik Danar Hadi

Museum di Solo

Sumber : Klikhotel.com

Alamat : Jl. Brigjend Slamet Riyadi No.261, Sriwedari, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57141

Museum Batik Danar Hadi merupakan salah satu Museum yang memang menampilkan keanekaragaman Batik , Terutama yang kebanyakan dari Solo pula. Sebagai Museum yang memang mengkhususkan diri untuk keanekaragaman Batik, Museum Batik Danar Hadi juga menceritakan tentang sejarah, identitas, dan segala sesuatu tentang Batik di Indonesia.

Jika kamu tertarik dengan Batik, kamu sangat direkomendasikan untuk mendatangi tempat ini dan berwisata di tempat ini. Selain karena banyaknya kecantikan Batik di satu tempat, ditambah lagi Museum Batik ini juga lengkap akan batiknya, mulai dari jenis Batik Kraton, Batik Belanda hingga Batik China. Disini juga bisa melakukan pencantingan Batik.

Museum Keris Nusantara

Museum di Solo

Sumber : Nasional.kompas.com

Alamat : Jalan Bhayangkara No.2, Sriwedari, Laweyan, Sriwedari, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57141

Museum yang diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo ini merupakan tempat dimana seluruh Keris yang ada di Indonesia, dari yang tidak melegenda sampai melegenda, disimpan. Semua keris disini adalah benda-benda bersejarah, jadi bukanlah sesuatu yang mengagetkan bila ada keris yang memang dikenal dari Zaman Majapahit sudah ada. Bahkan, di tempat ini tidak hanya dijelaskan tentang senjata tradisional Indonesia, tetapi juga seluruh Dunia.

Di tempat ini kamu juga akan menemukan segala penjelasan tentang Keris, baik dari evolusi Keris hingga penyebaran senjata-senjata di sekitar Austronesia sehingga tercipta sebuah Keris. Motifnya pun banyak sehingga kamu dapat melihat keindahan dari sebuah keris.

Museum Klaster Dayu

Museum di Solo

Sumber : Kompasiana.com

Alamat : Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

Museum di Solo yang terkenal unik juga karena menyimpan aneka lapisan tanah dari ribuan tahun lalu. Jika kamu seorang penggemar Geologi atau pun penggemar Arkeologi, kamu sangat disarankan untuk datang ke Museum ini untuk berkelana dan melihat-lihat tempat tersebut. Tempat itu merupakan tempat yang unik dan tidaklah membosankan.

Bahkan disana ada lapisan tanah dari 1,8 Juta tahun yang lalu, yang berarti ada tanah semenjak tahun-tahun dimana manusia belum menjadi Homo Sapiens. Disana juga bisa mempelajari tentang Ilmu Geologi dan juga ada Display hewan-hewan purba seperti Kerbau Purba.

Museum Keraton Solo

Museum di Solo

Sumber : Solo.tribunnews.com

Museum di Solo berikutnya yang antik dan unik tidak ditemukan di tempat lain adalah Museum Keraton Solo. Keraton ini juga biasa disebut sebagai Keraton Kasunanan Surakarta. Keraton ini dibangun oleh Pangeran Mangkubumi yang akhirnya nanti menjadi seorang Sultan di Jogjakarta atas nama gelar Sultan Hamengku Buwana 1. Jika pergi kesana, pastikan untuk tidak memakai Celana Pendek juga Kacamata Hitam.

Tempat ini masih sangat dihormati dan sangat dikeramatkan, sehingga harus sopan ketika berkunjung dan berwisata ke tempat ini. Dan banyak Fragmen candi di tempat itu, jadi kamu tidak akan bosan disana, karena masih banyak barang peninggalan kerajaan di Indonesia zaman dulu.

Museum Radya Pustaka

Museum di Solo

Sumber : Yukpiknik.com

Alamat : Jl. Brigjend Slamet Riyadi No.275, Sriwedari, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57141

Museum Radya Pustaka merupakan Museum yang didirikan oleh Kanjeng Raden Adipati Sosrodiningrat IV. Museum ini berbeda dengan lokasi awal. Lokasi sekarang ini diketahui sebagai awalnya rumah seorang warga negara Belanda bernama Johannes Busselaar. Di tempat ini juga ada beberapa arca Hindu Buddha, seperti Arca Dewi Durga.

Di tempat ini juga banyak wayang, arca hingga buku-buku kuno, sehingga cocok untuk kamu yang ingin mempelajari sejarah dari kesultanan Surakarta, dari semenjak perpecahan dengan kesultanan Jogjakarta hingga pasca kemerdekaan Indonesia.

Monumen Pers Nasional

Museum di Solo

sumber : Sportourism.id

Alamat : Jl. Gajahmada No.76, Timuran, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57132

Monumen Pers Nasional merupakan Museum khusus pers di Indonesia. Monumen ini memiliki banyak koleksi, mulai dari Mesin Ketik, Telepon hingga Pemancar. Museum ini termasuk Cagar Budaya Indonesia. Ada juga koleksi dari koran hingga majalah, hingga sampai 1 juta lebih.

Museum ini juga dilengkapi dengan koran-koran gratis, dan juga banyak tulisan-tulisan dari tokoh-tokoh jurnalisme Indonesia pra kemerdekaan, mulai dari Sam Ratulangi, Ernest Douwes Dekker hingga Tirto Adhi Soerjo. Banyak juga peninggalan-peninggalan dari orang-orang jurnalis yang dianggap berjasa, seperti Kamera dari Fuad Muhammad Syafruddin dari Media massa Bernas, karena mengangkat Skandal Korupsi tahun 1995.

Nah, untuk Rekan Bijak pecinta Museum, Sejarah dan Wisata, dan secara kebetulan memang berada di Solo, kenapa tidak mencoba museum-museum di Solo yang unik dan antik ini? Bukannya memang seru jika kita menelisik sejarah mulai dari sesuatu yang berhubungan dengan Indonesia hingga yang berhubungan dengan zaman prasejarah?

Museum di Solo

2 Comments

Write a comment
  1. lucie
    October 17, 01:17 lucie

    Really nice design and superb subject matter, absolutely nothing else we require : D.

    Reply this comment
  2. tableau déco
    November 07, 05:29 tableau déco

    It’s hard to come by knowledgeable people for this subject, however, you seem like you
    know what you’re talking about! Thanks

    Reply this comment

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: