Negara Makmur Tanpa Pajak Pribadi? Inilah Negara-Negara Tersebut!

Pajak merupakan salah satu hal yang mungkin wajib diterapkan di seluruh dunia. Hal itu tidak mengagetkan, mengingat memang pajak merupakan salah satu sumber pendapatan negara. Namun, ada juga negara-negara yang tidak menerapkan pajak pribadi bagi rakyatnya.

Negara Makmur Tanpa Pajak Pribadi? Inilah Negara-Negara Tersebut!

Negara Makmur Tanpa Pajak Pribadi? Inilah Negara-Negara Tersebut!

Hampir semua negara memiliki peraturan untuk rakyatnya membayar pajak, dengan alasan agar negaranya bisa makmur jaya, atau setidaknya tidak melarat. Ya, bisa dikatakan, memang negara dan rakyat adalah dua entitas yang harus saling bekerja sama, dimana negara memberikan proteksi, sebagai gantinya rakyat membayar. Salah satu cara rakyat membayar adalah dengan pajak pribadi, agar bisa ikut membuat negaranya lebih makmur demi kesejahteraan rakyatnya.

Namun, ada juga negara-negara yang tidak mengharuskan rakyatnya membayar pajak pribadi, bahkan tidak memakai pajak pribadi sebagai salah satu pendapatan negaranya. Namun, meski begitu, negara-negara tersebut dikenal sangat makmur dan mempunyai tingkat keamanan yang cukup tinggi, dan bahkan banyak konglomerat yang datang dari negara-negara tersebut. Negara-negara seperti ini biasanya merupakan negara-negara kecil. Lalu, negara apa saja yang makmur padahal rakyatnya tidak membayar pajak pribadi?

Qatar

makmur

Siapa yang tidak tahu Qatar? Qatar adalah salah satu negara yang terletak di Timur Tengah, dan menjadi salah satu negara paling makmur yang ada di wilayah tersebut. Penghasilan Qatar pun hampir semuanya berasal dari minyak, dan meskipun negara ini merupakan negara yang tergolong kecil, namun negara ini termasuk negara paling kaya di dunia, dan bahkan menjadi negara tuan rumah untuk Piala Dunia 2022.

Bahkan, negara bersistem emirat ini juga salah satu negara dengan pendapatan per kapita paling tinggi di dunia, dan negara ini juga tidak sama sekali mengambil pajak dari warganya, dan salah satu negara yang juga mempunyai tingkat pengangguran paling rendah di dunia, yakni 0,1% warganya. Negara ini juga memfokuskan pendapatannya pada gas alam, yang juga negara tersebut punya dan melimpah.

Uni Emirat Arab

Makmur

Uni Emirat Arab adalah negara federasi yang tergabung dari 7 emirat dan membentuk suatu serikat negara. Uni Emirat Arab juga dikenal sebagai salah satu negara paling makmur yang terletak di Timur Tengah dan Asia Barat, dan negara ini juga dikenal akan keberagamannya, dengan sangatnya banyak orang Arab asli, namun juga banyak orang Eropa, Filipina, Tiongkok, India, Pakistan, dan lain-lain. Negara ini juga salah satu negara penyelenggara Formula 1.

Uni Emirat Arab juga dikenal tidak mengambil pajak pribadi dari penduduknya. Tidak ada yang dinamakan pajak pribadi di Uni Emirat Arab, namun para pengusaha wajib membayar 12,5% dari gaji pokoknya untuk para pekerjanya, untuk dijadikan uang pensiun dan biaya jaminan sosial. Namun, ada pajak tinggi untuk alkohol.

Oman

makmur

Oman merupakan satu negara lagi yang terletak di Timur Tengah sebagai salah satu negara makmur yang tidak menerapkan pajak terhadap para warganya. Negara ini juga salah satu negara yang mengandalkan pendapatannya pada minyak, dan pendapatan dari minyak pun bisa mencapai 71% dari segala pendapatan yang diterima oleh pemerintah.

Sebagai negara monarki absolut yang dipimpin oleh seorang sultan, negara ini tergolong ramah. Juga pendapatan negara ini selain dari minyak, adalah juga dari bidang turisme, yang sedang naik drastis. Dan memang warga di negara ini tidak dibebankan pajak, namun warganya tetap harus membayar 6,5% dari gaji bulanan untuk jaminan sosial.

Bahrain

makmur

Satu lagi negara datang dari Timur Tengah, yakni Kerajaan Bahrain. Bahrain juga merupakan salah satu negara Timur Tengah yang tidak menerapkan pajak bagi warganya, dengan tingkat pengangguran yang cukup rendah, yakni hanya sekitar 4%, dimana 85% nya adalah wanita. Pendapatan negaranya, seperti negara Arab lainnya, sebagian besar hingga mencapai 70% adalah dari minyak bumi.

Bahrain mewajibkan para warganya untuk membayar sekitar 7% dari pendapatannya untuk jaminan sosial, dan tenaga kerja asing harus membayar sekitar 1% dari pendapatannya. Walaupun Bahrain tidak menerapkan pajak pribadi, namun menerapkan pajak pekerja dan pajak pengusaha, yang bisa dikatakan cukup tinggi. Pengusaha harus berkontribusi 12% dari gajinya untuk warga negaranya, dan 3% untuk tenaga kerja asing.

Kuwait

makmur

Lagi-lagi ada satu negara Timur Tengah yang tidak menerapkan pajak. Ia adalah Kuwait. Negara makmur ini bahkan merupakan negara terkaya ketujuh menurut Bank Dunia, jika dilihat dari pendapatan per kapita. Sama seperti negara Arab lainnya, negara ini juga memiliki pendapatan paling besar dari minyak, bahkan pendapatannya mencapai 90% dari pendapatan negara, dan 50% dair PDB.

Selain itu, Kuwait juga memfokuskan negaranya pada bidang jasa keuangan, dan tidak mengagetkan banyak perusahaan multinasional yang ada di negara tersebut. Walau negara ini makmur, namun bukan berarti tidak ada protes. Protesnya datang dari sektor pekerja, hingga pemerintah pun harus menaikkan upah rata-rata negara hingga 25%. Dan gajinya para pekerja harus disisihkan sekitar 7,5% untuk fasilitas sosial dan keamanan, sedangkan perusahaan harus menyumbang sekitar 11% untuk hal yang sama.

Bermuda

makmur

Bermuda adalah satu-satunya negara dari daftar negara tanpa pajak pribadi yang tidak berasal dari Timur Tengah. Bermuda adalah salah satu negara yang terletak di Amerika Utara dan terkenal akan biaya hidupnya yang termasuk paling tinggi di dunia. Walaupun negara ini tidak menerapkan sistem pajak pribadi, namun para pekerja wajib membayar 5,75% dari gajinya untuk pemerintah.

Pajak properti di negara ini pun bisa mencapai 19%. Walau begitu, negara ini merupakan salah satu negara paling aman di dunia, dan negara yang memang menjadi surganya para orang-orang yang mempunyai pendapatan tinggi. Negaranya walau kecil, namun sangat diminati oleh banyak pengusaha. Pendapatan negara ini datang dari bea impor, yang mencapai 25% untuk total barang yang masuk dari luar Bermuda. Bahkan, lebih dari 20% orang yang tinggal disini lahir dari luar negeri.

Rekan Bijak, bisa kita lihat bahwa negara-negara makmur ini merupakan negara yang tidak menerapkan pajak pribadi, namun negara-negara ini juga tergolong negara kecil, ditambah lagi pendapatannya pun banyak yang rata-rata dari minyak, dan hanya Bermuda yang tidak dari minyak. Bisa disimpulkan bahwa negara-negara ini memang tidak terlalu membutuhkan pajak, karena pendapatannya sudah cukup besar dari lini sumber daya alam, terutama minyak.

makmur

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: