6 Jenis Kegiatan Olahraga di Kantor, Tanpa Harus Ribet

Olahraga merupakan kegiatan mengenai aktivitas tubuh, yang mempunyai tujuan mengeluarkan keringat dan membakar lemak. Bagi beberapa orang mungkin olahraga tidak penting, padahal banyak penyakit yang muncul akibat kita jarang olahraga.

6 Jenis Kegiatan Olahraga di Kantor, Tanpa Harus Ribet

6 Jenis Kegiatan Olahraga di Kantor, Tanpa Harus Ribet

Olahraga di kantor, ada berbagai alasan mengenai olahraga di tengah-tengah kesibukan kita ketika di kantorpun muncul, mulai dari malas melakukan olahraga karena sudah terlalu lelah bekerja seharian atau selama seminggu, hingga alasan mengenai badan sudah sehat tanpa harus melakukan olahraga. Padahal, sudah banyak penelitian yang telah membuktikan jika terlalu banyak duduk dan tidak banyak melakukan kegiatan yang membuat kita berkeringat akan menimbulkan berbagai macam penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes tipe dua, obesitas dan masih banyak lagi.

Tidak bisa dipungkiri, jika kita pasti merasa lelah sudah berangkat pagi, kemudian kerja seharian, dan sore bahkan malam baru pulang ke rumah. Kemudian, pada saat libur di hari sabtu dan minggu hanya ingin melakukan kegiatan santai yang tidak banyak membutuhkan tenaga, atau berpergian bersama keluarga untuk membayar waktu yang telah sering digunakan untuk bekerja. Padahal, ada berbagai macam olahraga yang dapat dilakukan di kantor tanpa ribet, dan tanpa harus mengunjungi tempat olahraga dan memerlukan tambahan biaya. Lalu, kira-kira apa saja ya olahraga yang dapat dilakukan ketika di kantor ya?

Push Up 

Olahraga di Kantor

Sumber : ligaolahraga.com

Olahraga yang dapat Rekan Bijak lakukan ketika sedang berada di kantor yaitu push up, dengan cara, pertama Rekan Bijak berdiri terlebih dahulu, kemudian Rekan Bijak membentuk posisi badan seperti sedang push up, dimana tangan bertumpu pada meja kerja Rekan Bijak, pastikan meja kerja Rekan Bijak kuat (tidak mudah bergerak), setelah itu Rekan Bijak dapat melakukan push up selama 10-15 menit.

Melakukan olahraga push up, dapat membantu Rekan Bijak mendapatkan perut dan lengan yang kencang. Jika Rekan Bijak merasa 10-15 menit terlalu lama, Rekan Bijak dapat menyesuaikan dengan waktu yang Rekan Bijak miliki, tetapi, alangkah lebih baik jika Rekan Bijak dapat melakukan olahraga push up lebih dari 10 kali gerakan, agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Perengangan Badan Atas

Olahraga di Kantor

Sumber : Youtube.com

Rekan Bijak merasa badan lelah karena terlalu lama duduk tegak di depan monitor? Yap, Rekan Bijak dapat melakukan perengangan badan. Perengangan badan dapat dilakukan dengan cara, rentangkan kedua tangan Rekan Bijak ke atas, lalu kaitkan jari tangan kanan dengan jari tangan kiri, kemudian dorong ke arah atas, ke arah kanan, ke arah kiri selama 5 menit.

Rekan Bijak dapat lakukan gerakan tambahan yaitu dengan cara merentangkan tangan ke samping, lalu putar tangan seperti membuat lingkaran, jangan lupa bahu Rekan Bijak juga ikut bergerak seiring dengan pergerakan tangan Rekan Bijak. Melakukan perengangan badan seperti cara tersebut, dapat membuat bagian pundak, jari-jari tangan serta tangan Rekan Bijak menjadi rileks, dan dapat membuat Rekan Bijak dapat fokus kembali mengerjakan pekerjaan Rekan Bijak.

Perengangan Kaki

Olahraga di Kantor

Sumber : jagatreview.com

Olahraga di kantor yang dapat Rekan Bijak lakukan tanpa beranjak dari tempat duduk yaitu dengan melakukan peregangan kaki. Perengangan kaki yang dapat Rekan Bijak lakukan dengan cara, memberikan jarak yang lumayan jauh antara meja dan kursi yang sedang Rekan Bijak duduki, lalu luruskan salah satu kaki (secara bergantian) Rekan Bijak, kemudian naikkan kaki hingga menyentuh bagian bawah meja, yang diiringi dengan putar pergelangan kaki, kegiatan ini dapat dilakukan cukup dengan waktu lima menit saja.

Rekan Bijak ingin melakukan dengan tenaga tanpa harus beranjak dari kursi? Rekan Bijak dapat melakukan dengan cara pegang dengan kuat pegangan tangan yang ada di samping kursi, kemudian luruskan kaki Rekan Bijak, angkat secara perlahan badan Rekan Bijak ke atas dan kebawah, lakukan gerakan ini semampu Rekan Bijak.

Squat

Olahraga di Kantor

Sumber : courtsplus.org

Rekan Bijak ingin melakukan olahraga di kantor yang cukup berat? Olahraga squat adalah solusinya. Jika Rekan Bijak ingin melakukan olahraga squat, Rekan Bijak harus memiliki space, dimana Rekan Bijak harus berdiri dari kursi dan meja. Cara melakukan olahraga ini, Rekan Bijak harus berdiri dengan space yang lumayan luas, kemudian melipat kedua tangan seperti orang yang ingin melakukan olahraga tinju, selanjutnya tegakkan punggung, lalu turunkan badan secara perlahan yang membuat badan seperti huruf S, tahan posisi tersebut selama 3-5 menit dan jangan lupa posisi siku dan dengkul harus sejajar. Melakukan olahraga ini, dapat membantu kesimbangan Rekan Bijak, membentuk betis yang indah, dan membuat pinggul bagian samping serta belakang kencang.

Perengangan Leher

Olahraga di Kantor

Sumber : m.brilio.net

Perengangan pada leher adalah olahraga di kantor yang dapat dilakukan Rekan Bijak tanpa harus beranjak dari kursi. Olahraga ringan ini dapat dilakukan oleh Rekan Bijak dengan cara, angkat salah satu tangan Rekan Bijak, kemudian pegang bagian kepala yang arahnya berlawanan dengan tangan Rekan Bijak (tangan kanan, kepala bagian kiri), selanjutnya dorong perlahan kepala sampai menyentuh bahu, setelah itu tahan selama 3 menit, dan lakukan dengan tangan, dan kepala satunya lagi. Melakukan perengangan pada leher, dapat membuat leher Rekan Bijak menjadi lebih rileks.

Perengangan Punggung

Olahraga di Kantor

Sumber : Readers.com

Bagian dari badan yang paling sering dirasakan lelah, pegal, atau nyeri adalah bagian punggung. Untuk mengatasi sedikit dari rasa lelah, pegal, atau nyeri di punggung, Rekan Bijak dapat melakukan olahraga kecil seperti perengangan pada punggung. Perengangan pada punggung dilakukan dengan cara, putar sedikit badan Rekan Bijak ke kiri atau ke kanan, selagi memutarkan badan, pegang pegangan di samping kursi Rekan Bijak. Selama melakukan perengangan punggung, Rekan Bijak dapat lakukan dengan masing-masing arah yaitu tiga menit.

Nah, Rekan Bijak, masih bingung mau melakukan olahraga apa jika hanya ada waktu di kantor? Jika iya, Rekan Bijak dapat lakukan beberapa olahraga diatas ya!

Olahraga di Kantor

 

 

1 Comment

Write a comment
  1. deni oktaviano
    January 30, 07:57 deni oktaviano

    makasih admin artikelnya sangat membantu

    Reply this comment

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: