12 Ragam Jenis Olahraga yang Murah dan Bisa Dilakukan di Rumah

Olahraga tidak hanya dilakukan untuk menyehatkan tubuh. Akan tetapi, bisa dilakukan untuk membentuk serta mengencangkan beberapa bagian tubuh yang kendur. Bagi wanita, memiliki postur tubuh ideal sangatlah penting untuk menunjang penampilannya. Berikut berbagai jenis olahraga untuk wanita yang bisa kita coba dan praktikkan di rumah.

12 Ragam Jenis Olahraga yang Murah dan Bisa Dilakukan di Rumah

12 Ragam Jenis Olahraga yang Murah dan Bisa Dilakukan di Rumah

Melakukan olahraga di rumah itu menyenangkan. Kita tidak perlu memikirkan pakai baju olahraga apa, sepatu, harus rapi dan tidak perlu mengeluarkan biaya. Dan yang utama, kita bisa melakukan jenis olahraga kapan saja dan di sudut ruangan mana saja tanpa dibatasi. Bahkan, kita bisa olahraga bareng anak-anak. Mereka pasti senang melihat kita melakukan gerakan-gerakan dan kadang mengikutinya. Olahraga pun menjadi menyenangkan untuk dilakukan.

Jogging

Jenis Olahraga

www.livestrong.com

Jenis olahraga ini juga banyak dilakukan oleh orang-orang. Tidak mesti membeli treadmill supaya bisa jogging di rumah. Kamu bisa melakukannya di teras atau ruangan lainnya. Yang penting, kamu harus mempunyai sepatu olahraga untuk melakukan jenis olahraga ini untuk mengoptimalkan gerakan dan menghindari cedera. Lakukan jogging mengelilingi teras ataupun dari dalam rumah ke teras. Untuk awal kita bisa coba 10 kali, lalu tingkatkan menjadi 15, 20, 25 kali setiap dua hari sekali.

Skipping

Jenis Olahraga

10110681.blog.unikom.ac.id

Skiping merupakan jenis olahraga Lompat tali adalah jenis olahraga yang banyak manfaat. Di antaranya adalah menurunkan berat badan dan mengencangkan otot. Lompat tali juga bisa membuat tinggi badan bertambah. Cukup lakukan 30 menit sehari untuk mendapatkan hasil maksimal dari lompat tali ini.

Baca Juga: 7 Tips Olahraga Sederhana Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Hulla-hoop

Jenis Olahraga

style.tribunnews.com

Walaupun sederhana, hula-hoop adalah jenis olahraga yang cukup sulit untuk dilakukan. Diperlukan latihan secara terus menerus agar kita bisa memainkan hula-hoop dengan benar. Olahraga ringan ini dapat dilakukan dimana saja dan cukup efektif untuk membakar kalori tubuh.

Lari di Tempat

Jenis Olahraga

www.wrp-diet.com

Lari di tempat sangat cocok untuk dilakukan di ruangan yang luasnya terbatas. Walaupun hanya lari di tempat, tapi kita juga bisa mendapatkan menfaat seperti lari biasa seperti membakar kalori, menguatkan otot-otot kaki, dll. Lebih enak lagi apabila kita mempunyai treadmill di rumah kita karena dengan treadmill kita berlari layaknya di jalan biasa tanpa harus keluar rumah.

Senam Aerobik

Jenis Olagraga

hellosehat.com

Senam aerobik biasanya dilakukan secara bersama-sama dengan pemandu yang berdiri paling depan. Tapi kita juga bisa melakukan jenis olahraga ini sendiri di rumah dengan panduan yang bisa kita cari sendiri di google ataupun youtube.

Baca Juga: 6 Kegiatan yang Tidak Boleh dilakukan Setelah Olahraga

Senam Lantai

Jenis Olahraga

diasweethealthy.com

Senam lantai adalah jenis olahraga yang memiliki beberapa gerakan. Diantaranya adalah headstand, rol depan, rol belakang, sikap lilin, kayang dan masih banyak lagi. Kita bisa menggunakan matras dalam melakukan senam lantai. Namun apabila kita belum pernah belum pernah melakukan senam lantai sama sekali, sebaiknya lakukan dengan ahlinya untuk menghindari cedera.

Naik Turun Tangga

Jenis Olahraga

odemy.id

Tangga biasanya digunakan untuk naik atau turun ke lantai yang berbeda. Ternyata naik turun tangga dapat menjadi jenis olahraga ringan di rumah yang sangat mudah untuk dilakukan. Hanya saja syaratnya di rumah kita harus ada tangga. Gerakan naik turun tangga ini bisa kita lakukan dengan berjalan maupun berlari. Jika kita berlari, maka kita bisa membakar kalori lebih banyak dan cepat.

Baca Juga: 6 Jenis Kegiatan Olahraga di Kantor, Tanpa Harus Ribet

Naik Turun Kursi

Jenis Olahraga

health.detik.com

Kalo tadi naik turun tangga sekarang naik turun kursi. Ini dapat menjadi alternatif bagi kita yang rumahnya tidak ada tangga. Cukup sediakan kursi yang ada di rumah kita. Lakukan gerakan naik, lalu turun kembali dan lakukan secara berulang-ulang sampai kita merasa cukup. Latihan ini dapat melatih otot kaki kita.

Yoga

Jenis Olahraga

www.fitnessmagazine.com

Yoga juga jenis olahraga yang memiliki banyak sekali gerakan. Dari yang mudah sampai yang sulit. Ini dapat menjadi olahraga ringan di rumah yang cocok untuk kita. Kita bisa mendapatkan gerakan-gerakan yoga untuk pemula di google. Untuk gerakan tingkat menengah dan mahir sebaiknya belajar bersama dengan pelatih agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga: 7 Barang Memorabilia Olahraga yang Terjual dengan Harga Tinggi

Pilates

Jenis Olahraga

www.expertise.com

Jenis olahraga ini pun masih satu tingkat di bawah yoga ukuran hits-nya. Kamu bisa melakukan pilates di rumah dengan melihat gerakannya di youtube oleh ahlinya. Tapi, sekali lagi saran dari yang saya baca, ada baiknya konsultasi juga dengan instruktur pilates terlebih dahulu, dengan begitu kamu bisa paham otot sebelah mana saja yang perlu mendapat tekanan saat melakukan gerakan.

Squat

Jenis Olahraga

experiencelife.com

Cara melakukan gerakan squat adalah pada posisi berdiri, renggangkan kaki sejajar dengan bahu. Turunkan badan hingga kaki membentuk sudut 90 derajat (setengah berjongkok) lalu kembali berdiri. Lakukan gerakan tersebut berulang-ulang sampai kita merasa cukup. Squat bertujuan untuk memperkuat otot kaki dan paha.

Baca Juga: 7 Cabang Olahraga Paling Diminati dan Digemari di Dunia

Squat Jump

Jenis Olahgraga

hifitnessclub.wordpress.com

Gerakan ini hampir sama seperti gerakan squat. Setelah dari posisi setengah jongkok lanjutkan dengan gerakan melompat. Selain memperkuat otot kaki dan paha, gerakan ini juga merupakan olahraga ringan di rumah yang cukup melelahkan dan dapat membakar banyak kalori sehingga sangat baik untuk kita yang sedang ingin menurunkan berat badan.

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: