12 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Padang yang Ranca Bana

Menikmati destinasi wisata Padang tak luput dari daftar perjalanan wisatawan, baik wisatawan lokal maupun internasional. Selain berwisata para wisatawan juga bisa menikmati makanan khas Padang yang dapat dijadikan sebagai cendramata.

12 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Padang yang Ranca Bana

12 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Padang yang Ranca Bana

Oleh-oleh khas Padang memang menjadi buah tangan yang ditunggu-tunggu oleh keluarga atau kerabat jika kita sedang berkunjung ke Sumatera Barat. Ada banyak makanan yang bisa kita pilih untuk menjadi hadiah bagi orang terdekat, diantaranya adalah rekomendasi oleh-oleh dibawah ini. Mari kita simak.

Rendang

Oleh-oleh khas Padang

www.tokopedia.com

Jika kita sedang traveling atau pulang kampung dari Padang, pastinya kita akan membawa pulang makanan kesukaaan semua orang ini, Rendang. Karena Rendang memiliki masa kadaluarsa yang cukup lama, bisa sampai setahun, banyak orang-orang yang akan membeli Rendang keleng atau Rendang kemasan. Oleh-oleh khas Padang ini pastinya menjadi hak wajib dalam daftar oleh-oleh kita untuk keluarga dan teman-teman. Tentu saja setiap orang akan senang mendapatkan oleh-oleh Rendang yang langsung dari tempat asalnya. Selain Rendang basah dengan banyak bumbu banyak pula toko oleh-oleh yang menjual Rendang kering.

 

Rendang Telur

Oleh-oleh khas Padang

kedaikuka.co.id

Tak hanya terbuat dari daging sapi, rendang juga bisa dibuat dari telur dan bahkan bahan pangan lainnya. Di Padang, telur bisa diolah menjadi hidangan rendang yang bertekstur renyah dan lembut. Karena rasa dan teksturnya yang lezat dan renyah, tak jarang rendang telur kerap dijadikan sebagai pilihan oleh-oleh favorit bagi para pelancong yang singgah. Banyak juga wisatawan yang mencari Rendang Telur sebagai oleh-oleh khas Padang, karena kemasannya yang praktis dan rasanya yang enak dan cocok dimakan dengan nasi yang hangat.

 

Karak Kaliang

Oleh-oleh khas Padang

www.cookpad.com

Camilan khas asal Sumatera Barat yang berwarna kuning dan berbentuk seperti angka delapan. Rasanya gurih dan lezat. Teksturnya juga renyah, jadi cocok disantap saat sedang bersantai bersama keluarga. Rasa yang lezat dan gurih, menjadi pilihan oleh-oleh tepat para wisatawan. Ada dua ukuran Karak Kaliang yang biasa dijual, yakni ukuran besar sebesar ibu jari dan ukuran kecil sekecil jari kelingking orang dewasa. Karang kaliang umumnya sering dijadikan sebagai oleh-oleh khas Padang bagi para pelancong.

 

Karupuak Sanjai

Oleh-oleh khas Padang

www,wikipedia.id

Karupuak Sanjai atau Keripik Sanjai, adalah sejenis camilan kerupuk dari singkong yang diparut tipis lalu digoreng dan diberi garam sebagai penyedapnya. Kerupuk ini amat populer sebagai makanan oleh-oleh khas kota Bukitinggi, Sumatera Barat. Karupuak Sanjai terdiri dari tiga rasa: Karupuak Sanjai Tawar adalah Keripik Sanjai yang tidak menggunakan lado(cabai)ataupun Gula merah melainkan hanya diberi garam. Karupuak Sanjai Saka adalah Kerupuk sanjai yang diberi/dioleskan Gula merah. Karupuak Balado adalah Kerupuk sanjai yang diberi bumbu balado. Karupuak Sanjai juga banyak dicari oleh orang-orang untuk buah tangan dari Tanah Minangkabau ini.

 

Dendeng Balado

Oleh-oleh khas Padang

www.bukalapak.com

Selain Rendang, masih ada makanan khas Minang lainnya yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh khas Padang, yaitu Dendeng Balado. Dendeng biasanya terbuat dari daging sapi tanpa lemak yang diiris tipis. Pada umumnya, rasa Dendeng Balado sedikit manis, asin, dan pedas. Potongan cabe merah nampak melengkapi dendeng balado khas Padang ini. Makanan ini bisa dijadikan lauk untuk disantap dengan nasi putih hangat. Di samping itu, daya tahan dendeng balado juga cenderung lebih lama jika dibandingkan dengan rendang. Jadi, Dendeng Balado memang merupakan oleh-oleh dari Padang yang sangat nikmat.

 

Karupuak Jangek

Oleh-oleh khas Padang

shopee.co.id

Jangek adalah kerupuk kulit khas Padang yang terbuat dari kulit sapi atau kerbau. Kulit yang telah direbus akan dibakar untuk menghilangkan bulunya. Selanjutnya, kulit dijemur selama kurang lebih 2 hari untuk kemudian digoreng hingga matang. Di berbagai kota lain di Indonesia, khususnya Jawa Timur, kerupuk ini disebut juga dengan rambak. Biasanya, Kerupuk Jangek hadir dalam rasa original, tetapi kini sudah tersedia Kerupuk Jangek dalam varian rasa lain seperti balado dan pedas manis. Untuk mendapatkannya, Rekan bisa datang ke berbagai toko pusat oleh-oleh khas Padang. Rasanya yang guruh dan terksturnya yang renyah membuat keruouk ini disukai banyak orang dan cocok juga dimakan dengan nasi.

 

Dakak-Dakak

Oleh-oleh khas Padang

jandakayarasa.com

Dakak-dakak merupakan kuliner khas Padang yang terbuat dari singkong yang berbentuk menyerupai kubus mini atau diiris tipis memanjang. Untuk membuatnya, singkong yang sudah dipotong dan digoreng kering akan ditumis bersama kunyit, bawang putih, irisan daun seledri dan garam. Setelah matang, dakak-dakak akan dibungkus dan dijual sebagai oleh-oleh khas Kota Jam Gadang ini. Dakak-dakak sangat pas sebagai makanan pendamping nasi atau cemilan di sore hari dengan segelas teh.

 

Galamai

Oleh-oleh khas Padang

www.tokopedia.com

Oleh-oleh khas Padang  yang satu ini adalah dodol khas Minangkabau. Dari segi tampilan, Galamai mungkin sedikit mirip dengan dodol yang berasal dari daerah lainnya. Yang membedakan hanyalah bahan pembuatannya saja karena Galamai terbuat dari beras ketan, santan, gula aren, dan kacang tanah yang disangrai.

Penggunaan kacang tanah inilah yang membuat Galamai berbeda dengan dodol khas Garut atau jenang khas Kudus. Meskipun ini jenis makanan basah, Galamai cukup tahan hingga 2-3 hari. Bila disimpan di dalam kulkas, Galamai pasti lebih tahan lama dibanding disimpan dalam suhu ruangan. Galamai sangat cocok untuk camilan dan dipadukan dengan kopi susu.

 

Batiah

oleh-oleh khas Padang

www.bukalapak.com

Salah satu jajanan tradisional khas Payakumbuh yang jarang diketahui oleh orang adalah Batiah. Cemilan ini dibuat menggunakan ketan yang telah dikeringkan kemudian ditanak dan terakhir digoreng menggunakan minyak. Rasanya adalah manis namun akan sangat renyah saat diggit dan bisa membuat siapa saja ingin memakannya lagi dan lagi. Sebagai makanan khas orang Minangkabau, membuat makanan ini akan sangat dengan mudah dijumpai di daerah Padang, Bukittinggi, dan Payakumbuh, khususnya di toko oleh-oleh khas Padang

 

Kipang Kacang

Oleh-oleh khas Padang

visitpariaman.com

Kipang Kacang dibuat menggunakan gula merah yang ditaburi dengan kacang tanah. Karena dibuat menggunakan gula, rasa yang dihasilkan sudah pasti manis dan juga memiliki rasa yang renyah. Walaupun dulu pembuatannya dilakukan di Balingka, kini banyak sekali yang membuatnya di Bukittinggi dan dikemas dengan kemasan yang modern.Selain bisa disantap saat menemani minum kopi atau teh, makanan manis berbentuk persegi panjang ini juga bisa dimakan saat sedang menikmati sore dan pagi hari. Namun setelah membelinya dan membuka kotak dari kemasan, Kipang Kacang dari gula enau tersebut harus segera dikonsumsi agar masih tetap renyah.

 

Kue Sapik

oleh-oleh khas Padang

takaitu.com

Kue Sapik adalah kue tradisional yang memiliki rasa renyah yang dibuat dari bahan-bahan seperi telur, margarin, gula pasir, tepung beras, garam, dan kayu manis. Bentuknya sendiri hampir mirip dengan Kue Semprong namun jika kue semprong digulung, maka Sapik berbentuk segitiga. Kue khas Sumatera Barat yang disukai oleh semua kalangan ini kerap disajikan saat hari besar Idul fitri maupun acara lain seperti acara pernikahan maupun acara sunatan atau khitanan. Kue Sapik memiliki rasa yang renyah, kue ini memiliki rasa yang gurih, cocok dimakan bersama segelas kopi atau teh.

 

Arai Pinang

oleh-oleh khas Padang

visitpariaman.com

Arai Pinang adalah camilan yang berasal dari Sumatera Barat, khusunya daerah Pariaman. Cara pembuatan jenis keripik ini adalah dengan menggunakan tepung beras dengan diberi rempah-rempah sehingga menghasilkan rasa renyah dan gurih. Tepung beras yang menjadi bahan utama pembuatannya harus terlebih dahulu disangrai. Bahkan salah satu rempah yang digunakan adalah kapur sirih untuk membuat rasanya semakin renyah. Bentuk dari cemilan ini adalah bulat dengan bentuk pipih karena dipipihkan dengan arai pinang.

Inilah sebagian oleh-o;eh khas Padang yang bisa kita bawa pulang untuk tanda kasih kepada kerabat dan sanak keluarga, masih banyak lagi oleh-oleh khas padang yang bisa kita beli, selain makanan kita bisa pernak-pernik atau cindermata khas Kota Padang, seperti gantungan kunci replika Jam Gadang.

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: