5 Orang Sukses yang Lahir dari Keberhasilan Komunitas

Komunitas merupakan suatu hal yang dianggap bisa menyalurkan pemikiran orang-orang yang sepemikiran, dan juga punya bidang yang disukai secara sama. Dan, Komunitas juga tidak jarang berhasil dalam menyalurkan banyak orang sukses, sehingga tidaklah mengagetkan jika komunitas dikatakan sebagai salah satu penyalur orang sukses.

5 Orang Sukses yang Lahir dari Keberhasilan Komunitas

5 Orang yang Sukses Karena Keberhasilan Komunitas atau Perkumpulan

Komunitas atau perkumpulan adalah kelompok sosial yang dari berbagai organisme, yang biasanya bersatu mengelompok karena mempunyai ketertarikan atau kesamaan dalam suatu bidang. Menjadi suatu bagian dari suatu komunitas bagi banyak orang adalah suatu kebanggaan, dengan berbagai macam alasan. Ada yang karena mengetahui betapa sulitnya masuk ke dalam suatu perkumpulan dan memerlukan syarat yang sulit dipenuhi, ada juga yang karena sudah merasa menjadi suatu bagian yang dianggapnya memang membanggakan.

Ada juga orang-orang yang bangga karena mereka sukses, dan menjadi salah seseorang, atau pun malah menjadi orang pertama yang sukses dalam suatu komunitas tertentu, dan hal tersebut tentunya membanggakan. Dan dari banyaknya orang yang sukses karena menjadi bagian dari suatu perkumpulan, atau bahkan seseorang itu memang pendiri perkumpulan tertentu. Lalu, siapa saja yang sukses karena hal tersebut? Inilah 5 orang yang sukses keberhasilan komunitas!

Billy Boen – Young On Top

Komunitas

Sumber : absen21.wordpress.com

Billy Boen adalah pendiri dari Young On Top, yakni sebuah perkumpulan yang bertujuan untuk memotivasi agar sukses dalam usia muda. Billy Boen saat ini berusia 40, namun mempunyai segudang pengalaman saat usia muda. Ia merupakan GM PT Oakley Indonesia pada usia 26 Tahun, pendiri Jakarta International Consulting, dan sekarang adalah Presiden Direktur Rolling Stone Cafe Jakarta.

Namun, kesuksesan dari perkumpulannya didapatkan setelah ia menciptakan buku bernama Young On Top di tahun 2009, yang akhirnya terjual banyak dan sempat menjadi tema di Kick Andy dan Billy Boen pun diundang. Di tahun 2012 pun Young On Top berkembang bukan hanya menjadi sebuah buku saja, namun menjadi sebuah komunitas yang menjaring anak-anak muda.

Young On Top sendiri berdiri di tahun 2012, dengan moto “Jika kesuksesan dapat diraih di masa Muda, mengapa harus menunggu sampai tua?” Kegiatan-kegiatan yang mereka laksanakan adalah pembuatan biopori, penanaman bakau, memberi pendidikan kepada anak jalanan, dan juga Talkshow, dengan sebisa mungkin tanpa perlu mengeluarkan dana dan mengandalkan uang dari sponsor.

Muhammad Iman Usman – Indonesian Future Leader

Komunitas

Sumber : Student.CNNIndonesia.com

Muhammad Iman Usman adalah salah satu pendiri Indonesian Future Leader. Ia juga pendiri dari Ruang Guru. Iman Usman memang sudah dikenal dari kecil sudah mempunyai jiwa sosial, ditambah lagi tahun 2008, ia menerima penghargaan Pemimpin Muda Indonesia tahun 2008 langsung oleh Presiden Indonesia, meraih nilai ujian nasional tertinggi bidang IPS di Padang, dan masuk jurusan Hubungan Internasional di Universitas Indonesia.

Tahun 2009, ia mendirikan Indonesian Future Leader, dan dari situ ia mulai mengembangkan dirinya sendiri. Ia mendapatkan World Young Achiever Recognition. Lalu juga tahun 2011 ia mendapatkan Microsoft Bloggership. Ia juga menerima ASEAN Youth Award tahun 2011, bahkan ia menerima S2 di Columbia University di Amerika Serikat dalam waktu 1 tahun dengan IPK 3.90, dan selama itu juga ia merupakan perwakilan Amerika Serikat untuk Yayasan Cinta Anak Bangsa Internasional.

Indonesian Future Leader sendiri adalah sebuah komunitas yang fokus terhadap pemberdayaan orang muda dan voluntir terhadap kegiatan sosial. Komunitas ini sudah ada 700 voluntir dan 30.000 pendukung. Dengan tagline Initiate, Act, Share, Inspire”, IFL berfokus agar orang-orang muda lebih fokus dengan lingkungan sekitar dan sudah diakui sebagai salah satu gerakan komunitas anak muda terbesar di Indonesia.

Alanda Kariza – Indonesia Youth Conference

Komunitas

Sumber : Hipwee.com

Alanda Kariza adalah pendiri komunitas Indonesia Youth Conference. Alanda Kariza merupakan wakil Indonesia dari Indonesia untuk Global Changemakers. Kakeknya adalah Prof. Moenadjat Wiratmadja, yang merupakan pionir operasi plastik di Indonesia. Lulus dari SMAN 82 Jakarta, Alanda menjadi siswi terbaik Bidang IPA dan masuk Universitas BINUS di jurusan Bisnis Internasional pada tahun 2009, dengan beasiswa penuh selama 3 tahun. Ia dikenal sebagai penulis dan juga aktivis, dan salah satu bukunya adalah Dream Catcher. Ia mulai dikenal ketika ia mendirikan Indonesia Youth Conference.

Indonesia Youth Conference sendiri didirikan pada tahun 2009. Biasanya acaranya dilakukan di tiap bulan Juli. IYC sendiri banyak acara, seperti talkshow, seminar, eksibisi komunitas, dan ada acara musik-musik tertentu. IYC bertujuan untuk menjadi wadah agar orang-orang muda bisa berani untuk berbicara dan membuat mimpi mereka terwujudkan.

Carrie Green – Female Entrepreneur Association

Komunitas

Sumber : Animoto.com

Carrie Green merupakan pendiri dari Asosiasi Entrepreneur Wanita, atau Female Entrepreneur Association. Dia merupakan seorang mahasiswi jurusan Hukum di University of Birmingham. Di umur 19, ia tidak pernah terpikirkan untuk menjadi seorang pebisnis, melainkan menjadi seorang praktisi hukum. Namun, ia selalu berpikir untuk bekerja sendiri, dan ia pun mendirikan 2 bisnis dan belajar tentang pengembangan situs. Ia pun menjadi seorang pebisnis awalnya tidak mudah, namun pada kenyataannya, ia berhasil.

Carrie Green pun mendirikan Asosiasi Entrepreneur Wanita di tahun 2011 dengan tujuan untuk mengumpulkan Entrepreneur Wanita yang ada di Dunia untuk saling menukar pikiran dan saling memotivasi, dan saling belajar untuk saling menyelesaikan rintangan yang ada dalam berbisnis.

Asosiasi Entrepreneur Wanita atau Female Entrepreneur Association sendiri adalah sebuah komunitas yang tergabung secara online yang mempunyai misi untuk menginspirasi  wanita dari seluruh dunia untuk membuat mimpi mereka terwujud, dan menjadi sebuah bisnis yang sukses. Komunitas ini mempunyai situs sendiri, blog sendiri, Facebook dan majalah sendiri.

Richard Saul Wurman – TED(Technology, Entertainment, Design)

Komunitas

Sumber : the-talks.com

Richard Saul Wurman merupakan pendiri dari TED. Ia awalnya seorang desainer grafis dan arsitek. Ia juga dikenal telah mendesain banyak buku, bahkan lebih dari 50 buku telah ia desain. Ia meraih gelar sarjana Arsitektur dari University of Pennsylvania, dan ia juga sudah meraih banyak penghargaan. Ia juga diajak untuk berkontribusi dalam suatu proyek yang dinamakan “Genius : 100 Visions of the Future”.

Ia juga pimpinan dan pendiri dari TED Conference, dan menjadi seorang pimpinan di TED dari tahun 1984 sampai 2002. Ia mengatakan, ia mendirikan TED karena ia merasa bahwa adanya kesatuan dalam desain grafis, bisnis teknologi dan hiburan, dan itu semua harus disatukan. Ditambah lagi, ia hanya ingin membuat suatu konferensi dan komunitas yang tidak membosankan.

TED sendiri menjadi suatu komunitas dan konferensi terbesar di dunia. TED menjadi suatu komunitas yang mengutamakan ide-ide dan inovasi, serta memberikan inspirasi untuk orang-orang. TED sendiri sudah menjadi suatu perkumpulan yang mendunia dengan 100 lebih bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Topiknya pun bermacam-macam, mulai dari bisnis, pengetahuan hingga isu-isu terkini.

Nah, itulah komunitas-komunitas yang berhasil menerbitkan atau membantu untuk orang-orang sukses, Rekan Bijak. Apakah Rekan Bijak tidak tertarik untuk menjadi bagian dari suatu komunitas tertentu, atau bahkan mendirikan sendiri suatu komunitas agar bisa saling menyampaikan ide?

komunitas

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: