Pahami Lebih Jauh Kota Sidoarjo dan Jelajahi 6 Destinasi Wisatanya!

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki berbagai daerah, setiap daerah yang ada memiliki keunikannya sendiri. Untuk itu, tidak akan pernah habis untuk membahas tentang suatu daerah di Indonesia. Daerah di Indonesia yang sedang banyak dibicarakan yaitu Jawa Timur.

Pahami Lebih Jauh Kota Sidoarjo dan Jelajahi 6 Destinasi Wisatanya!

Pahami Lebih Jauh Kota Sidoarjo dan Jelajahi 6 Destinasi Wisatanya!

Jawa timur memiliki berbagai kota-kota yang menarik, serta unik, salah satunya yaitu kota Sidoarjo. Mungkin, Rekan Bijak akan teringat kota Sidoarjo saat mendengar lumpur lapindo. Tidak bisa dipungkiri, bahwa bencana dari lumpur lapindo masih menyisakan luka yang dalam bagi warga Sidoarjo, bahkan, masyarakat lain yang tinggal di Indonesia. Sehingga, bagi orang Indonesia asli, pasti akan langsung teringat lumpur lapindo, jika, membaca, atau mendengar kota Sidoarjo. Tetapi, di artikel ini Danabijak tidak membahas secara lengkap mengenai masalah dari lumpur lapindo, melainkan, tentang kota Sidoarjo itu sendiri.

Sidoarjo

Sumber : trans.web.id

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kota ini merupakan kota yang berada di provinsi Jawa Timur. Hewan khas yang berasal dari kota ini yaitu trenggiling. Kemudian, untuk masyarakat asli yang tinggal di kota ini, mereka menggunakan dua bahasa yaitu bahasa Indonesia, dan bahasa Jawa. Kota ini pertama kali diresmikan pada tanggal 31 Januari 1859. Dahulu kala, kota ini dikenal sebagai pusat Kerajaan Janggala.

Kota ini memiliki kuliner khas yaitu kupang lontong yang di makan bersama dengan sate kerang, dan bandeng presto.  Kota ini dikenal juga dengan sebutan Kota Delta, karena, kota ini berada di antara dua sungai besar pecahan Kali Brantas, yaitu Kali Mas, dan Kali Porong. Setelah memahami tentang kota ini, barulah Rekan Bijak bisa mencoba untuk menjelajahi beberapa destinasi wisatanya. Lalu, apa saja destinasti wisata yang bisa Rekan Bijak datangi saat berada di kota ini ya?

Museum Mpu Tantular

Sidoarjo

Sumber : superkidsindonesia.com

Destinasi wisata yang wajib Rekan Bijak jelajahi yang pertama yaitu museum Mpu Tantular. Destinasi wisata ini cocok bagi Rekan Bijak yang senang pergi ke tempat yang memiliki informasi mengenai sejarah, karena, di museum ini menyimpan banyak peninggalan sejarah, sepertii etnografi, numismatik, geologi biologi, emas, hingga seni rupa yang dibuat pada abad ke 14. Museun ini berlokadi di Jalan Raya Buduran, yang memiliki lahan seluar 3,28 hektar.

Alun-alun Kota

Sidoarjo

Sumber : albumsakasay.blogspot.com

Destinasi selanjutnya yaitu alun-alun kota. Seperti biasanya, setiap kota yang ada di Indonesia, biasanya memiliki alun-alun. Untuk itu, alun-alun merupakan destinasi wisata yang wajib Rekan Bijak datangi saat berada di kota Delta ini. Saat berada di alun-alun kota, Rekan Bijak dapat mencoba merasakan kuliner khas kota ini yaitu lontong kupang, yang memiliki rasa pedas, namun asam. Namun, jika Rekan Bijak datang di pagi hari, Rekan Bijak dapat olahraga santai, seperti jogging ringan, dan bersepeda santai.

Lumpur Lapindo

Sidoarjo

Sumber : konfrontasi.com

Selanjutnya, destinasi wisata yang wajib Rekan Bijak kunjungi yaitu lumpur lapindo. Awalnya, lumpur lapindo adalah sebuah becanda alam yang menyemburkan lumpur panas. Namun, seiring berjalannya waktu, lumpur lapindo kini menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi wisatawan yang saat berada di kota Delta ini. Rekan Bijak dapat menikmati dengan jelas asap yang mengepul dari lumpur lapindo ini dengan naik diatas tanggul yang ada di sekitar lumpur lapindo.

Kampung Batik Jetis

Sidoarjo

Sumber : Ulinulin.com

Destinasi wisata yang wajib Rekan Bijak kunjung, selanjutnya yaitu kampung batik jetis. Salah satu hal yang identik dari Indonesia yaitu batik. Untuk itu, di setiap daerah yang ada di Indonesia memiliki batik yang menjadi ciri khasnya, dan hal tersebut juga berlaku di kota Delta ini. Bagi, Rekan Bijak yang senang dengan batik, mulai dari bahan batik, baju batik, celana batik, dan berbagai macam batik lainnya, maka, Rekan Bijak wajib datang ke kampung batik jetis ini.

Sentra Tas Tanggulangin

Sidoarjo

Sumber : surabaya.bisnis.com

Selanjutnya, bagi Rekan Bijak yang senang mengoleksi atau memiliki tas, maka, sebaiknya Rekan Bijak datang ke destinasi wisata sentra tas tanggulangin. Sentra tas tanggulangin merupakan tempat yang menjual tas-tas lokal yang dibuat langsung oleh masyarakat yang tinggal di kota Delta ini. Selain, bisa menambah koleksi tas yang Rekan Bijak, berbelanja di sentra tas tanggulangin bisa menjadi buah tangan atau oleh-oleh untuk kerabat Rekan Bijak.

Pulau Sarinah

Sidoarjo

Sumber : gozzip.id

Destinasi wisata terakhir yang wajib Rekan Bijak jelajahi saat berada di kota ini yaitu pantai sarinah. Pulau sarinah merupakan pulau baru yang ada di kota ini, pulau ini ada dari hasil sedimentasi lumpur lapindo yang terletak di Desa Kedugpandan, Kecamatan Jabon. Saat datang ke pulau ini, Rekan Bijak akan disuguhkan dengan hijaunya tanaman bakau yang ada di samping kiri kanan pesisir pantai.

Nah, Rekan Bijak, sudah paham kan mengenai kota Sidoarjo dan sudah tahu juga kan beberapa destinasi wisatanya? Jika sudah, semoga artikel ini dapat bermanfaat ya, Rekan!

Sidoarjo

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: