Mengenal Pantai Ngetun, Pantai Tersembunyi di Jogjakarta

Indonesia dikelilingi oleh banyak kepulauan, hampir di setiap daerah di Indonesia memiliki keindahan alam tersendiri, mulai dari gunung, pantai, danau, dan lain sebagainya. Dari sekian banyak pantai yang indah, ada beberapa pantai tersembunyi yang tidak banyak diketahui oleh orang, bahkan beberapa orangpun tidak mengetahui letak sebenarnya pantai tersebut.

Mengenal Pantai Ngetun, Pantai Tersembunyi di Jogjakarta

Mengenal Pantai Ngetun, Pantai Tersembunyi di Jogjakarta

Pantai tersembunyi juga ada di Jogjakarta, yaitu Pantai Ngetun. Pantai ini sebenarnya memiliki nama asli yaitu Pantai Ngitun yang berasal dari bahasa daerah setempat, yang memiliki arti yaitu mengintip. Namun, karena kebiasaan warga sekitar mengucap Ngetun maka pantai ini lebih dikenal dengan nama Pantai Ngetun.

Pantai tersembunyi ini yang berada di daerah kabupaten Gunungkidul Jogjakarta, tepatnya di desa Purwodadi. Pantai ini buka 24 Jam, untuk masuk ke pantai ini, yaitu dengan membayar tiket masuk Rp6.000/orang, membayar Rp3.000 jika Rekan Bijak membawa kendaraan bermotor roda dua, membayar Rp5.000 jika Rekan Bijak membawa kendaraan bermotor roda empat, sehingga uang yang Rekan Bijak siapkan untuk mengunjungi pantai ini sekitar Rp15.000 saja.

Baca Juga: Fakta dan Sejarah Yogyakarta yang Harus Kamu Ketahui

Namun, jika Rekan Bijak ingin datang ke pantai ini, kendaraan yang akan Rekan Bijak pakai haruslah dalam keadaan fit dan prima, karena, untuk mendatangi pantai ini cukup sulit, dimana keadaan jalan masih berbatu, belum diaspal. Jika Rekan Bijak ingin datang ke pantai ini yaitu dengan cara melalui jalur yang menuju ke arah pantai siung, timang maupun wediomdo yang dilanjutkan dengan mengikuti plang yang bertuliskan Pantai Ngetun yang lumayan kecil, tetapi, jika Rekan Bijak masih bingung, Rekan Bijak dapat bertanya kepada warga yang berada di sepanjang jalan.

Rekan Bijak tidak usah khawatir jika ingin mengunjungi pantai ini, walaupun pantai ini merupakan pantai tersembunyi dan masih jarang terjamah oleh kebanyakan orang, fasilitas di sekitar pantai ini lumayan lengkap, karena, sudah ada fasilitas toilet dan tempat parkir kendaraan.

Baca Juga: 5 Pantai Indah yang Harus Didatangi Wisatawan di Yogyakarta

Pantai Tersembunyi

Sumber : jojaempatroda.com

Pantai Ngetun memiliki pasir putih, pantai ini yang biasa disebut sebagai teluk mungil, karena, pantai ini diapit oleh dua bukit yang lumayan tinggi. Adanya dua bukit yang mengapit pantai ini, membuat pantai Ngetun masih terlihat alami dan menambah keindahan pantai ini. Rekan Bijak dapat melihat pemandangan yang indah dan asri di salah satu bukit yang ada di sebelah pantai Ngetun ini. Untuk menaiki bukit-bukit ini, Rekan Bijak tetap harus berhati-hati, karena, untuk menaiki bukit yang ada di sekitar pantai ini cukup tinggi.

Selain dapat melihat pemandangan sekitar, jika Rekan Bijak dapat memancing lobster dan sebagainya, karena, banyak lobster yang suka bersembunyi di balik bukit maupun di sekitar bukit. Dan, yang dapat Rekan Bijak lakukan selain kedua kegiatan tersebut, Rekan Bijak dapat mengambil foto yang indah dari keadaan alam di sekitar pantai Ngetun maupun bukitnya.

Baca Juga: 10 Pantai Paling Cantik di Indonesia yang Harus Dikunjungi!

Pantai Tersembunyi

Sumber : pegipegi.com

Berkemah atau camping cenderung dilakukan di daerah gunung atau bukit, namun, Rekan Bijak bisa juga melakukan kegiatan berkemah  di sekitaran pantai. Pantai Ngetun cocok untuk Rekan Bijak melakukan berkemah, karena, air pantainya yang cukup tenang. Selain air pantai yang cukup tenang, pantai ini juga sejuk karena memiliki air biru yang jernih, sehingga membuat Rekan Bijak menjadi rileks.

Namun, jika Rekan Bijak ingin berkemah di pantai ini, Rekan Bijak harus menyiapkan dan membawa sendiri keperluan untuk berkemah, karena, di sekitar pantai ini tidak ada tempat untuk menyewa alat-alat perlengkapan berkemah. Lalu, ketika Rekan Bijak ingin ke pantai Ngetun, baik hanya berkunjung maupun berkemah, Rekan Bijak sebaiknya membawa bekal makanan dan minuman sendiri, karena, di sekitar pantai Ngetun masih belum ada warung-warung yang berjualan.

Baca Juga: 7 Taman Bermain yang Wajib Didatangi di Yogyakarta

Pantai Tersembunyi

Sumber : tribunnews.com

Rekan Bijak suka berburu untuk melihat sunset atau sunrise? Yap, ketika Rekan Bijak datang ke pantai ini baik hanya berkunjung atau berkemah, Rekan Bijak dapat melihat pemandangan indah sunset atau sunrise. Tempat yang enak untuk melihat sunset atau sunrise yaitu di bukit yang mengapit pantai ini, tetapi, jika Rekan Bijak tidak ingin menaiki bukit yang mengapit pantai ini, Rekan Bijak masih bisa menikmati sunset atau sunrise di pinggir pantai Ngenun sambil duduk santai. Rekan Bijak dapat melihat sunset atau sunrise dengan sangat asri, karena, di pantai ini sedikit akan polusi udara. Dan saat Rekan Bijak sedang berkunjung, jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan ya.

Baca Juga: 8 Tempat Hangout Bersama Teman di Sekitar Yogyakarta

Nah, Rekan Bijak, ternyata ada pantai tersembunyi di Jogjakarta ya? Yap, Pantai Ngetun merupakan pantai tersembunyi di Jogjakarta yang dapat Rekan Bijak datangi!

Pantai Tersembunyi

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: