Pastikan Siap Hal Ini Sebelum Resign!

Resign dari pekerjaan memang merupakan keputusan yang perlu kita pertimbangkan dengan matang. Karena dengan resign kerja kita tentu kehilangan penghasilan utama kita. Untuk itu akan lebih baik jika kita mempersiapkan rencana selanjutnya sebelum kamu resign kerja secara tiba-tiba. Kita dapat mencoba membuka bisnis sendiri atau menggunakan uang tabungan kita untuk mengembangkan kemampuan diri kita. Selain itu kita tidak perlu takut akan kritik atau saran dari orang lain. Gunakan saran dan kritik tersebut untuk membangun diri kita. Terapkan hal yang membangun dan abaikan hal yang dapat membuat kita terjatuh.

Pastikan Siap Hal Ini Sebelum Resign!

Pastikan Siap Hal Ini Sebelum Resign!

Persiapan resign memang kadang tidak terlalu terpikirkan oleh kita. Rekanbijak, harus mulai menyadari jika masa resign tidak bisa disepelekan. Ada beberapa persiapan yang harus kita siapkan, agar hidup kita selama masa resign, kita tidak merepotkan, baik bagi diri kita sendiri maupun orang lain. Makan persiapkanlah diri kita dengan baik sebelum kita memutuskan untuk mengundurkan diri ada baikknya persiapkan diri kita dengan hal-hal dibawah ini.

Siapkan Tabungan atau Dana Cadangan yang Cukup

Persiapan Resign

www.aturduit.com

Pada setelah resign mungkin saja kita ingin rehat dulu dari dunia pekerjaan untuk beberapa bulan. Pada saat masa “liburan” itu kita juga perlu menghidupi kebutuhan harian kita. Untuk bertahan secara finansial ketika menunggu pekerjaan baru maka kita harus menyiapkan cukup tabungan selama masa tunggu tersebut. Buatlah persiapan resign dengan baik, walaupun kelihatannya sepele, hal ini akan sangat berguna untuk membatu kita di kehidupan sehari-hari pada saat kita tidak bekerja.

Waktu rata-rata yang biasanya dibutuhkan untuk mendapatkan sebuah pekerjaan baru adalah enam bulan. Bila kita memang berniat untuk mengundurkan diri, sebaiknya kita memiliki tabungan minimal untuk masa enam bulan tersebut. Misalnya kebutuhan kita per-bulan sebesar 2 juta, maka kita harus menyiapkan tabungan minimal 12 juta untuk masa tunggu tersebut. Tentunya bila kita memiliki tabungan lebih banyak dari nilai tersebut maka kondisi kita akan semakin baik nantinya.

 

Tidak Memiliki Hutang

Persiapan Resign

www.islamkafah.com

Jika kita memiliki hutang, baik hutang kepada seseorang, hutang kartu kredit dan cicilan lainnya, cepat-cepatlah lunasi sebelum kita resign. Hal ini akan mempermudah kuangan kita pada masa resign. Pasalnya, akan cukup berat jika kita harus membayar tagihan dan hutang di saat kita tidak sedang berpenghasilan, padahal uangnya bisa kita pakai untuk kepentingan sehari-hari yang lebih penting.

Pikirkanlah baik-baik jika hendak resign namun kita masih memiliki hutang dan banyak cicilan, lebih baik tahan dulu keinginan kita untuk resign, kecuali jika kita sudah memiliki dana cadangan yang cukup untuk melunasi cicilan kita pada saat resign. Akan sangat melegakan jika kita tidak terlilit hutang pada masa resign kita.

 

Mencari Peluang Baru

Persiapan Resign

www.wsj.com

Pasti ada beberapa hal yang membuat kita memutuskan untuk resign. Entah kita bosan dengan pekerjaan kita atau ingin mengembangkan diri dan mengejar impian kita. Sebelum resign ada baiknya jika kita mencari terlebih dahulu tempat baru untuk kita bekerja selanjutnya. Jika ada profesi atau perusahaan yang sudah menjadi target kita untuk berkarir, sempatkanlah diri kita untuk melamar pekerjaan ketempat kerja baru tersebut. Jika kita diterima maka kita harus bersiap menuju kehidupan yang baru.

Ada pula dari kita yang mungkin memiliki hasrat lain yang bukan sebagai pekerja kantoran, misalnya ingin menjadi penulis, pengusaha atau menjadi creativepreneur dan profesi lainnya yang kita minati. Kita bisa mempersiapkan diri kita dahulu dengan mengemban ilmu yang lebih dalam untuk memudahkan kita dalam menjalankan pekerjaan yang kita mau kedepannya. Ikutilah komunitas yang sesuai dengan kesukaanmu, lalu galilah informasi sedalam-dalamnya, maka, jika nanti kita sudah hendak memulai bisnis atau profesi baru kita, kita memiliki bekal ilmu yang sudah siap.

Perluas Pergaulan dan Jaringan

Persiapan Resign

www.threedotdash.org

Persiapan resign yang satu ini cukup mudah kita lakukan, bahkan mungkin sebelum resign pun tanpa sadar kita sudah melakukannya. Pastinya kita memiliki teman-teman, kita bisa mencari informasi tentang pekerjaan baru atau yang berhubungan dengan minat kita. Hubungilah mereka kembali kita juga bisa sekaligus reuni kan,  siapa tahu mereka memiliki informasi pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuan kamu. Tanyalah jika ada kesempatan, tidak perlu gengsi, yang penting kita tetap sopan dan tidak memanfaatkan teman kita.

Akan sangat mudah jika kita bergabung dengan komunitas, kita bisa bertemu dengan orang-orang yang memiliki kapasitas dan ahli dalam bidang tertentu. Mereka bisa membantu kita untuk menjadi ahli profesi tertentu. Kita bisa berbincang dan meminta nasihat pada mereka, bahkan bekerja sama. Begitu juga dengan teman-teman komunitas lainnya, mungkin saja kita bisa saling membantu. Ingat kesempatan tidak hanya datang sendiri tapi juga diciptakan. Maka ciptakan peluang yang kamu miliki.

Rekanbijak tentu ingin mendapatkan pekerjaan yang baik, atau mungkin mengejar cita-cita yang sesuai dengan keinginan kita. Maka dari itu persiapkan diri kita sebaik mungkin, agar di masa resign-pun kita bisa tetap aman dan produktif.

 

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: