6 Hal yang Patut Dibaca dan Diperhatikan di Polis Asuransi Jiwa

Banyak yang tidak membaca polis asuransi jiwa dengan baik, sehingga banyak yang pada akhirnya merasa merugi. Membaca polis asuransi merupakan hal yang sebenarnya sangat penting dan wajib untuk dibaca. Untuk apa memakai sebuah asuransi jiwa, jika kita sama sekali tidak menelaah apa saja fitur dan syarat yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi jiwa tersebut?

6 Hal yang Patut Dibaca dan Diperhatikan di Polis Asuransi Jiwa

6 Hal yang Patut Dibaca dan Diperhatikan di Polis Asuransi Jiwa

Sekarang ini, banyak orang memakai asuransi jiwa dan memakai program-program yang ada di asuransi jiwa, namun yang menjadi masalah adalah, tidak banyak yang membaca polis asuransi jiwa, yang sebenarnya merupakan inti utama sebelum memakai sebuah asuransi jiwa. Sebelum kita masuk ke dalam apa saja yang patut dibaca dalam polis asuransi jiwa, kita harus mengetahui apakah polis asuransi jiwa itu.

Polis asuransi jiwa adalah sebuah bukti perjanjian tertulis yang dilakukan oleh pihak perusahaan asuransi dengan nasabah pengguna layanan asuransi, yang isinya menjelaskan segala hak dan kewajiban antara kedua belah pihak tersebut. Dengan adanya polis tersebut, ada perjanjian yang ada yang bisa dijadikan sebagai kesepakatan di antara kedua belah pihak. Banyak fungsi dari polis asuransi ini, seperti menjadi bukti otentik dan bukti pembayaran, dan juga bisa menjadi bukti atas jaminan penanggungan.

Oleh karena itu, perjanjian ini sangatlah penting untuk dibaca terlebih dahulu, mengingat polis asuransi jiwa pastinya akan terus dipakai kesepakatannya hingga masanya selesai atau sesuatu terjadi. Lalu, apa saja yang patut dibaca dalam polis asuransi jiwa?

Hak untuk Mempelajari Polis

polis asuransi

Sumber : medan.tribunnews.com

Pada kenyataannya, mempelajari tentang polis merupakan hak semua penggunanya. Namun, banyak orang yang tidak membaca polis tersebut sehingga tidak tahu benar-benar tentang isi dari polis tersebut. Hal ini padahal sebenarnya sangatlah penting, namun banyak tidak terlalu mementingkannya. Padahal, jika keberatan dengan polis tersebut, bisa saja perjanjiannya dibatalkan.

Ada ketentuan yang dinamakan ‘Hak untuk Mempelajari Polis’ yang membuat nasabah mendapat waktu 14 hari semenjak penerbitan polis. Dalam waktu tersebut, nasabah dapat membatalkan polis yang ada tanpa perlu uang preminya tidak dikembalikan, karena pasti dibalikkan uang preminya.

Data Pemegang dan Tertanggung

polis asuransi

Sumber : Kalibrr.com

Karena polis ini merupakan dokumen legal, merupakan hal yang penting untuk nasabah membaca dokumen tersebut. Perjanjian-perjanjiannya, jika sudah ditandatangani dan tidak ada komplain apapun setelah periode yang ditentukan untuk boleh membatalkannya, maka akan terus berlaku. Data-data yang ada dalam polis akan menjadi sangat penting dan sangat perlu untuk dicek kembali.

Data-data yang ada akan menjadi acuan untuk perusahaan asuransi. Jangan sampai nama, keluarga, alamat, atau data-data pribadi lainnya salah. Jika salah, maka akan merepotkan nantinya. Oleh karena itu, penting dalam mengisi data secara hati-hati, polis asuransi tersebut harus dicek kembali.

Manfaat Perlindungan Asuransi

polis asuransi

Sangat wajib untuk melihat ini, karena kita akan lebih mengetahui fitur-fitur apa saja yang didapatkan dari manfaat perlindungan asuransi, dan kita harus memastikan bahwa perlindungannya memang sudah sesuai dengan keinginan kita. Ada banyak hal yang patut diperhatikan dalam manfaat perlindungan asuransi. Manfaat-manfaat yang ditawarkan adalah sebagai berikut :

  • Besarnya uang pertanggungan(UP) untuk perlindungan jiwa. Besaran ini terkait dengan uang yang akan diterima dengan ahli waris.
  • Masa waktu pertanggungan.
  • Manfaat dari asuransi tambahan
  • Cara melakukan klaim sesuai dengan batasan waktu ketentuan pengklaimannya.

Ketentuan Premi

polis asuransi

Ketentuan premi merupakan hal lain yang patut diperhatikan dalam sebuah polis asuransi. Ketentuan-ketentuan tersebut adalah seperti :

  • Jumlah premi yang harus dibayarkan.
  • Periode pembayaran.
  • Cara pembayaran yang dipilih(Transfer, secara debit atau kredit) dan mata uangnya.
  • Ketentuan jika terlambat membayar premi.
  • Pemulihan polis yang sudah mati, dengan syarat dan ketentuan tertentu.

Dengan hal-hal seperti ini, kita perlu secara serius membacanya, apalagi hal ini berkaitan dengan urusan keuangan, yang notabene sangat penting. Ketika kita membayar sejumlah uang, pastikan sudah mengetahui periode pembayarannya dan berapa jumlah uang yang harus dibayar, ditambah dengan syarat-syarat jika telat membayar.

Ketentuan Pengecualian

polis asuransi

Sumber : nl.123rf.com

Ada pengecualian-pengecualian tertentu terkait dengan pengklaiman asuransi. Tentunya hal ini penting agar kita bisa mengetahui bagaimana bisa sebuah pengklaiman dibatalkan atau pun ditolak. Hal-hal yang dapat mengakibatkan penolakan pengklaiman atau pun pembatalan asuransi jiwa, adalah seperti :

  • Pertanggungan tidak berlaku bila tertanggung meninggal dalam kurun 2 tahun karena bunuh diri, tertanggung berbuat kejahatan sehingga meninggal, tertanggung dieksekusi mati, hingga pembunuhan dilakukan oleh yang berkepentingan.
  • Asuransi kecelakaan tidak berlaku bila, karena peperangan di wilayah negara sendiri, perang saudara hingga kerusuhan, tugas kemiliteran dan kepolisian, tugas sebagai awak pesawat, aktivitas yang berisiko.
  • Dalam polis ada periode eliminasi, yang berarti pengklaiman tidak bisa dilakukan hingga waktu tertentu, biasanya 1-2 bulan pertama, dan ada juga penyakit-penyakit yang masa eliminasinya hingga 1 tahun.

Potongan Biaya

Potongan biaya bisa dilakukan dan harus diperhatikan dengan baik, karena mungkin saja ada hal-hal yang tidak kita baca dan mungkin saja nantinya akan penting dan justru mungkin saja akan merugikan secara tiba-tiba, namun ada saja orang-orang yang terburu-buru langsung memakai asuransi jiwa tanpa membaca polis asuransinya. Biaya yang perlu dibaca adalah :

  • Biaya pemeliharaan.
  • Biaya pertanggungan dasar yang biaya asuransinya dihitung dari usia hingga jenis kelamin.
  • Biaya alokasi dana investasi.
  • Biaya administrasi bulanan.
  • Biaya pengelolaan tahunan.

Rekan Bijak, sebelum kita membayar untuk suatu asuransi jiwa, pastikan kita untuk membaca dan mendengarkan perkataan sang sales asuransi. Kita wajib untuk mendengarkan setiap kata, juga wajib untuk membaca polis asuransi yang ada!

polis asuransi

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: