Ketahui 10 Perusahaan Pengendali Restoran Terbesar di Dunia

Manusia memiliki berbagai macam kebutuhan, mulai dari kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, hingga kebutuan tersier. Kebutuan yang paling penting, dan harus di utamakan yaitu kebutuhan primer. Salah satu kebutuhan primer manusia yaitu makan. Untuk itu, bisnis atau usaha di bidang kuliner tidak akan pernah bisa mati, karena, manusia membutuhkan makanan untuk bertahan hidup.

Ketahui 10 Perusahaan Pengendali Restoran Terbesar di Dunia

Ketahui 10 Perusahaan Pengendali Restoran Terbesar di Dunia

Dengan adanya kebutuhan primer tersebut, maka, membuat bisnis atau usaha merupakan hal atau kegiatan yang menarik. Bisnis atau usaha di bidang kuliner biasanya berada di suatu tempat, seperti restoran. Ada berbagai macam restoran yang ada di dunia, setiap restoran memiliki ciri khas yang membuat restoran satu dengan yang lain berbeda.

Biasanya di Indonesia, satu nama restoran atau merek satu restoran di miliki oleh satu orang tanpa adanya perusahaan khusus. Namun, di negara lain atau di dunia, setiap restoran yang tersebar di seluruh dunia, memiliki perusahaan pengendali. Perusahaan pengendali ini yaitu satu perusahaan, memiliki berbagai restoran-restoran yang tersebar. Lalu, apa saja perusahaan pengendali restoran terbesar di dunia ya?

Yum Brands

Dunia

Sumber : fdfworld.com

Yum Brands merupakan perusahaan pengendali, serta pemilik dari jaringan restoran yang sering Rekan Bijak jumpai, seperti KFC, Pizza Hut, dan Taco Bell. David Gibs yang merupakan Chief Financial Officer (CFO) dari Yum Brands mengatakan, bahwa menguasai jaringan bisnis restoran cepat saji sama dengan membangun skala perusahaan.

Untuk membangun skala perusahaan, Yum Brands membeli saham di GrubHub sebesar USD200 juta atau setara dengan 2,8 Triliun Rupiah. Membeli saham berguna untuk membangun jasa pengiriman produk makanan cepat saji dari restoran-restoran yang di miliki Yum Brands.

Restaurant Brands International

Sumber : 680news.com

Selanjutnya, Restaurant Brands International yang merupakan perusahaan pengendali, sekaligus pemilik dari restoran Burger King, Tim Hortons, dan Popeyes. Setiap perusahaan memiliki strategi yang berbeda, hal ini berlaku bagi perusahaan Restaurant Brands International. Restaurant Brands International memiliki Chief Executive Officer (CEO) yang bernama Daniel Schwartz.

Daniel Schwartz memiliki strategi, serta pemahama, bahwa untuk membangun skala perusahaan Restaurant Brands International dengan melakukan akuisisi merek-merek besar yang sudah ternama. Beliau menambahkan, mungkin dengan mengakuisisi merupakan hal yang oportunis, tapi bagi perusahaan Restaurant Brands International, dengan mengakuisisi tiga merek luar biasa, maka, dapat memiliki potensi pertumbuhan global yang besar.

Darden Restaurant

Dunia

Sumber : clickorlando.com

Perusahaan pengendali selanjutnya yaitu Darden Restaurants, perusahaan pengendali ini merupakan perusahaan yang berbasis di Orlando, Florida, dan Amerika Serikat. Perusahaan pengendali ini memiliki delapan jaringan restoran cepat saji, diantaranya yaitu Olive Garden, LongHorn Steakhouse, dan Scratch Kitchen Cheddar.

Untuk mengembangkan perusahaan ini, Gene Lee yang merupakan CEO perusahaan ini mengatakan bahwa, restoran-restoran yang di bawah kendali Darden Restaurant harus memadukan dengan kemajuan teknologi, supaya bisa mempermudah, dan memberikan kenyamanan bagi konsumen. Dan, menurut beliau bisnis restoran cepat saji tidak akan berubah dalam 40 tahun terakhir, karena, selama manusia hidup pasti membutuhkan makanan untuk bertahan hidup.

Focus Brands

Dunia

Sumber : qsrmagazine.com

Perusahaan pengendali terbesar di dunia yang selanjutnya yaitu Focus Brands. Focus Brands merupakan pemilik, sekaligus pengendali dari Carvel, Schlotzsky’s, Jamba Juice, Cinnabon, Grill Southwest Moe, Seattle’s Best Coffee, McAlister’s Deli, dan Auntie Anne’s. Focus Brands merupakan perusahaan yang di miliki oleh perusahaan ekuitas Roark Capital. Roak Capital ini sendiri merupakan bisnis yang berkembang mulai dari makanan, minuman, memiliki saham di bidang pusat kesehatan dan kebugaran yaitu Anytime Fitness, hingga memiliki jaringan di sebuah salon kecantian yang bernama Drybar.

JAB Holding

Dunia

Sumber : sinarharapan.net

Selanjutnya, perusahaan pengendali yang memiliki perusahaan raksasa di bidang makanan dan minuman adalah JAB Holding. JAB Holding merupakan perusahaan pengendali, serta pemilik dari Krispy Kreme, Panera, Caribou Coffee, Au Bon Pain, Keurig Dr. Pepper, Pret A Manger, dan air minum dalam kemasan yang memiliki nama Core. Rekan Bijak mungkin hanya familiar kepada dua restoran Krispy Kreme, dan Caribou Coffee, karena, diantara keenam produk tersebut, hanya kedua restoran tersebut yang ada di Indonesia.

Bloomin’ Brands

Dunia

Sumber : bloominbrands.com

Selanjutnya, perusahaan selanjutnya yaitu Bloomin’ Brands. Perusahaan Bloomin’ Brands merupakan perusahaan yang menjadi pemilik, sekaligus pengendali dari jaringan restoran, seperti Outback Steakhouse, Carrabba’s Italian Grill, Bonefish Grill, dan Fleming’s Prime Steakhouse.

Perusahan ini, awalnya merupakan perusahaan yang bergerak di industri perhotelan, tetapi juga memiliki beberapa restoran di Amerika. Perusahaan ini pertama kali didirakan pada tahun 1988, dan Bloomin’ Brand memiliki seorang CEO yang bernama David Deno. Dan, perusahaan ini didirikan oleh empat orang yang bernama Chris T. Sullivan, Tim Gannon, Robert Danker Basham, dan Trudy Cooper.

Inspire Brands

Dunia

Sumber : stories.inspirebrands.com

Perusahaan pengendali selanjutnya yaitu Inspire Brands. Perusahaan ini memiliki empat restoran yaitu Arby, Rusty Taco, Sonic Drive-in, dan Buffalo Wild. Wing. Awal mulanya, perusahaan ini bernama Arby’s Restaurant Group, Inc. Perusahaan ini masih termasuk ke dalam Roark Capital Group.

Pada bulan September 2018, perusahaan ini mengumumkan telah mengakuisisi jaringan restoran burger Sonic sebesar USD 2,3 miliar, alasan perusahaan ini mengakuisisi jaringan burger Sonic, karena, burger Sonic merupakan merek terkenal yang pernah mengalami kesuksesan yang besar. Walaupun, burger Sonic sedang berada di posisi bawah, CEO Inspire Brand, Paul Brown percaya bahwa restoran tersebut pasti akan kembali menjadi perusahaan yang sesuai jalurnya.

Brinker International

Dunia

Sumber : tripadvisor.ca

Perusahan pengendali yang selanjutnya adalah Brinker International. Brinker International merupakan perusahaan yang memiliki jaringan restoran cepat saji yang bernama Grill & Bar, dan Maggiano’s Little Italy. Perusahaan ini didirikan oleh Norman E. Brinker pada tahun 1975, yang memiliki kantor pusat di Coppel, Texas, Amerika. Dan, restoran yang dimiliki perusahaan ini sudah tersebar di berbagai negara yang ada di dunia.

Golden Gate Capital

Dunia

Sumber : lifestyle.okezone.com

Perusahan yang selanjutnya adalah Golden Gate Capital. Perusahaan merupakan perusahaan pemilik dari restoran Bob Evans, California Pizza Kitchen, dan Red Lobster. Selain, memiliki bisnis dibidang kuliner, perusahaan Golden Gate Capital juga memiliki industri yang bergerak di bidang teknologi, layanan keuangan, ritel, dan masih banyak lagi. Jika, dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan pengendali restoran sebelumnya, perusahaan ini masih termasuk ke dalam perusahaan baru, karena, perusahaan ini didirakn pada tahun 2000.

Jollibee Foods Corporation

Dunia

Sumber : thenational.ae

Perusahaan pengendali yang terakhir adalah Jollibee Foods Corporation (JFC). JFC didirikan oleh Tony Tan Caktiong pada 28 Januari 1978 di Quezon City, Filipina. Sesuai dengan tempat berdirinya perusahaan ini, perusahan ini merupakan perusahaan restoran makanan cepat saji multinasional yang berasal dari Filipina. Produk makanan yang terkenal dari perusahan JFC ini yaitu Jolibee, dan restoran Rick Bayless.

Nah, Rekan Bijak, sudah tahun kan apa saja perusahaan pengendali dari restoran terbesar di dunia? Jika belum, Rekan Bijak dapat membaca kembali artikel di atas ya!

Dunia

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: