Pengertian Deposito dan Penjelasannya

Seluk-beluk tentang deposito beserta jenis dan kelebihannya akan diulas dalam artikel ini.

Pengertian Deposito dan Penjelasannya

Pengertian Deposito dan Penjelasannya

Deposito merupakan sebuah produk perbankan sejenis simpanan yang memiliki jangka waktu tertentu dan menjanjikan suku bunga yang tetap sesuai dengan kesepakatan bersama. Dalam Undang-Undang No.10/1998 Tentang Perubahan Undang-Undang No.7 Tahun 1992 Tentang Perbankan dijelaskan bahwa deposito adalah simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu berdasarkan perjanjian nasabah penyimpan dengan bank.

Deposito, selain berfungsi sebagai tabungan berjangka, juga sebagai salah satu produk investasi yang paling menguntungkan. Produk investasi ini memiliki rata-rata keuntungan yang relatif stabil dibanding produk lainnya, seperti saham, emas, dan obligasi pemerintah.

Ada beberapa jangka waktu, di antaranya 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan, namun ada juga bank yang menawarkan jangka waktu hingga 24 dan 36 bulan. Jangka waktu itu sendiri lebih sering disebut “Tenor”. Jika kita mencairkan sebelum jangka waktu yang telah disepakati maka akan dikenakan denda yang nilainya cukup besar.

Deposito

Deposito tidak hanya tersedia dalam mata uang rupiah, tapi ada juga yang menggunakan mata uang asing atau valuta asing (valas) dengan mata uang US Dollar, Poundsterling, Euro, Yen, atau mata uang lain, yaitu deposito valas.

JENIS DEPOSITO

1. Berjangka

Jangka waktu yang ditetapkan bervariasi, yaitu 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan. Deposito berjangka bisa diterbitkan perorangan atau atas nama lembaga. Penarikan bunga bisa dilakukan setiap bulan atau pada waktu setelah jatuh tempo. Penarikan hasil dapat dilakukan secara tunai atau dipindah buku ke tabungan jika memiliki rekening pada bank dan akan dikenakan pajak 20% dari bunga.

2. Sertifikat

Sertifikat deposito diterbitkan atas unjuk atau hanya berupa sertifikat sehingga sertifikat ini bisa untuk diperjualbelikan secara umum dan pencairan bunganya dapat dilakukan di muka.

3. (DOC)

Deposito On Call dikhususkan untuk deposito yang jumlahnya cukup besar sekitar Rp500.000.000 atau yang ekuivalen (tergantung ketentuan tiap-tiap bank). Deposito On Call diterbitkan dengan jangka waktu yang cukup waktu singkat, yakni minimal 7 hari dan maksimal kurang dari 30 hari.

Besarnya suku bunga yang diberikan adalah kesepakatan atau negosiasi dari pihak bank beserta deposan. Untuk mencairkan deposit on call maka pihak deposan harus menghubungi bank 3 hari sebelum hari pencairan deposit on call.

KELEBIHAN

1. Bunga Lebih Besar

Jika kita memiliki uang yang sementara menganggur, sebaiknya pilihlah untuk disimpan pada deposito dengan jangka waktu sesuai kebutuhan daripada hanya mengendap di rekening tabungan.

2. Bebas Biaya Administrasi Tiap Bulan

Tidak seperti tabungan yang dikenakan biaya admin setiap bulan, deposito sama sekali tidak dikenakan biaya tersebut. Namun, saat pencairan akan dipotong pajak 20%.

3. Bisa Jadi Jaminan Pinjaman atau Kredit

Jika ingin mengajukan kredit di bank maka deposito bisa jadi jaminannya. Simpanan berjangka jenis ini juga bisa digunakan sebagai jaminan kredit.

4. Syarat Mudah

Persyaratan yang dibutuhkan untuk membuka awal simpanan ini terbilang mudah, antara lain hanya dengan membawa identitas diri, seperti KTP/SIM/Paspor, NPWP, dan sejumlah uang yang didepositokan.

pinjaman uang online cepat cair

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: