5 Macam Pengganti Sedotan Plastik yang Ramah akan Lingkungan

Sebagai makhluk hidup yang memiliki akal untuk berpikir, manusia merupakan makhluk hidup yang memiliki peran yang sangat penting bagi seluruh makhluk hidup yang ada di dunia. Untuk itu, manusia memiliki peran yang sangat penting bagi lingkungan yang ada di sekitar. Oleh karena itu, beberapa masalah lingkungan, disebabkan oleh ulah manusia itu sendiri.

5 Macam Pengganti Sedotan Plastik yang Ramah akan Lingkungan

5 Macam Pengganti Sedotan Plastik yang Ramah akan Lingkungan

Salah satu hal yang membuat lingkungan tercemar akibat ulah manusia yaitu banyaknya sampah yang berbahan plastik, seperti sedotan plastik. Walaupun, sampah sedotan plastik bukanlah satu-satunya akibat dari pencemaran lingkungan, tetapi sampah dari sedotan plastik yang sudah kita buang, jika di akumulasikan selama sebulan saja pasti sudah sangat banyak, belum lagi hasil akumulasi selama setahun, di tambah dengan negara-negara yang ada di dunia. Bahkan, ada penelitian yang sudah membuktikan, menurut data penelitian dari Drivers Clean Action, memperkirakan bahwa pemakaian sedotan berbahan plastik di Indonesia mencapai 93.2 juta batang, jika bisa dibentangkan dengan jarak, maka, sama seperti lima kali perjalanan pulang-pergi Jakarta-Papua.

Kalau pemakaian sedotan yang berbahan plastik tidak dikendalikan, maka, bisa menimbulkan bahaya bagi makhluk hidup lainnya, seperti biota laut. Seperti yang sudah Rekan Bijak tahu dari berita-berita yang ada, salah satu akibat dari sampah plastik, dapat membunuh biota laut, dan hal tersebut bukan hanya terjadi sekali saja, melainkan, beberapa kali. Hal ini didukung oleh survei yang dilakukan oleh University of Exeter, Inggris menemukan, bahwa kurang lebih 1.000 penyu, dan 120 spesies mamalia laut yang mati di setiap tahunnya, akibat terjerat atau menelan sampah dari sedotan yang berbahan plastik.

Tidak bisa dipungkiri, bahwa, sedotan dapat mempermudah manusia untuk mengkonsumsi sesuatu, tetapi, Rekan Bijak masih bisa menggunakan sedotan lain, bukan sedotan yang berbahan dari plastik. Selain bisa membantu lingkungan menjadi lebih baik, mengganti sedotan berbahan plastik, dengan sedotan berbahan lainnya, dapat membuat Rekan Bijak terlihat keren. Lalu, apa saja sedotan pengganti sedotan plastik ya?

Sedotan Kertas

Sedotan Plastik

Sumber : WinNetNews.com

Pertama, sedotan pengganti dari sedotan yang berbahan plastik yaitu sedotan kertas. Sedotan kertas pertama kali dibuat oleh Marvin Stone dari Washington DC, Amerika Serikat. Awal mula Stone membuat sedotan kertas yaitu dengan menggulung kertas di sekitar pensil, kemudian diberikan lem untuk merekatkan kertas tersebut, setelah itu barulah pensil tersebut dikeluarkan.

Walaupun sedotan kertas hanya bisa sekali dipakai, tetapi dapat menjadi alternatif untuk Rekan Bijak sebagai penganti sedotan berbahan plastik, karena, sedotan ini jauh lebih mudah terurai, dan tentunya aman untuk lingkungan. Namun, sedotan berbahan kertas ini memiliki keleman yaitu saat tercelup terlalu lama di air, maka akan larut, dan mudah robek.

Sedotan Logam

Sedotan Plastik

Sumber : mediapijar.com

Selanjutnya, sedotan yang bisa menjadi pengganti dari sedotan berbahan plastik adalah sedotan logam. Sedotan logam ini terbuat dari bahan alumunium, stainless steel, dan titanium. Jenis sedotan ini merupakan sedotan yang paling ramah lingkungan, karena, sangat awet, dan dapat digunakn berkali-kali. Selain itu, sedotan ini lebih aman digunakan untuk berbagai macam minuman, baik minuman dingin atau panas.

Sedotan ini sangat awet, karena, tidak mudah patah, ataupun rusak. Tetapi, Rekan Bijak tetap harus memperhatikan kebersihan sedotan jenis ini. Rekan Bijak jangan lupa untuk mencuci, dan mengeringkannya setelah dipakai, hal tersebut perlu diperhatikan, supaya dapat mencegah timbulnya noda, dan bakteri yang menempel di sedotan. Jika, Rekan Bijak ingin membeli sedotan jenis ini, Rekan Bijak dapat menemukan, serta membelinya dengan mudah di berbagai macam platform online shop.

Sedotan Kaca

Sedotan Plastik

Sumber : Tandaseru.id

Selanjutnya, alternatif sedotan yang bisa Rekan Bijak gunakan yaitu sedotan kaca. Sedotan kaca ini memiliki berbagai macam kelebihan daripada sedotan yang berbahan dari plastik, kelebihannya yaitu tidak akan mengubah cita rasa asli dari minuman, tahan panas, dapat memudahkan Rekan Bijak saat membersihkannya, dan tentu dapat melihat apakah minuman yang telah kita minum, bersih atau tidak.

Namun, dari sekian banyak kelebihan yang ada, ada pula kekurangan dari sedotan berbahan kaca ini. Kekurangannya yaitu tidak tahan banting atau mudah pecah. Untuk itu, sedotan kaca tidak cocok untuk dibawa berpergian, melainkan lebih baik digunakaan saat Rekan Bijak berada di rumah.

Sedotan Bambu

Sedotan Plastik

Sumber : hipwee.com

Alternatif sedotan yang selanjutnya yaitu sedotan bambu. Sedotan bambu lebih ramah lingkungan, karena, sedotan ini dibuat dari bahan alami, dan bahan sedotan ini mudah terurai. Walaupun, sedotan bambu lebih ringan daripada sedotan berbahan logam, tetapi sedotan bambu kuat, dan sedotan ini merupakan sedotan yang dapat Rekan Bijak gunakan berkali-kali.

Hal yang hanya bisa Rekan Bijak rasakan, jika, menggunakan sedotan bambu ini yaitu Rekan Bijak dapat menyium aroma khas yang keluar dari sedotan bambu ini. Rekan Bijak tetap harus lebih usaha untuk membersihkan sedotan bambu ini, karena, sisa-sisa minuman mudah menyangkut di sela-sela batang sedotan bambu yang Rekan Bijak punya.

Sedotan Silikon

Sedotan Plastik

Sumber : Trubus.id

Terakhir, sedotan yang bisa menjadi alternatif penganti sedotan plastik yaitu sedotan silikon. Sedotan silikon ini bersifat seperti karet, teksturnya mirip dengan dota bayi. Seperti namanya, sedotan silikon ini lebih lembut, serta tidak beresiko melukai rongga mulut Rekan Bijak. Untuk, Rekan Bijak yang senang menggigit sedotan, maka, sedotan silikon merupakan sedotan yang cocok Rekan Bijak punya. Selain itu, sedotan silikon ini dapat digunakan untuk anak-anak, dan tentunya dapat digunakan berulang kali.

Baca Juga : Yuk, Ikuti 6 Kegiatan Ini untuk Antisipasi Bencana Alam

Nah, Rekan Bijak, sudah tahu kan apa saja sedotan yang bisa menjadi pengganti sedotan plastik? Jika sudah, semoga artikel di atas dapat bermanfaat ya!

Sedotan Plastik

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: