Pentingnya Melek Finansial Sejak Dini untuk Masa Depan Keuangan Sejahtera

Banyak orang yang tidak memiliki kemampuan dalam mengelola keuangan dengan baik dan semestinya, karena mereka tidak memiliki pengetahuan yang cukup mengenai keuangan itu sendiri. Hal seperti ini tentu akan sangat berisiko bagi keuangan, terutama bagi mereka yang telah memiliki keluarga atau tanggungan.

Pentingnya Melek Finansial Sejak Dini untuk Masa Depan Keuangan Sejahtera

Pentingnya Melek Finansial Sejak Dini untuk Masa Depan Keuangan Lebih Sejahtera

Banyak faktor yang mempengaruhi kesejahteraan hidup masyarakat, salah satunya literasi keuangan atau bagaimana masyarakat melek finansial. Dengan melek finansial, Rekan akan mampu memanfaatkan jasa keuangan untuk mengelola keuangan yang pada akhirnya berdampak pada kesejahteraan keuangan dan hidup. Namun sayangnya, di Indonesia tingkat literasi keuangan masih sangat rendah.

Direktur Literasi Keuangan dan Pendidikan Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan hasil survei yang dilakukan tahun 2013, tingkat literasi keuangan di Indonesia hanya 21,8% dari jumlah penduduk 250 juta yang berarti hanya 55 juta yang sudah melek finansial. Tidak hanya tingkat literasi yang rendah, tingkat inklusi keuangan masyarakat Indonesia juga sangat rendah hanya 6%. Angka tersebut bahkan lebih rendah dari negara tetangga, seperti Singapura di angka 59% dan Malaysia di angka 36%.

Baca Juga: Memahami Hakikat Literasi Keuangan Beserta Manfaatnya

Karena itu, literasi keuangan merupakan hal penting yang harus dibudayakan pada masyarakat Indonesia. Karena melek finansial tidak hanya untuk mereka yang bergelut di dalam bidang ekonomi saja, karena Rekan pun pasti akan bergelut dengan keuangan, seperti keuangan pribadi atau keuangan keluarga. Jadi sudah sepatutnya Rekan melek finansial agar mampu untuk mengelola keuangan sendiri dengan bijak.

Tidak ada kata terlambat untuk mempelajari suatu hal yang baru, termasuk mempelajari literasi keuangan. Rekan bisa memulai dengan berbagai kebiasaan yang mudah, tidak perlu berubah secara drastis. Melek finansial bisa dibiasakan dengan berbagai cara mudah dan menyenangkan terutama jika memulainya sejak dini.

Literasi keuangan bisa ditanamkan sejak dini, terutama bagi anak-anak yang memang masih mudah belajat. Coba beberapa cara berikut untuk membiasakan anak melek finansial:

Beri Contoh yang Mudah

Melek FinansialSumber : AyahKeren.id

Memberikan anak pendidikan tentang keuangan sejak dini tentu perlu dilakukan dengan cara-cara yang tepat, sehingga mereka bisa menerima dan mengerti tentang apa yang sedang Rekan ajarkan pada mereka. Jika anak-anak terbiasa memiliki kemampuan dalam mengelola keuangan dengan baik sejak dini, maka akan sangat besar kemungkinan mereka bisa mengelola keuangan dengan baik di saat dewasa nanti.

Tunjukan pada anak bagaimana mengelola keuangan yang baik, sehingga mereka juga akan terbiasa mengelola keuangan (uang jajan) mereka dengan baik dan terkontrol sehingga menjadikan anak pribadi yang tidak boros. Biasakan memiliki pola hidup hemat, agar anak-anak bisa melihat dan mencontoh cara Rekan mengelola keuangan dengan bijak.

Baca Juga: 4 Kebiasaan Orang Tua yang Membuat Anak Menjadi Pribadi Boros

Biarkan Anak Mengatur Keuangannya Sendiri

Melek FinansialSumber : so.wordpress.com

Anak-anak senang belajar serta melakukan berbagai hal baru dalam hidup mereka, maka Rekan bisa memanfaatkan hal tersebut untuk membuat mereka melek finansial sejak dini. Ajaklah mereka ke bank dan membuka rekening sendiri di sana, sehingga mereka akan merasakan bagaimana rasanya memiliki simpanan sendiri di bank. Mereka anak menyukai hal tersebut, karna mereka menganggap itu merupakan hal yang menarik dan membuat mereka memiliki sesuatu yang pribadi dan berharga.

Biasakan juga mengajarkan anak untuk mencatat dan mengetahui apa saja kebutuhan mereka, lalu berikan uang tunai ketika berbelanja di supermarket dan biarkan anak membeli sendiri daftar belanja yang telah mereka susun dari rumah. Ini akan mengajarkan mereka mandiri dan terbiasa mengelola keuangan, sehingga mereka bisa memiliki pengalaman yang akan berguna ketika dewasa nanti.

Baca Juga: Yuk, Ajarkan Investasi pada Anak Sejak Dini dengan 6 Cara Ini!

Pahami dan Biasakan

Melek FinansialSumber: dunianak.com

Melek finansial menjadi hal yang wajib bagi semua orang dewasa, di mana setiap orang memang sudah seharusnya memiliki kemampuan dalam mengelola dan mengambil keputusan di dalam keuangan mereka. Jika seseorang memiliki pengetahuan tentang literasi keuangan maka besar kemungkinan orang tersebut akan memiliki kemampuan dalam melakukan investasi dan juga mengelola aset yang dimilikinya secara maksimal.

Baca Juga: 4 Peran Komunitas dalam Meningkatkan Literasi Finansial

Jadi, itu adalah penjelasan mengenai pentingnya melek finansial sejak dini agar saat dewasa atau masa tua keuangan tetap stabil dan tidak bermasalah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Rekan dan orang terdekat Rekan Bijak!

Melek Finansial

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: