4 Peran Besar Ekosistem pada Semua Wirausaha

Ekosistem wirausaha sangatlah penting saat ini dalam mengembangkan suatu bisnis. Ekosistem ini mempunyai peranan penting untuk bisnis-bisnis yang ada. Jika suatu ekosistem wirausaha itu baik, maka wirausaha yang ada mungkin akan baik juga, begitu juga sebaliknya. Biasanya, suatu ekosistem itu juga dipengaruhi oleh komunitas yang ada, terutama faktor jaringan atau koneksi.

4 Peran Besar Ekosistem pada Semua Wirausaha

4 Peran Besar Ekosistem pada Semua Wirausaha

Ekosistem merupakan suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik yang tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya, jadi secara langsung berhubungan dengan orang-orang, termasuk para pengusaha dengan wirausaha yang mereka punya. Wirausaha, atau kata lainnya, kewirausahaan merupakan proses mengidentifikasi, mengembangkan dan membawa visi ke dalam kehidupan. Proses tersebut diawali dengan suatu penciptaan usaha baru dengan resiko.

Ekosistem sendiri sangatlah mempengaruhi ke segala bidang yang ada di dunia ini, termasuk dunia wirausaha, yang mempunyai resiko cukup besar, namun dapat diminimalisasi dengan ekosistem yang baik dan mendukung dalam bidang apapun. Maksud mendukung disini bukanlah berarti tidak ada tantangan yang berarti, namun adanya dukungan-dukungan yang dapat memang merealisasikan suatu ide wirausaha.

Lalu, apa sajakah peran besar ekosistem pada dunia wirausaha? Simak dibawah ini!

Investasi

wirausaha

Sumber : Niveza.in

Investasi merupakan salah satu peranan penting ekosistem pada dunia kewirausahaan. Investasi merupakan salah satu hubungan timbal balik dengan bisnis-bisnis yang ada. Karena investasi inilah sebuah wirausaha besar bisa berjalan. Mengapa? Karena sebuah bisnis jika ingin besar, harus menggunakan uang yang tidak sedikit juga. Uang tersebut untuk mengembangkan bisnis agar bisnisnya bisa besar.

Tentunya, investasi itu juga untuk banyak pemakaian lainnya untuk kebutuhan-kebutuhan eksternal bisnis, seperti cara agar bisa membuat para karyawan bisa berbarengan terus, bisa terus berelasi, ditambah lagi harus ada acara-acara agar bisa saling dekat dan saling pengertian. Dan ingat, jangan sampai investasi tersebut disalahgunakan! Karena jika disalahgunakan, bakal makin sedikit investor yang percaya dengan wirausaha yang kamu rintis!

Jaringan

wirausaha

Sumber : info.hktdc.com

Jaringan atau networking juga merupakan hal paling penting yang diberikan oleh ekosistem agar suatu wirausaha dapat berkembang besar. Jaringan juga pastinya akan menghubungkan wirausahawan dengan para karyawan dan orang-orang lainnya seperti wirausahawan yang lain. Inilah juga yang terjadi di Silicon Valley.

Jaringan akan membuat bisnis kamu besar karena kamu akan menjalin kerjasama dengan wirausahawan-wirausahawan lainnya dan kamu akan mencoba untuk saling berbicara untuk bisnis kamu berkembang. Dengan jaringan atau koneksi, bahkan kamu bisa saja ketemu investor-investor yang sedang mencari usaha-usaha untuk diinvestasikan dan dikembangkan, atau distributor yang bisa saja berguna untuk bisnismu.

Kebijakan Pemerintah

wirausaha

Sumber : merdeka.com

Kebijakan pemerintah juga salah satu peranan penting yang diberikan oleh ekosistem wirausaha. Mengapa penting? Jika Rekan Bijak perhatikan, nilai saham pasti akan berkurang ketika sedang mau terjadi pemilihan presiden atau pun pemilihan umum. Hal itu terjadi karena pemilihan-pemilihan tersebut akan mempengaruhi keadaan negara dalam beberapa tahun ke depan, termasuk pada perubahan-perubahan undang-undang dan kebijakan-kebijakan.

Hal ini termasuk kebijakan dalam ekonomi maupun kebijakan dalam dunia kewirausahaan. Hal inilah yang membuat saham suka turun ketika sedang menjelang suatu pemilihan, karena ketidakjelasan kebijakan akan mempengaruhi suatu bisnis tertentu, dan bisa saja kebijakan yang ada akan memberi dampak positif atau pun negatif terhadap suatu bisnis. Ini salah satu peranan ekosistem, loh!

Bantuan Logistik

Wirausaha

Sumber : hidayatullah.com

Bantuan logistik juga salah satu yang punya peranan penting dan merupakan bagian dari ekosistem wirausaha. Maksud bantuan logistik disini adalah logistik sebagai suatu wadah rencana bisnis untuk manajemen jasa, materi, informasi dan modal. Bantuan logistik inilah juga yang dibutuhkan oleh suatu bisnis, karena bantuan logistik akan ikut mengembangkan suatu usaha.

Bantuan logistik inilah yang dapat dikatakan akan menjalankan rencana dan strategi dari suatu bisnis dan usaha tertentu. Oleh karena itu, bantuan logistik juga mempunyai peranan penting dalam ekosistem wirausaha, dan juga salah satu faktor yang mempunyai peranan sangat besar dalam bisnis.

Nah, lalu bagaimana cara agar mendapatkan ekosistem ini? Salah satu caranya adalah bergabung dalam suatu komunitas. Dalam bergabung dengan suatu komunitas, kamu akan mendapatkan ekosistem yang sesuai dengan kamu. Kamu harus bergabung dengan komunitas yang baik dan dapat kamu percayai dapat mengembangkan kamu, ditambah lagi mempunyai ekosistem yang baik.

Nah, jika kamu bingung dengan komunitas apa yang kamu ingin masuk, kamu bisa coba bergabung ke dalam komunitas Danabijak. Danabijak hadir disini untuk membantu nasabah mengembangkan usahanya, apalagi mengembangkan jaringan atau koneksi yang ada, agar bisa saling membantu sesama wirausahawan. Tunggu apalagi, Rekan Bijak?

Wirausaha

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: