5 Peran Perusahaan Fintech terhadap Inklusi Keuangan

Banyak perusahaan yang didirikan di Indonesia bukan hanya untuk mencari keuntungan, namun juga untuk memberikan dampak yang positif pada masyarakat Indonesia, salah satunya adalah industri financial technology atau fintech, yang lebih dituntut untuk punya pengaruh pada inklusi keuangan masyarakat indonesia. Lalu, apa sajakah peran fintech pada inklusi keuangan masyarakat indonesia?

5 Peran Perusahaan Fintech terhadap Inklusi Keuangan

5 Peran Perusahaan Fintech terhadap Inklusi Keuangan

Siapa yang tidak tahu fintech? Fintech adalah sebuah konsep yang merupakan singkatan dari financial technology, atau bahasa Indonesianya adalah teknologi finansial. Financial technology ini didefinisikan sebagai inovasi dalam bidang jasa keuangan oleh National Digital Research Center. Inovasi dalam bidang keuangan ini dapat diasosiasikan dengan penggunaan teknologi dalam jasa keuangan, sehingga tidak hanya segala sesuatu yang berhubungan dengan uang itu e-commerce, namun sekarang ini ada teknologi finansial.

Fintech ini diharapkan oleh Pemerintah Indonesia dan Bank Indonesia untuk mempunyai peran-peran yang baik dalam keuangan. Hal ini dipicu karena Indonesia sendiri merupakan negara yang pasarnya sangat berkembang sehingga apapun yang masuk ke Indonesia, sudah seharusnya berguna untuk Indonesia, termasuk fintech. Hal itu juga diharapkan oleh Bank Indonesia agar fintech juga bisa berperan dalam banyak hal, termasuk inklusi keuangan.

Inklusi dapat diartikan sebagai sebuah pendekatan untuk membangun dan mengembangkan sebuah lingkungan yang semakin terbuka; mengajak masuk dan mengikutsertakan orang-orang dari latar belakang yang berbeda. Dalam KBBI, keuangan merupakan keadaan uang. Lalu, kita dapat menyimpulkan bahwa inklusi keuangan berarti mengajak masuk dan mengikutsertakan orang-orang dan mengembangkan pemikiran untuk memperhatikan keadaan uang.

Lalu apa sajakah peran fintech dalam inklusi keuangan? Berikut adalah kelima perannya!

Mempermudah Transaksi

fintech

Sumber : PYMNTS.com

Dengan adanya fintech, kemudahan dalam transaksi pun juga ada. Apapun sekarang ini lebih efisien dan lebih efektif. Kemudahan yang ditawari dalam fintech merupakan kemudahan yang diberikan dari teknologi, sehingga kemudahannya pun terasa. Efektivitas ini dianggap bisa menjadi sesuatu yang mendorong inklusi keuangan.

Kemudahan dalam transaksi, seperti mengirimkan uang atau pun menyumbang uang, menjadi sesuatu yang lebih mudah tanpa perlu datang ke ATM terdekat, namun bisa hanya memakai smartphone, seperti yang dilakukan oleh produk-produk seperti m-banking.

Fasilitas Keuangan Publik

fintech

Bank Indonesia juga mengharapkan agar perusahaan financial technologmenjadi salah satu wadah keuangan publik dalam berbagai macam bentuk sesuai dengan perusahaannya yang ada. Dengan memfasilitasi publik dengan menjadi salah satu wadah keuangan publik dapat meningkatkan inklusi keuangan yang ada. Bagaimana caranya?

Perusahaan-perusahaan fintech biasanya mempunyai industri-industri dengan fokus-fokus tersendiri, tentunya mempunyai fasilitas-fasilitas tertentu yang akan menunjang inklusi keuangan, seperti menabung uang yang tabungannya bisa dilihat secara langsung, kredit uang yang dilakukan secara online, maupun transaksi-transaksi yang lebih mudah dengan hanya memakai smartphone. Hal itu akan meningkatkan inklusi keuangan.

Adanya Pemberian Pengetahuan dan Informasi Keuangan

fintech

Sumber : Nextshark.com

Fasilitas yang diberikan oleh industri-industri fintech juga salah satunya adalah pemberian pengetahuan dan informasi finansial, agar orang-orang bisa mengerti tentang pentingnya keuangan dan mempunyai pengetahuan tentang uang itu sendiri. Hal ini penting dalam membangun suatu ciri-ciri manusia dengan mempunyai keuangan yang bersifat terjaga.

Fasilitas tersebut juga akan secara tidak langsung membantu memfasilitasi perkembangan pemikiran manusia, dan dari pemikiran manusia tersebut lah bisa mengembangkan kualitas hidup manusia. Dalam mengembangkan kualitas hidup manusia, semua bisa diawali dengan pemakaian uang yang baik. Pemakaian uang yang baik dapat dilakukan setelah pengetahuan tentang keuangan disebarkan agar orang-orang lebih mengerti.

Mengurangi Irresponsible Finance

fintech

Irresponsible finance atau ketidakbertanggungjawaban dalam hal keuangan adalah salah satu masalah yang menjangkiti orang-orang dalam keuangan. Hal ini termasuk dalam pemakaian uang yang melebihi batas wajar atau pun tidak menabung sama sekali dan memakai uangnya untuk sesuatu yang tidak terlalu dibutuhkan. Hal ini tentunya akan justru membuat orang-orang kesulitan menabung.

Ketidakbertanggungjawaban dalam hal keuangan ini dapat “diobati” dengan adanya fintech. Fintech dapat secara tidak langsung menyadarkan orang-orang tentang pentingnya uang dan bagaimana cara menabung. Apalagi, sekarang ini banyak industri-industri financial technology ini mempunyai blog-blog dan tulisan artikel tertentu yang mempunyai anjuran dan nasehat dalam penggunaan uang.

Berkontribusi pada Ekonomi Lokal

fintech

Sumber : news.okezone.com

Kontribusi pada ekonomi lokal adalah salah satu peran yang dipunyai oleh industri-industri fintech. Bagaimana bisa berkontribusi? Hal ini didasari dengan sifat industri-industri teknologi finansial yang memang sangatlah menekankan pada penggunaan teknologi untuk efektivitas dan efisiensi. Hal ini akan berimbas pada keadaan ekonomi lokal, dan imbasnya pun bisa bersifat positif.

Hal ini dapat kita lihat dari orang-orang yang berusaha menabung, namun terus-terusan ingin mengecek saldo tabungannya, agar dapat terus terpantau, dan tentunya hal ini dapat meningkatkan sikap waspada untuk tidak terlalu sering mengeluarkan uang. Atau pun juga meminjam uang lebih mudah, sehingga segala transaksi pun lebih sederhana dan mudah.

Nah, bagaimana Rekan Bijak? Apakah kamu salah satu orang yang ingin merasakan pengaruh yang besar dari fintech dalam hal inklusi keuangan? Tentunya industri ini sedang sangat booming, jadi mengapa tidak mencoba salah satu fintech yang ada seperti Danabijak? Danabijak sendiri merupakan industri yang bergerak dalam kredit jangka pendek dan dikenal dengan bunganya yang rendah, ditambah lagi dengan prosedur peminjaman uangnya yang tidak sulit!

fintech

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: