3 Perbedaan antara Berbisnis dengan Berdagang

Menghasilkan sejumlah uang selain bekerja dengan orang, ada lagi cara yang bisa dilakukan, yaitu dengan berbinis atau berdagang. Bagi beberapa orang berbisnis dengan berdagang merupakan dua hal yang sama, namun, sebenarnya kedua hal tersebut memiliki perbedaan, dimana antara berbisnis dengan berdagang memiliki perbedaan.

3 Perbedaan antara Berbisnis dengan Berdagang

3 Perbedaan antara Berbisnis dengan Berdagang

Berbisnis dengan berdagang merupakan kedua hal yang sama, karena, keduanya sebuah usaha untuk mendapatkan sejumlah keuntungan, namun, antara berbisnis dengan berdagang memiliki perbedaan.

Perbedaan yang paling utama berawal dari pola pikir manusia, dimana semua orang bisa melakukan kegiatan berdagang, namun, tidak semua orang bisa melakukan kegiatan berbisnis. Misalkan, pedagang asongan yang menjual berbagai macam kacang, kuaci, permen, tidak bisa disebut dengan pebisnis asongan, karena, seorang pedangan asongan hanya memikirkan keuntungan semata. Lalu apa saja perbedaan antara keduanya ya?

Baca Juga : 4 Keuntungan Memiliki Asuransi Bisnis untuk Bisnis atau Usaha

Pengertian

Berbisnis

Sumber : medan.tribunnews.com

Berbisnis adalah bagaimana cara menghasilkan sejumlah keuntungan, manfaat, mendapatkan pengakuan dari konsumen, usaha yang memiliki target jangka panjang, seorang pebisnis biasanya tidak hanya menjual suatu barang, tetapi juga menjual suatu jasa, dan seorang pebisnis memikirkan dengan sangat rinci mengenai sesuatu yang ingin dijual atau dipasarkan.

Sedangkan, berdagang adalah menjual barang atau jasa untuk mendapatkan keuntungan semata, target yang ditetapkan merupakan target jangka pendek, sesuatu yang dijual oleh seorang pedagang biasanya adalah sebuah barang, dan seorang pedagang biasanya membeli barang dengan harga rendah, lalu menjual kembali barang tersebut dengan harga yang tinggi.

Baca Juga : 7 Kunci Mengelola Sebuah Usaha Menjadi Lebih Sukses

Cara Kerja

Berbisnis

Sumber : finansialku.com

Selanjutnya perbedaan keduanya yaitu cara kerja, dimana seorang pebisnis memiliki kebebasan financial, seorang pebisnis tidak harus selalu melakukan pekerjaan selama satu hari penuh, karena seorang pebisnis mempunyai tim yang dibuat untuk menjalankan bisnis yang dibuat sesuai dengan peraturan serta standar kerja yang jelas, jadi seorang pebisnis tidak harus melakukan semua pekerjaan, cukup memantau melalui sistem dari setiap pekerjaan yang dilakukan oleh tim, sehingga, seorang pebisnis dapat melakukan pekerjaan lain yang dapat membuat bisnis yang dibuat menjadi lebih berkembang.

Sedangkan untuk seorang pedagang tidak memiliki kebebasan finansial, karena, seorang pedagang harus melakukan pekerjaan secara terus menerus, jika tidak melakukan pekerjaan, maka, seorang pedagang tidak akan mendapatkan keuntungan, kemudian seorang pedangan biasanya melakukan pekerjaan hanya sendiri, tidak memiliki tim yang membantu. Seorang pedagang melakukan berbagai macam pekerjaan sendiri, mulai dari memikirkan apa yang ingin dijual, bagaimana cara memasarkan atau menjual, mengelola barang atau jasa, hingga akhirnya menjual atau memasarkan sesuatu yang dijual.

Baca Juga : 6 Alasan Penting Memiliki Target untuk Mengembangkan Suatu Bisnis

Modal

Berbisnis

Sumber : peluangproperti.com

Perbedaan selanjutnya yaitu modal, modal yang diperlukan untuk seorang pebisnis dengan seorang pedagang berbeda. Menjadi seorang pedagang tidak harus mempunyai modal dalam bentuk uang yang banyak atau besar, biasanya berdagang dimulai dengan sesuatu hal yang kecil, barulah berkembang menjadi sesuatu hal yang besar, jadi, jika Rekan Bijak ingin menjadi seorang pedagang tidak perlu menyiapkan modal yang terlalu besar, karena, Rekan Bijak hanya bekerja secara individu saja. Jika Rekan Bijak ingin berdagang, jangan terlalu mengharapkan keuntungan yang besar juga ya.

Sedangkan membuat bisnis atau menjadi seorang pebisnis, Rekan Bijak harus menyiapkan modal yang besar, karena, dengan membuat bisnis, Rekan Bijak tidak bisa bekerja secara individu, melainkan harus dibantu dengan orang lain, dimana Rekan Bijak harus mempekerjaan beberapa orang atau yang biasa disebut dengan karyawan, untuk itu modal yang diperlukan oleh Rekan Bijak lebih besar, jika dibandingkan dengan berdagang. Walaupun, modal yang dikeluarkan oleh Rekan Bijak besar, jika Rekan Bijak bisa menjalankan bisnis serta mengarahkan karyawan yang dipunya Rekan Bijak, maka, keuntungan yang akan didapatkan oleh Rekan Bijak akan besar pula, bahkan, keuntungan dari bisnis Rekan Bijak dapat lebih besar daripada modal awal yang dikeluarkan.

Baca Juga : 6 Cara Mendapatkan Modal Usaha dengan Cepat dan Aman

Nah, Rekan Bijak, ternyata berbisnis dan berdagang itu berbeda ya? Rekan Bijak dapat membaca artikel diatas untuk mengetahui perbedaannya ya!

Berbisnis

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: